8 Jenis Besi yang Harus Diketahui Sebelum Renovasi Rumah

Artikel ini dibuat oleh tim konten Dekoruma. Setiap hari, kami menerbitkan cerita mengenai rumah, ikuti di sini.

Renovasi atau pembangunan ulang biasanya dilakukan ketika beberapa bagian rumah sudah mengalami kerusakan parah seperti atap bocor di banyak bagian, kebutuhan akan kamar tambahan, atau mengganti model rumah.

Renovasi sendiri ada yang sifatnya sebagian dan total. Renovasi rumah sebagian biasanya tidak akan memakan waktu dan biaya yang banyak. Sedangkan renovasi total berarti rumah lama dihancurkan untuk kembali dibangun menjadi sebuah rumah baru. Nah pada saat-saat melakukan renovasi rumah, baiknya kamu ketahui beberapa jenis besi. Yuk cek apa saja!

1. Pipa Besi

Pipa Besigoogle.com

Besi ini terbuat dari baja dan sering kita jumpai di toko bangunan. Pipa besi memiliki bentuk bulat memanjang dan warna yang khas hitam. Manfaat dari besi ini adalah untuk menyalurkan bahan-bahan tambang yang mudah terbakar seperti gas, minyak, juga oli. Biasanya besi ini digunakan di bangunan berskala besar seperti pabrik dan bangunan industri lainnya.

2. Besi Beton

Besi Betongoogle.com

Besi beton ini cukup kokoh untuk menopang pondasi bangunan berskala kecil seperti hunian keluarga. Besi beton disebut juga besi penulangan karena selalu digunakan sebagai rangka dari sebuah bangunan.

Besi ulir diberikan ulir melalui proses rol pada permukaannya sehingga memiliki ikatan yang lebih baik antara tulangan dan beton. Bentuk ulir ini meningkatkan daya lekat sehingga menahan gerakan dari batang terhadap beton. Besi ulir memiliki ketahanan tekan minimal 400 Mpa.

3. Besi Plat

Besi Platgoogle.com

Bentuk besi ini berupa plat atau lempengan yang memanjang sehingga mudah dibentuk dan difungsikan. Besi plat adalah besi baja yang biasanya digunakan dalam pembuatan perkakas. Ada banyak sekali perkakas yang bahannya dari besi plat mulai dari kendaraan tranportasi sampai peralatan rumah tangga.

4. Besi Hollow

Besi Hollowgoogle.com

Besi hollow berbentuk pipa kotak. Besi hollow bermanfaat untuk pembangunan plafon dan juga untuk rangka dinding partisi yang anti rayap, tahan api, dan juga hama seperti binatang pengerat. Besi ini sering dipakai oleh banyak bengkel las sebagai bahan membuat rangka kanopi, pagar rumah, dan balkon.

5. Besi Siku

Besi Sikugoogle.com

Besi siku sendiri berarti logam yang berbentuk dua garis tegak lurus (sudut 90 derajat). Dalam dunia bangunan, besi siku ini lazimnya diproduksi dengan panjang yang sama, yaitu 6m. Bentuknya juga mirip segitiga siku-siku, hanya saja, tidak menutup di satu sisinya. Besi siku berfungsi untuk membuat rak besi, tower air, kerangka dan detail tanggahingga rangka pintu. 

6. Besi CNP

Besi Cnpgoogle.com

Besi CNP ini mempunyai bentuk huruf C. Jenis besi ini sering digunakan dalam kontruksi bangunan. Besi CNP kebanyakan dipakai untuk rangka atap, atau rangka yang lain. Besi model ini terdapat banyak ukuran dan tinggal disesuai mana yang tepat untuk konstruksi bangunan.

7. Besi UNP

Besi Unp

google.com

Besi UNP merupakan besi yang berbentuk huruf U. Jenis besi ini memiliki manfaat sebagai balok untuk penutup pada bagian atap dan juga sebagai penopang untuk bagian dinding. Besi ini sangat cocok sebagai pelengkap kontruksi. Besi UNP banyak digunakan oleh tukang las sebagai bahan membuat rangka.

8. Besi Wiremesh

Besi Wiremeshgoogle.com

Besi weremesh atau yang biasa disebut besi anyam merupakan jenis besi yang dibentuk dari kawat. Pembuatan besi model ini dengan cara dianyam sehingga membentuk kotak-kotak dalam lembaran. Fungsi dari besi ini untuk menguatkan dak beton dalam pembangunan rumah. Ukuran ketebalan besi ini sangat beragam dan besi ini bisa dipakai untuk display.

article_cicilan_0_percent
Voucher Dekohouse