5 Transformasi Keren Gedung Bekas dengan Gambar Mural

Artikel ini dibuat oleh tim konten Dekoruma. Setiap hari, kami menerbitkan cerita mengenai rumah, ikuti di sini.

Gedung bekas yang sudah berusia tua seringkali ditelantarkan begitu saja karena tidak memiliki daya tarik lagi. Tapi bagi para seniman, gedung bekas ini adalah kanvas untuk menyalurkan karya mereka, yaitu gambar mural. Di tangan mereka, gedung bekas yang lusuh dan mengerikan bisa berubah menjadi lebih cantik dan keren.

Beberapa gambar mural ini tidak seperti gambar mural yang biasa kita temui di pinggir jalan. Ada yang berupa ilusi mata dan cerita tentang kehidupan bermakna dalam. Kania akan perlihatkan beberapa karya gambar mural tersebut. Siap-siap terpukau ya!

1. Gambar mural di Fresque du Petit-Champlain

Gambar mural di Fresque du Petit-Champlaindevianart.com

Gambar mural berikutnya masih ada di kawasan yang sama dengan Fresque des Québécois yaitu di Quebec, Kanada. Di salah satu jalanan tertua di Amerika Utara ini ada sebuah gambar mural bertajuk Fresque du Petit-Champlain yang menceritakan sejarah Cap-Blanc hingga keberadaan Prancis baru.

Uniknya, gambar mural membuat gedung bekas terlihat seperti terbuka sehingga pengunjung bisa “melihat” bagian dalamnya lengkap dengan material bangunan yang belum selesai dibangun.

2. Gambar mural Fresque des Québécois

Gambar mural Fresque des Québécoisblogspot.com

Gambar mural yang pertama ada di Quebec, Kanada. Gambar mural yang dibuat pada tahun 1999 ini masuk dalam kategori ilusi mata di mana para orang yang melihatnya seakan-akan dibawa ke tempat lain melewati sebuah gerbang.

Pada gambar mural Fresque des Québécois ini terlihat beberapa rumah tua, tangga, dan dinding khas Kota Tua Quebec. Ini adalah sebuah spot yang sulit untuk ditinggalkan dengan cepat tanpa berfoto, kan?

 

3. Gambar mural seorang gadis di Medan

Gambar mural seorang gadis di Medangoogle.com

Gambar mural pada gedung bekas berikutnya ada di Medan. Karya Ernest Zhacarevic ini memiliki makna yang dalam. Lukisan dinding seorang gadis berada di atas lipatan uang menggambarkan anak-anak zaman sekarang yang sudah tidak bisa bermain dengan bebas karena lahan main mereka berubah menjadi lahan bisnis para orang-orang yang serakah akan harta.

4.  Gambar mural anak-anak yang bermain di bentor

Gambar mural anak-anak yang bermain di bentorgoogle.com

Gambar mural yang ada di kawasan Jalan Perdana, Pasar Hindu ini masih merupakan karya Ernest Zacharevic. Kedua karyanya di Medan ini menjadi viral di media sosial karena gambarnya keren dan memiliki makna tersendiri.

Gambar yang terlihat adalah tiga orang anak manusia dan seekor anak orangutan yang berada di atas bentor alias becak motor khas Medan. Di dekat bentor tersebut ada tulisan “Dilarang Masuk KUHP Pasal 551”.

Cicilan Nol Persen Dekoruma

Isi pasal tersebut adalah “Barang siapa dengan tidak berhak berjalan atau berkendaraan di atas tanah kepunyaan orang lain, yang oleh yang berhak dilarang dimasuki dengan sudah diberi tanda larangan yang nyata bagi si pelanggar, dihukum denda sebanyak-banyaknya Rp 225,-.” Sepertinya anak-anak ini sudah melanggar peraturan ya.

5. Gambar mural di Ronse, Belgia

Gambar mural di Ronse, Belgiagoogle.com

Kalau sebelumnya kita sudah melihat aneka gambar mural yang ada di bagian luar gedung bekas, maka gambar mural yang satu ini dibuat di dalam gedung bekas tersebut. Ada seorang seniman lokal bernama Pete One yang menyukai film Batman. Ia pun membuat gambar mural tentang tokoh-tokoh yang ada di film tersebut.

Ketika kamu memasuki gedung bekas di Ronse, Belgia ini rasanya seperti sedang berkunjung ke galeri seni atau pameran tentang rumah kartun Batman. Sangat keren! Untuk kamu penggemar film Batman, sempatkan diri mengunjungi gedung bekas ini saat liburan ke Belgia ya.


Ternyata hanya dengan gambar mural seperti ini, sebuah gedung bekas bisa terlihat hidup kembali dan keren ya! Kalau di daerah tempat tinggalmu, apa ada gambar mural yang keren-keren di gedung bekas seperti ini?

article_cicilan_0_percent
Voucher Dekohouse