5 Tanaman Merambat Cantik, Bisa Buat Rumahmu Lebih Sejuk!

Artikel ini dibuat oleh tim konten Dekoruma. Setiap hari, kami menerbitkan cerita mengenai rumah, ikuti di sini.

Udara di Indonesia ini semakin hari semakin panas dan membuat kamu tidak nyaman. Salah satu solusi yang paling mudah untuk mengusir udara panas ini adalah memasang pendingin ruangan. Namun sayangnya, penggunaan AC ini akan meningkatkan tagihan listrik serta meningkatkan pemanasan global juga. Bagaimana kalau coba beralih ke cara tradisional nan ramah lingkungan seperti menanam tanaman merambat?

Fungsi dari tanaman merambat ini hampir sama dengan pohon berdaun rindang, yaitu membuat rumah terasa lebih sejuk. Hanya saja, tanaman merambat ini ukurannya lebih fleksibel dan tampilannya lebih cantik. Cocok untuk rumah dengan halaman mungil dan ditanam di area teras atau gazebo.

Kalau selama ini kamu mengira tanaman merambat hanya memiliki daun, maka kamu salah besar karena tanaman merambat juga ada yang berbunga. Penasaran, kan? Oleh karena itu Kania akan membeberkan lima tanaman merambat yang bisa membuat rumahmu lebih sejuk berikut ini!

1. Tanaman merambat bougenvil

Tanaman Merambat Bougenvilpinterest.com

Nama tanaman yang satu ini sudah pasti tidak asing lagi di telinga kamu, yaitu bougenvil. Sayangnya tidak banyak yang sadar kalau tanaman ini termasuk dalam kategori tanaman merambat. Tanaman ini memiliki daun yang lebat sekaligus bunga warna-warni.

Selain bisa membuat rumahmu sejuk, tanaman rambat ini juga cukup tangguh karena bisa hidup di tengah udara panas tanpa perlu disiram air setiap hari. Biasanya tanaman merambat ini bisa kamu temukan di taman-taman kota dan pinggir jalan.

2. Tanaman merambat morning glory

Buat Rumah Lebih Sejuk dengan Tanaman Merambatblogspot.com

Tanaman merambat lainnya yang memiliki bunga cantik adalah morning glory. Tanaman ini diberi nama demikian karena bunganya bermekaran pada pagi hari. Tanaman merambat yang satu ini sangat cantik, sederhana, dan rimbun. Warna bunga tanaman merambat ini biasanya ungu jika ditanam di daerah panas dan biru jika ditanam di daerah sejuk. Kedua warna tersebut sama cantiknya. Morning glory ini juga bisa bertahan hidup meski disiram setiap seminggu sekali.

3. Tanaman merambat dollar

Buat Rumah Lebih Sejuk dengan Tanaman Merambatblogspot.com

Meski namanya adalah tanaman merambat dollar, bukan berarti kamu bisa memetiknya untuk disimpan di bank ya karena tanaman ini murni terdiri dari daun, batang, dan akar saja. Daunnya berukuran kecil-kecil dengan warna hijau tua.

Di Indonesia, tanaman merambat ini populer sebagai penghias dinding eksterior sekaligus penyejuk suasana. Tanaman tanpa bunga ini mampu tumbuh merambat dengan cepat. Hanya saja kamu perlu memperhatikan keadaan tanah di sekitarnya karena akar tanaman ini sangat kuat dan bisa merusak.

4. Tanaman merambat air mata pengantin

Tanaman Merambat Air Mata Pengantinpinterest.com

Nama tanaman merambat yang satu ini memang cukup menyedihkan, tapi tenang saja karena penampilannya sangat cantik dan mampu tumbuh dengan cepat sehingga rumah akan selalu terasa sejuk.

Tanaman merambat berbunga pink ini cocok diletakkan di bagian atap teras rumah atau atap gazebo, kemudian dibiarkan menjuntai bagaikan tirai yang mampu menghalau sinar matahari. Sebenarnya tanaman ini termasuk dalam kategori gulma sehingga bisa tumbuh subur meski tanpa perawatan rutin. Kalau kamu tertarik menanam tanaman ini, siap-siap untuk rutin memangkas supaya rumahmu tidak ketutupan ya!

5. Tanaman merambat mandevilla

Buat Rumah Lebih Sejuk dengan Tanaman Merambatgoogle.com

Kalau sebelumnya kita sudah membahas tanaman merambat untuk atap dan dinding, saatnya untuk tanaman merambat yang cocok untuk menghias pagar rumah yaitu mandevilla. Tanaman merambat dengan bunga berwarna putih, pink, dan merah ini batangnya cukup lemas sehingga perlu kamu ikat beberapa sudutnya agar bisa merambat ke tempat yang diinginkan dengan sempurna. Bunganya sangat cantik dan terbilang kuat untuk menghadapi hama.

Selain membuat rumah terasa lebih sejuk berkat daunnya yang rimbun, tanaman merambat ini bisa menjadi salah satu bentuk partisipasi kamu dalam menghijaukan lingkungan dan meredam polusi udara. Yuk, segera pilih tanaman merambat yang sesuai untuk rumahmu dan rasakan sejuknya!

Kamu sedang mencari spring bed baru untuk kamarmu? Di Dekoruma, kamu bisa menemukan aneka spring bed dari merek-merek ternama, lho seperti spring bed Dunlopillo, Comforta, dan King Koil!

Selain spring bed, Dekoruma juga jual Ergotec, merek kursi kantor berkualitas dengan desain yang ergonomis sehingga tidak akan membuat punggungmu terasa pegal saat bekerja. Tunggu apa lagi? Yuk, langsung saja cek semuanya di Dekoruma!

article_cicilan_0_percent
Voucher Dekohouse