Kayu Multipleks, Kayu Berkualitas Harga Bersahabat

Artikel ini dibuat oleh tim konten Dekoruma. Setiap hari, kami menerbitkan cerita mengenai rumah, ikuti di sini.

“Kualitas terjamin, harga pun terjangkau.”

barangkali ini merupakan ungkapan yang paling tepat untuk menggambarkan kayu multipleks. Material yang difavoritkan oleh para desainer dan arsitek ini, baik sebagai bahan dasar pembuatan furnitur maupun konstruksi bangunan, memang memiliki keunggulan yang berbeda dengan material kayu olahan lainnya seperti, MDF, blackboard, atau particle board.

Interior kayu multipleksdeezen.com

Secara kualitas, yakni dari ketahanan dan kekuatan, kayu multipleks atau plywood mampu mengimbangi kayu asli, sedangkan dari segi harga kayu multipleks jauh lebih terjangkau dibandingkan dengan kayu asli. Secara estetik, kayu multipleks juga masih menampilkan pesona kayu yang sama dengan kayu asli karena memang terbuat dari lapisan kayu asli. 

Apabila kamu tertarik menggunakan kayu multipleks untuk membuat furnitur custom, ada baiknya untuk mempelajari lebih jauh mengenai kayu multipleks. Langsung saja simak penjelasannya di bawah ini!

Proses Pengolahan Kayu Multipleks

Kayu multipleks soft woodamericansoftwoods.com

Kayu multipleks tersusun dari beberapa lembaran kayu yang direkatkan dengan tekanan tinggi. Awalnya batang kayu terlebih dahulu dilunakkan di dalam mesin uap. Batang yang telah dilunakan kemudian dimasukkan ke dalam mesin bubut untuk dipotong menjadi lapisan atau lembaran-lembaran kayu. Ketebalan tiap lembaran kayunya bisa berbeda-beda, tetapi biasanya berkisar 1 sampai 4 mili meter.

Untuk memperkuat lapisannya, lembaran-lembaran kayu ini ditumpuk bersamaan dengan partikel-partikel kayu. Lem juga digunakan untuk merekatkan setiap lapisannya. Setelah tumpukan kayu rekat dengan lem barulah direkatkan menggunakan tekanan tinggi. Proses inilah yang menjadikan kayu multipleks begitu kuat ketahanannya.

Kelebihan Kayu Multipleks

Kitchen set kayu multipleksgoogle.com

Kuat dan Stabil

Kayu multipleks memiliki tekanan tarik yang tinggi. Hal ini menyebabkan lapisan penyusunnya tidak mudah tereduksi sehingga tetap stabil sekalipun menopang bobot ataupun tekanan yang cukup besar.

Durabilitas Tinggi

Bukan hanya mampu menahan beban yang berat, kayu multipleks juga tahan terhadap air, udara lembap, cairan kimia, bahkan api. Kayu multipleks merupakan kayu olahan yang bisa dilapisi oleh lapisan yang tidak mudah terbakar seperti eternit atau semen fiber.

Pegboard kayu multiplekspinterest.com

Sebagai Insulator

Kayu multipleks merupakan insulator (memiliki sifat kedap) bangunan yang baik, baik untuk insulasi termal maupun insulasi suara. Sebagai insulator termal, kayu multipleks menjaga agar suhu panas tetap bersirkulasi di dalam bangunan. Begitupun sebagai insulator suara, kayu multipleks menjaga agar suara bising tidak keluar dari ruangan.

Tampilan Estetis

Meskipun tidak se-solid kayu asli, kayu multipleks tetap tersusun dari  lapisan kayu asli sehingga masih menampilkan guratan kayu asli yang cantik pada permukaannya.

Jenis-jenis Kayu Multipleks

Kayu multipleks hardwoodsamericansoftwoods.com

1. Soft wood

Kayu multipleks lunak yang sering digunakan untuk membuat furnitur interior, seperti kitchen set, kabinet, dan material lantai. Sifatnya yang fleksibel membuatnya sering digunakan sebagai material penyusun plafon. Kayu multipleks ini memiliki ketebalan sebesar 1,3 cm sampai 2,5 cm.

2. Hard wood

Lapisan kayunya berasal dari batang kayu yang memiliki bobot yang cukup besar seperti kayu meranti, ketebalannya lebih besar dari soft wood. Bobot kayunya yang lebih berat dan juga tebal menjadikan kayu multipleks jenis hard wood lebih resisten terhadap kerusakan.

3. Tropical Plywood

Tersusun dari campuran lapisan kayu terbuat dari berbagai spesies pohon yang terdapat di kawasan Asia, menjadikannya memiliki ketahanan yang lebih prima dari kayu multipleks jenis soft wood. Diproduksi secara masif di kawasan Asia dan Afrika.

Furnitur kamar mandi dari kayu multiplekspinterest.com

4. Exterior Plywood

Karena penggunaannya dikhususkan di area outdoor, kayu multipleks ini tahan terhadap panas dan udara lembap sehingga bisa digunakan sebagai pintu gerbang atau sebagai overhang bangunan. Cocok juga diterapkan sebagai dekor interior di ruangan yang lembab dan basah, seperti kamar mandi.

5. Kayu Multipleks Dekoratif

Memiliki tampilan permukaan yang menarik. Lapisan multipleksnya berasal dari kayu mahoni, kayu jati, ataupun kayu sungkai. Tak jarang juga terbuat dari kayu impor seperti oak tree maupun mapple tree. Kayu multipleks jenis ini biasa digunakan untuk wall paneling.

Kualitas Kayu Multipleks

Kualitas kayu multipleksdeezen.com

Kualitas kekuatan kayu multipleks ditentukan dari ketebalannya. Dengan menambah tebal lapisannya berarti kayu multipleks semakin kuat. Oleh karenanya, jenis kayu multipleks yang cukup tebal seperti hard wood ataupun exterior wood mampu menahan beban yang cukup besar.

Namun, bukan berart kayu multipleks yang lebih tipis secara kualitas ketahanan tidak lebih baik. Ketebalan lapisannya dibuat tipis untuk meningkatkan tingkat fleksibilitasnya sehingga bisa difungsikan sebagai plafon atau dekorasi panel kayu.

Memilih Kayu Multipleks yang Sesuai

Memasang kayu multiplekspinterest.com

Untuk menentukan kayu multipleks jenis apa yang akan kamu gunakan sebaiknya disesuaikan dengan kebutuhan penggunaannya. Apakah kamu akan menggunakan kayu multipleks sebagai bahan dasar pembuat furnitur custom, seperti kabinet atau kitchen set, atau sebagai dekorasi.

Jika akan digunakan sebagai dekorasi eksterior, kayu multipleks jenis eksterior wood tidak mudah memuai ataupun terkelupas saat terkena cuaca ekstrem. Atau kayu multipleks jenis hard wood yang sesuai digunakan untuk material konstruksi seperti rangka dinding dan lantai.

 

 

 

 

article_cicilan_0_percent
Voucher Dekohouse