Kenali Fakta Kayu Gaharu, Kayu Mahal Asli Indonesia yang Mendunia

Artikel ini dibuat oleh tim konten Dekoruma. Setiap hari, kami menerbitkan cerita mengenai rumah, ikuti di sini.

Apakah kamu pernah mendengar jenis atau istilah kayu gaharu? Jenis kayu asli Indonesia satu ini kini tengah populer untuk digunakan sebagai aksesoris, dekor interior, serta berbagai kerajinan kayu lainnya. Penasaran, seperti apa sebenarnya kayu gaharu itu? Yuk, kenali lebih dalam mengenai kayu asli Nusantara yang telah mendunia satu ini lewat fakta-fakta berikut!

Apa Itu Kayu Gaharu?

Mengenal Kayu Gaharu, Kayu Mahal Asli Indonesia yang Menduniagoogle.com

Kayu gaharu merupakan jenis kayu yang berasal dari beberapa spesies pohon dari genus Aquilaria, khususnya jenis A. malaccensis. Jenis kayu satu ini umumnya memiliki warna kehitaman pekat yang khas dan juga mengandung kandungan resin pada bagian gubalnya.

Kandungan resin yang terdapat pada bagian gubal kayu gaharu ini juga terkenal sebagai bahan pelengkap wangi-wangian karena memiliki aroma harum yang sangat khas. Aroma ini juga dipercaya mampu menjadi aromaterapi anti-stres yang cukup ampuh.

Apa Itu Kayu Gaharugoogle.com

Sudah sejak sekitar ratusan tahun yang lalu jenis kayu ini menjadi komoditas perdagangan dari berbagai kerajaan di Nusantara ke berbagai penjuru dunia seperti India, Persia, Negara-negara Arab, hingga negara-negara di Afrika Timur.

Keterbatasan jumlah kayu gaharu di alam, serta tingginya permintaan serta minat terhadap jenis kayu satu ini membuat harga kayu ini disebut-sebut sebagai salah satu komoditas kayu termahal yang ada di dunia, lho!

Ciri dan Karakteristik dari Kayu Gaharu

Pohon Kayu Gaharugoogle.com

Nggak kalah dari kayu ulin, kayu gaharu juga sangat terkenal lho. Selain aromanya yang khas, kayu gaharu memiliki ciri dan karakteristik yang cukup khas pula. Di alam liar, pohon dari kayu gaharu umumnya bisa tumbuh tinggi hingga ketinggian 35 hingga 40 meter dengan diameter batang utamanya rata-rata 60 cm.

Pohon dari kayu gaharu memiliki daun yang lancip alias meruncing pada bagian ujungnya serta memiliki buah berbentuk bulat oval dengan ukuran panjang sekitar 3 cm hingga 5 cm. Buah dari pohon kayu gaharu ini berwarna kemerahan dan memiliki permukaan kulit yang agak berbulu.

Warna Kayu Gaharugoogle.com

Pada pohon kayu gaharu yang berkualitas sangat baik, bagian gubal pohonnya memiliki warna hitam pekat yang merata serta memiliki aroma harum khas yang pekat saat dipotong atau disayat. Sedangkan pada kayu gaharu yang berkualitas rendah, bagian gubal berwarna lebih kecokelatan serta aroma yang dihasilkan tidak sekuat pada kayu gaharu yang berkualitas tinggi.

Manfaat serta Penggunaan Kayu Gaharu

Selain memiliki zat yang bisa digunakan untuk bahan wewangian seperti yang disebutkan sebelumnya, kayu gaharu juga banyak dimanfaatkan untuk berbagai kebutuhan lainnya. Sama halnya seperti kayu Cendana. Berikut beberapa bentuk pemanfaatan dari kayu gaharu dari berbagai bidang secara umum.

Aksesoris Fashion

Kayu Gaharu Gelanggoogle.com

Penggunaan dari kayu gaharu yang cukup populer selain sebagai bahan parfum adalah sebagai aksesoris. Kayu gaharu sering digunakan sebagai bahan membuat gelang, kalung, hingga liontin. Kayu ini juga kerap menjadi material untuk membuat tasbih.

Sebagai Bahan Obat-obatan

Obat-Kayu Gaharugoogle.com

Kayu gaharu juga lazim digunakan sebagai tanaman obat dalam membuat obat-obatan untuk beberapa penyakit tertentu seperti sembelit, kembung, ginjal, diare, masuk angin, sesak nafas, hingga gejala hipertensi.

Sebagai Bahan Kosmetik dan Shampoo

Kosmetik Kayu Gaharugoogle.com

Siapa sangka, selain parfum, kandungan pada kayu gaharu juga kerap menjadi pilihan pelengkap produk-produk kosmetik dan juga perawatan tubuh seperti shampoo.

Bahan Bangunan dan Perabot Interior serta Dekorasi Rumah

Arsitektur Kayu Gaharublogspot.com

Pemanfaat kayu gaharu lainnya adalah dalam bidang arsitektur dan interior seperti kayu Meranti. Warnanya yang hitam membuat banyak orang yang berminat menggunakannya sebagai pelengkap bahan bangunan, seperti kusen pintu. Selain itu, kayu gaharu juga sering dimanfaatkan pada berbagai perabot dan furnitur interior, seperti kursi dan meja, atau sekedar sebagai dekorasi penyempurna ruang.

Ritual Kebudayaan dan Adat Istiadat

Ritual Adat Kayu Gaharugoogle.com

Dikenal sejak masa lampau, kayu gaharu di Nusantara juga identik sebagai simbol dan perangkat untuk ritual kebudayaan dan adat istiadat di beberapa daerah di Nusantara. Penggunaannya biasanya dengan cara dibakar untuk mengeluarkan aroma yang ada di dalamnya.


Banyak sekali bukan ternyata manfaat dan khasiat dari penggunaan kayu gaharu? Tak heran jika pemintaan akan komoditas kayu asli Indonesia ini sangat tinggi serta memiliki harga yang di atas rata-rata, terutama dari negara-negara luar.  Apakah kamu tertarik untuk menggunakan kayu gaharu untuk menyempurnakan tampilan atau rumah impianmu?

Temukan aneka furnitur dan dekorasi rumah hanya di Dekoruma! Dekoruma jual meja komputer, sofa, lemari pakaian, dan rak dinding yang pastinya siap menghidupi suasana rumahmu. Untuk pilihan mereknya pun sangat beragam, seperti merek Livien, Heim Studio, dan Funika.

Sedang mencari tempat tinggal baru? Kamu juga bisa menemukannya di DekorumaHouse, lho! Ada banyak hunian baru dari berbagai daerah yang sedang berkembang, seperti rumah baru di Depok, Jakarta Selatan, Tangerang, dan Bekasi. Tunggu apa lagi? Yuk, wujudkan rumah impianmu bersama Dekoruma sekarang juga!

Voucher Dekohouse