Tanaman Merambat, Solusi Praktis Rumah Cantik Sepanjang Tahun

Artikel ini dibuat oleh tim konten Dekoruma. Setiap hari, kami menerbitkan cerita mengenai rumah, ikuti di sini.

Tanaman merambat adalah salah satu jenis vegetasi yang bisa jadi pilihan untuk menyempurnakan desain taman pada hunianmu. Ada banyak pilihan spesies dan jenis tanaman merambat, baik tanaman merambat pada dinding ataupun atap pergola yang bisa kamu pilih sesuai dengan kebutuhan desain taman yang diinginkan.

Berikut adalah beberapa jenis tanaman merambat yang bisa hiasi taman rumah sepanjang tahun yang bisa jadi referensi sempurnakan desain tamanmu!

Tanaman Merambat Morning Glory

Tanaman Merambat Morning Glorygoogle.com

Alternatif pilihan tanaman merambat dengan bunga yang indah selanjutnya adalah Morning Glory yang sudah cukup populer bagi penggemar tanaman hias.

Memiliki banyak spesies dan varian warna bunga yang cantik, tanaman merambat ini bisa jadi pilihan untuk mempercantik taman vertikal di hunianmu ataupun sebagai penyejuk kanopi yang memberikan kesan lebih segar dan indah sekaligus

Tanaman Dollar

Tanaman merambat satu ini memiliki nama ilmiah Ficus pumila namun lebih dikenal dengan nama tanaman dollar. Tanaman merambat ini memiliki akar yang mencengkeram kuat pada bidan rambatnya dan sering jadi pilihan tanaman untuk dinding ataupun tembok pagar rumah. Media rambat terbaik untuk tanaman dollar adalah media vertikal dengan tekstur yang kasar.

Tanaman Merambat Dollaryoutube.com

Tanaman Dollar merupakan varian tanaman hias daun dengan warna hijau yang cerah. Selain itu, tanaman merambat ini memberikan kesan sejuk dan menyegarkan serta tumbuh subur sepanjang tahun dengan perawatan yang cukup mudah. Selalu pangkas ketika pertumbuhan tanaman ini mulai berlebihan.

Tanaman Merambat  Vernonia elliptica atau Tanaman Janda Merana

Tanaman Merambat Curtaingoogle.com

Beberda dengan tanaman merambat sebelumnya, Vernonia elliptica—dikenal dengan nama tanaman janda merana atau tanaman Lee Kwan Yew adalah jenis tanaman merambat (curtain creeper) yang tumbuh menjuntai kebawah.

Tanaman ini cocok untuk bangunan tropis dengan menanamnya pada balkon sebagai dekorasi atau kanopi atas dan membiarkannya tumbuh menjuntai kebawah dengan indah dan memberikan kesejukan pada hunian.

Melati Irian

Tanaman Merambat Melati Irianflickr.com

Tanaman merambat selanjutnya adalah melati Irian yang juga cocok untuk menghiasi kanopi pergola karena sifatnya pola tumuhnya yang merambat dan menjuntai. Berbeda dengan tanaman rambat sebelumnya yang merupakan tanaman hias daun, tanaman satu ini dihiasi dengan bunga cerah berwarna merah mencolok.

Tanaman merambat satu ini bisa jadi pilihan tanaman hias untuk membuat kanopi di taman menjadi lebih sejuk dan cantik sekaligus.

Tanaman Sirih

Tanaman Merambat Sirihpinterest.com

Meskipun terkenal sebagai salah satu jenis tanaman obat, tanaman sirih juga bisa jadi altenatif tanaman merambat yang bisa menyejukkan taman. Tanaman yang mudah dirawat ini bisa merambat baik di dinding vertikal ataupun atap rumah dan kanopi,

Berwarna kehijauan, tanaman sirih juga memiliki jenis yang memiliki daun berwarna kemerahan yang dikenal dengan nama tanaman sirih merah untuk jadi pilihan tanaman merambat di tamanmu yang lebih berwarna.

Bunga Alamanda

Tanaman Merambat Alamandagoogle.com

Tanaman bunga indah yang bisa jadi pilihan tanaman merambat untuk taman cantik selanjutnya adalah bunga Alamnda. Dengan bentuk seperti terompet dan memiliki banyak variasi warna, tanaman merambat bernama ilmiah Allamanda cathartica ini cocok sebagai tanaman pagar hijau dengan media tanam yang kuat.

Berbunga sepanjang tahun, salah satu cara merawat tanaman khusus untuk tanaman ini adalah dengan memangkasnya dan memastikan tidak ada daun gugur yang tersangkut dan membusuk didalam rimbunnya tanaman merambat satu ini

 

Tanaman Merambat Golden Moneywort

Tanaman Merambat Golden Moneywortgoogle.com

Tanaman merambat Golden Moneywort adalah pilihan tanaman merambat tak berbunga lainnya yang memiliki warna hijau muda yang cerah dan menyejukkan. Tanaman ini bersifat menjuntai dan cocok untuk ditanam di kanopi. Tanaman merambat ini juga bisa dijadikan sebagai tanaman gantung yang cantik untuk melengkapi elemen vegatasi pada hunianmu.


Itulah berbagai pilihan tanaman merambat yang bisa kamu pilih untuk melengkapi desain taman pada rumah. Pilihlah jenis tanaman rambat sesuai dengan media di mana tanaman hias ini akan kamu tanam. Perhatikan juga komposisi keseluruhan taman. Jenis tanaman merambat mana yang jadi favoritmu?

article_cicilan_0_percent
Voucher Dekohouse