Luas Terbatas? Ini 5 Ide Kebun Rumah yang Bisa Dicoba!

Artikel ini dibuat oleh tim konten Dekoruma. Setiap hari, kami menerbitkan cerita mengenai rumah, ikuti di sini.

Tahukah kamu kalau berkebun bisa memberikan dampak baik untuk kehidupan? Beberapa di antaranya adalah rumah menjadi teduh, kebun rumah membuat kualitas oksigen terjaga, lingkungan rumah menjadi lebih cantik, hingga mengurangi stress akibat rutinitas sehari-hari yang melelahkan.

Dilihat dari manfaatnya tadi, pasti semua orang jadi ingin memiliki kebun rumah sendiri ya. Namun bagaimana jika luas rumah terbatas? Mungkin kamu harus berkreasi dan menciptakan kebun rumah berukuran kecil yang tetap indah seperti beberapa ide kebun rumah berikut ini!

1. Kebun rumah kecil dengan meja dan kursi

Kebun rumah kecil dengan meja dan kursgoogle.com

Kebun rumah yang satu ini menyisakan ruang di bagian tengah untuk meletakkan meja dan kursi. Semua tanaman diletakkan di dekat dinding dan ada juga taman vertikal kecil yang menghiasi bagian dinding. Kebun rumah kecil  dan rapi ini sangat cocok untuk dijadikan tempat menikmati teh dan camilan di pagi hari.

Serunya lagi, kamu bisa bersantai dengan tenang di sini karena ada dinding yang menghalangi pandangan orang luar. Untuk mempermudah perawatan, sebaiknya gunakan rumput sintetis saja ya.

2. Kebun rumah dengan tanaman merambat dan lampu cantik

Kebun rumah dengan tanaman merambat dan lampu cantikgoogle.com

Tergila-gila dengan desain a la tumblr? Kalau begitu cobalah ide kebun rumah yang satu ini. Di setiap sudut kebun rumah ini ada tanaman merambat yang dipadukan dengan lampu tumblr berwarna kuning.

Untuk pilihan tanaman merambat, gunakan tanaman dolar atau tanaman cincau yang kalau sudah lebat nanti diambil beberapa helai untuk dijadikan hidangan cincau. Tambahkan tempat duduk, karpet, atau tikar kecil untuk bersantai di sore hari bersama dengan keluarga tercinta.

3. Kebun rumah hidroponik

Kebun rumah hidroponikgoogle.com

Kebun rumah berikut ini cocok untuk kamu yang ingin memiliki tanaman sayur sendiri di rumah. Dengan demikian kamu bisa berhemat anggaran belanja dan terbebas dari sayuran yang terkontaminasi pestisida.

Dekoruma Cicilan Nol Persen

Penanaman sayur di kebun tanaman hidroponik pada dasarnya tidak membutuhkan media tanah melainkan air yang dialirkan pada saat-saat tertentu. Kebun rumah seperti ini tidak membutuhkan banyak tempat karena kamu bisa menyusunnya secara bertingkat menggunakan rak dinding atau pun digantungkan di dinding.

Beberapa tanaman yang cocok untuk kebun rumah hidroponik ini adalah sawi hijau, kailan, buncis, selada hijau, bayam, kangkung, brokoli, cabai, terong, tomat, dan stroberi.

4. Kebun rumah mini dengan kaktus

Kebun rumah mini dengan kaktusgoogle.com

Kaktus mini tidak selalu harus diletakkan di dalam pot, kamu bisa menggunakannya sebagai tanaman di kebun rumah mungil. Ukurannya yang kecil sudah pasti tidak akan membutuhkan banyak tempat di kebun rumah.

Padukan kaktus-kaktus tersebut dengan bebatuan dan batu jalan setapak supaya terlihat cantik serta tidak membutuhkan perawatan ekstra. Kebun rumah yang satu ini cocok untuk rumah bergaya minimalis atau rumah mediterania.

5. Kebun rumah untuk lahan yang benar-benar terbatas

Kebun rumah untuk lahan yang benar-benar terbatasgoogle.com

Saat lahan rumah begitu terbatas hingga kamu kesulitan untuk menata tanaman di tanah, beralihlah dengan kebun rumah vertikal seperti ini. Gunakan sebuah papan sebagai tempat menggantungkan pot-pot berukuran kecil yang diisi dengan aneka tanaman dan bunga hias gantung cantik.

Kreasi botol bekas di kebun rumahgoogle.com

Kamu juga bisa berkreasi sendiri dengan botol-botol bekas yang kemudian digantungkan di bagian langit-langit. Kebun rumah yang satu ini cocok untuk lahan rumah di bagian loteng atau semi-outdoor.


 

Ternyata memiliki kebun rumah di lahan yang luasnya terbatas tidaklah sulit selama kamu memiliki niat dan mau berkreasi. Temukan kebutuhan untuk rumah impianmu dengan mudah di dekoruma.com. Selamat menghadirkan kebun rumah impian!

article_cicilan_0_percent
Voucher Dekohouse