Dari Biasa Jadi Luar Biasa: 6 Ide Plafon Kamar Kreatif

Artikel ini dibuat oleh tim konten Dekoruma. Setiap hari, kami menerbitkan cerita mengenai rumah, ikuti di sini.

Kamar berukuran kecil harusnya tidak menjadi masalah bagi penghuninya. Kamu bisa menerapkan aneka trik untuk membuat kamar terasa lebih besar dan nyaman. Tidak hanya itu, plafon kamar pun bisa dibuat semenarik mungkin sehingga kamar tidur mungil terlihat lebih cantik. Selain dilapisi dengan cat berwarna, plafon kamar juga bisa dipercantik dengan kain atau aneka dekorasi lainnya. Tertarik untuk mencobanya, yuk simak beberapa idenya berikut ini!

1. Ide plafon kamar ala tenda sirkus

Plafon Kamar Tenda Sirkuspinterest.com

Ingin membuat kamar tidur mungil untuk si kecil terlihat lebih menarik supaya mudah diajak tidur? Cobalah mengecat plafon minimalis a la tenda sirkus seperti ini. Polanya sangat mudah ditiru, hanya membutuhkan cat warna merah dan putih. Si kecil pun akan merasa seperti sedang berada di dalam tenda sirkus.

Agar suasananya a la tenda sirkus ini lebih maksimal, kamu bisa menambahkan wall covering ala sirkus dan meletakkan mainan khas sirkus seperti hulahup, kuda-kudaan, dan bola.

2. Plafon kamar atau langit malam?

Bagi kamu yang tinggal di kota besar penuh dengan gedung bertingkat, pasti akan sulit sekali memiliki kesempatan untuk menikmati langit malam yang penuh bintang. Hal tersebut dikarenakan bintang tertutup oleh polusi cahaya lampu di malam hari. Ide plafon kamar yang satu ini akan membantumu untuk menikmati langit malam tanpa membeli teropong bintang.

Plafon Kamar Langit Malamfreshome.com

Kamu hanya membutuhkan cat berwarna hitam atau biru tua, kemudian tambahkan sejumlah bintang dengan cat berwarna putih atau kuning. Bila perlu, belilah hiasan dinding berbentuk bintang glow in the dark. Kania jamin, waktu tidurmu akan terasa lebih menyenangkan dan rileks.

3. Ide plafon kamar dengan kain dan lampu gantung

Plafon Kamar Kain decoist.com

Ide plafon kamar yang pertama adalah dengan hiasan berupa kain dan lampu gantung kristal. Pilihlah kain berwarna cerah dengan motif sederhana untuk melapisi plafon kamar dengan ukuran yang lebih besar sehingga tercipta efek berkerut. Setelah itu pasanglah lampu gantung dengan warna dan gaya senada sebagai focal point dari plafon.

4. Ide plafon kamar dengan nuansa alam bebas

Ide plafon kamar dengan nuansa alam bebasgoogle.com

Jika kamar si kecil digunakan juga untuk bermain, cobalah ide plafon kamar yang satu ini. Jika sebelumnya kita telah membahas plafon kamar penuh bintang, kali ini kebalikannya yaitu langit siang hari.

Agar lebih mudah, kamu bisa menggunakan wallpaper berlukiskan langit siang yang dilengkapi dengan gumpalan awan. Tambahkan juga lampu berukuran besar yang dibingkai menyerupai matahari dan gantungan kupu-kupu. Dijamin si kecil akan sangat menyukainya.

5. Plafon kamar dengan potongan cermin? Keren juga!

Plafon Kamar Cermingoogle.com

Mau coba ide plafon kamar yang lebih berani? Cobalah menghias plafon kamar dengan potongan cermin yang dibentuk menyerupai suatu benda. Selain terlihat keren, cermin ini juga bisa membuat kamar mungilmu terlihat lebih lega. Tapi, pastikan untuk memasangnya dengan benar supaya cermin tersebut tidak terlepas.

6. Ide plafon kamar dengan indirect lighting

Plafon Kamar Indirect Lightingpinterest.com

Cobalah mendesain plafon kamar dengan tambahan indirect lighting berwarna putih atau kuning lembut untuk kamar yang terkesan mewah. Agar semakin mempesona, bagian plafon kamar yang dikelilingi indirect lighting bisa dilapisi dengan wallpaper embos yang bermotif abstrak.

Semoga keenam ide plafon kamar mungil yang sudah diberikan oleh Kania tadi bisa menginspirasimu dalam mempercantik kamar. Tidak perlu mengikutinya sama persis karena kamu bebas berkreasi sesuka hati dan menyesuaikannya dengan keadaan kamar. Kalau kamu punya ide plafon kamar lainnya, boleh lho share di kolom komentar!

article_cicilan_0_percent
Voucher Dekohouse