Machineel Tree, Pohon Paling Berbahaya di Muka Bumi

Artikel ini dibuat oleh tim konten Dekoruma. Setiap hari, kami menerbitkan cerita mengenai rumah, ikuti di sini.

Percayakah kamu bahwa ada satu jenis pohon yang bisa meracunimu sekalipun kamu tidak menyentuh atau memakan buahnya? Pohon tersebut bernama Machineel Tree. Berdiri di dekatnya saja sudah sangat membahayakan kesehatan karena asap sejauh 30 meter dari pembakaran pohon ini  bisa menyebabkan batuk-batuk, infeksi saluran pernafasan, bahkan bronkitis.

Pohon Machineelhobotraveler.com

Bukan hanya berbahaya bagi kesehatan tubuh, asapnya juga bisa sampai melunturkan warna cat mobil jika mobil diparkirkan di dekat pohon Machineel. Pohon yang memiliki nama Latin Hippomane mancinella ini bisa ditemukan di sepanjang pantai Florida dan di kepulauan Karibia.

Sebenarnya apa sih yang menyebabkan Machineel Tree dikenal sebagai pohon paling berbahaya di muka bumi? Yuk, simak fakta-fakta menarik tentang pohon Machineel di artikel berikut ini!

Setiap bagian dari pohon Machineel sangat beracun

Hutan dengan pohon Machineelelitereaders.com

Walaupun dari penampakan luarnya pohon Machineel terlihat seperti pohon-pohon pada umumnya, bahkan sering dikira sebagai pohon mangga, tetapi setiap detil bagian yang menyusun pohon ini sangat beracun.

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Florida Institute of Food and Agricultural Science, baik buah, daun, batang, ranting dan getah pohon ini mengandung racun hippomanin A dan B, serta beberapa jenis racun lain yang belum teridentifikasi.

Buah dari pohon Machineel bisa menyebabkan kematian

Buah pohon Machineelsnaplant.com

Buah dari pohon Machineel ini sangat berbahaya. Pasalnya, dari luar buah ini terlihat seperti buah apel dan saat digigit pun terasa begitu manis. Namun sesaat setelah menelannya, rasa pahit seperti tertinggal di lidah dan tenggorokan pun terasa terbakar.

Efek yang ditimbulkan selanjutnya adalah tenggorokan pun membengkak akibat adanya infeksi dan timbul gangguan pencernaan seperti mual-mual hingga pendarahan. Jika gangguan ini berlangsung secara terus-menerus, maka bisa menyebabkan kematian.

Asap dan aroma yang dikeluarkan pohon Machineel bisa mengakibatkan kebutaan

Pohon beracun Machineelflickr.com

Seperti yang sudah Kania jelaskan di awal, tanpa melakukan kontak langsung saja kamu bisa terkena racun dari pohon Machineel. Saat air hujan mengenai pohon ini dan sisa-sisa air yang terhembus oleh angin membawa racun pohon Machineel yang bisa menyebabkan gatal-gatal dan infeksi pada kulit.

Selain gangguan pernafasan, asap dan aroma dari pembakaran pohon Machineel juga bisa mengakibatkan gangguan membran mata. Lebih parah lagi, bisa menyebabkan kebutaan sementara! Sama seperti bunga Jepun, jangan tertipu dengan penampilannya.

Menyentuh pohon Machineel bisa membakar permukaan kulit

Pohon beracun Machineelpinterest.com

Apabila kamu melakukan kontak langsung dengan pohon Machineel maka dampak yang ditimbulkan akan lebih fatal. Racun yang terdapat pada setiap bagian pohon ini tidak hanya bisa menyebabkan gatal-gatal dan iritasi pada kulit tapi juga bisa sampai membakar kulitmu.

Nggak heran kalau pohon Machineel dikenal dengan nama “tree of death” atau “pohon kematian”. Memang sebaiknya jauh-jauh deh dari pohon ini.

Meskipun beracun, pohon Machineel tetap bisa dinetralisir sehingga bisa dimanfaatkan

Pohon Machineel di pinggir pantai Karibiaflickr.com

Cara menetralisir racun yang dimiliki oleh pohon Machineel adalah dengan menjemur batang pohon yang sudah ditebang dengan hati-hati di bawah sinar matahari. Setelah aman dari racun, orang-orang di kepulauan Karibia biasa memanfaatkan batang pohon ini untuk kerajinan furnitur dan getahnya sebagai tanaman obat tradisional.

Pohon Machineel juga memiliki peran yang signifikan dalam ketahanan ekosistem. Postur pohon yang cenderung besar dan tinggi bisa menghadang badai, mencegah erosi pantai dan menahan naiknya muka air laut.

Pohon Machineel termasuk spesies langka yang hampir punah

Buah dan daun pohon Machineelpinterest.com

Saat ini, jumlah pohon Machineel semakin sedikit. Racunnya membuat orang-orang cenderung menghindar dan mengabaikan pohon ini. Namun, sebagaimana yang Kania jelaskan, pohon Machineel masih memiliki peranan yang sangat penting, terutama dalam ekosistem pantai, maka sudah selayaknya tetap dijaga dan dilestarikan.


Wah, berbahaya sekali ya pohon Machineel ini! Jika sewaktu-waktu kamu berlibur ke pantai di Florida atau di Karibia sebaiknya cepat-cepatlah menghindar saat kamu melihat pohon ini. Kalau nggak siap-siap saja liburanmu berubah menjadi sebuah mimpi buruk!

Kamu sedang mencari furnitur baru untuk hunianmu? Kamu bisa menemukannya di toko furniture online Indonesia seperti di Dekoruma. Dekoruma jual meja rias, lemari pakaian, sofa, bahkan jasa desain interior juga tersedia. Kalau kamu punya perpustakaan mini di rumah, Dekoruma juga jual rak buku, lho!

Tak hanya furnitur saja, Dekoruma juga jual cangkir, piring, dan aneka alat makan lainnya. Tunggu apa lagi? Yuk, wujudkan rumah impianmu bersama Dekoruma!

article_cicilan_0_percent
Voucher Dekohouse