Gampang dan Nggak Perlu Ribet, Ikuti 6 Cara Menghias Kamar Sendiri Ini!

Artikel ini dibuat oleh tim konten Dekoruma. Setiap hari, kami menerbitkan cerita mengenai rumah, ikuti di sini.

Ingin tahu bagaimana cara menghias kamar sendiri dengan mudah dan nggak perlu repot? Sebenarnya, kamu hanya perlu mengetahui beberapa prinsip dasar dan mengenali elemen-elemen yang bisa menonjolkan tema dekorasi yang kamu inginkan. Dengan mempelajari cara menghias kamar sendiri seperti ini, tema dekorasi apapun bisa dengan mudah kamu wujudkan.

Kali ini, Kania telah menyusun 6 cara menghias kamar sendiri yang bisa kamu aplikasikan dengan mudah di rumah. Selain mudah, cara menghias kamar sendiri ini  nggak membutuhkan waktu yang lama dan bisa dilakukan pada waktu senggang. Karena caranya sangat efektif, kamu jadi lebih mudah menentukan item-item dekor apa saja yang kamu perlukan sehingga bisa berkali-kali lipat menghemat bujetmu.

Yuk langsung simak langkah-langkahnya di bawah ini!

1. Tentukan Perpaduan Warna

Cara menghias kamar sendiri dengan perpaduan warnadecoist.com

Cara menghias kamar sendiri sebaiknya diawali dengan memilih perpaduan warna atau color scheme. Bukan hanya menentukan warna cat dinding yang tepat, tapi dalam tahapan awal dari cara menghias kamar sendiri ini kamu perlu memikirkan warna-warna apa yang serasi saat disandingkan dengan warna cat dinding. Cara menentukan perpaduan warna bisa dengan menyesuaikan dengan warna furnitur dan menjadikan warna elemen dekorasi sebagai warna pelengkap.

2. Area Headboard Jadi Visual Kamar

Cara menghias kamar sendiri dengan dekorasi headboardemilyhenderson.com

Setelah menentukan perpaduan warna, langkah selanjutnya dari cara menghias kamar sendiri adalah menentukan bagian mana dari kamarmu yang bisa memberikan kejutan. Karena tempat tidur merupakan elemen utama, kamu bisa membuat area disekitar tempat tidur tampil lebih atraktif. Permainan dekorasi bisa diterapkan pada bagian headboard.

Cara menghias kamar sendiri dengan dekorasi headboardemilyhenderson.com

Banyak cara yang bisa kamu terapkan dalam  mendekorasi headboard, seperti menggunakan kertas dinding (wallpaper) untuk melapisi permukaaanya atau menggantung kain di atas tempat tidur. Yang paling efektif dalam cara menghias kamar sendiri lewat dekorasi headboard adalah kamar sudah tampil begitu maksimal tanpa perlu menambah elemen dekorasi lainnya.

Dekoruma Cicilan Nol Persen

3. Sentuhan Ornamen dan Pola

Cara menghias kamar sendiri dengan cushion bermotifemilyhenderson.com

Jika ingin memperlihatkan dekorasi tempat tidur yang lebih berani, memberikan sentuhan ornamen dan pola bisa menjadi suatu cara menghias kamar sendiri yang tepat. Ornamen dan pola biasa ditemukan pada elemen dekorasi pelapis, seperti sarung cushion, pilihan sprei, dan selimut.

Agar tampilan tempat tidur tidak terlihat terlalu penuh, cara menghias kamar sendiri yang bisa dilakukan adalah dengan memilih satu diantara ketiganya untuk menjadi aksen. Cushion bermotif dengan bentuk yang memanjang bisa menjadi pilihan efektif.

 4. Ciptakan Layer

Cara menghias kamar sendiri dengan layer di tempat tiduroldbrandnew.com

Masih tentang dekorasi tempat tidur, cara menghias kamar sendiri yang selanjutnya bisa kamu lakukan adalah dengan menciptakan layer. Layering didapat dari kain-kain yang disusun menumpuk dan memperlihatkan perpaduan warna dan motif tertentu. Cara menghias kamar sendiri dengan teknik layering sangat cocok untuk kamu yang ingin menggabungkan beberapa jenis pola dan motif dalam satu kesatuan.

Cara menghias kamar sendiri dengan layer di tempat tiduroldbrandnew.com

Dalam menumpuk pola dan warna, coba padu padakan pola-pola yang memiliki skala yang berbeda-beda, selipkan di antaranya elemen kain yang memiliki warna polos dan pekat sebagai penyeimbang. Cara menghias kamar sendiri seperti ini akan menghasilkan satu kesatuan dekorasi kamar yang padu bukan malah terlihat seperti kamar yang penuh dan berantakan.

5. Kolaborasi beragam tekstur

Cara menghias kamar sendiri dengan perpaduan teksturCara menghias kamar sendiri dengan perpaduan teksturapartmentherapy.com

Setelah warna, ornamen, dan layer, salah satu aspek yang nggak boleh dilupakan dari cara menghias kamar sendiri adalah tekstur. Sama halnya denga perpaduan pola dan warna, perpaduan tekstur juga bisa menjadi alternatif dari cara menghias kamar sendiri.

Perpaduan tekstur bisa diperoleh dari jenis material yang digunakan. Seperti pada penutup atau kap lampu gantung yang terbuat dari keranjang anyaman dan headboard rajutan yang menampilkan tekstur organik yang kasar. Sedangkan kasur dilapisi oleh material linen yang memilki tekstur halus dan licin.

6. Maksimalkan tampilan dinding

Cara menghias kamar sendiri dengan bingkai fotooldbrandnew.com

Dinding adalah area di kamar tidur yang bisa dimanfaatkan secara maksimal untuk mendekorasi kamar. Cara menghias kamar sendiri dengan memanfaatkan medium dinding yang bisa dilakukan diantaranya adalah dengan menyusun foto dan frame, memasang ambalan, atau menggantung wall art.

Yang terpenting dari cara menghias kamar sendiri seperti ini adalah ekspresikan kepribadianmu sebebas-bebasnya melalui dekorasi dinding ini. Area dinding bisa menjadi bagian paling personal di kamar tidurmu.

Cara menghias kamar sendiri dengan dekorasi dindingabeautifulmess.com

Pastinya setelah mempelajari 6 cara menghias kamar sendiri versi Kania ini kamu jadi lebih kreatif dalam mendekorasi kamar. Selamat mencoba, ya, semoga hasilnya memuaskan!

Lengkapi juga perabotan rumahmu dengan pernik dekorasi cantik seperti yang ada di dekoruma. Jangan lupa cek artikel lainnya di dekoruma ya!

 

 

article_cicilan_0_percent
Voucher Dekohouse