7 Tanaman Dalam Ruangan yang Bermanfaat Buat Kesehatanmu!

Artikel ini dibuat oleh tim konten Dekoruma. Setiap hari, kami mempublikasikan cerita mengenai rumah, ikuti disini.

Tanaman dalam ruangan tidak hanya berfungsi sebagai elemen estetika saja, tapi juga memiliki manfaat bagi kesehatan para penghuninya. Sebagian besar tanaman dalam ruangan ini mampu menyerap polusi udara yang buruk bagi kesehatan.

Agar suasana di rumah semakin nyaman dan penghuni rumah menjadi lebih sehat, cobalah meletakkan salah satu tanaman dalam ruangan ini mulai dari sekarang!

1. Tanaman dalam ruangan, kaktus

Tanaman dalam ruangan kaktusebay.com

Selama ini tanaman kaktus identik dengan tanaman berduri dan tanaman yang bisa bertahan hidup dengan sedikit air saja. Lalu, siapa sangka kalau ternyata tanaman dalam ruangan yang berukuran kecil ini bisa menciptakan oksigen yang begitu dibutuhkan manusia? Selain itu, kaktus juga mampu mengurangi efek radiasi layar komputer dan alat elektronik lainnya. Sangat cocok diletakkan di meja kerja atau meja belajar!

2. Manfaatkan lidah mertua

Tanaman dalam ruangan lidah mertuablogspot.com

Tanaman dalam ruangan berikutnya adalah lidah mertua. Tanaman hias daun ini bentuknya meruncing menyerupai tanaman lidah buaya dan tergolong dalam kategori tanaman yang perawatannya mudah. Tanaman lidah mertua ini mampu menyerap polusi udara serta debu-debu yang bersarang di dalam rumah. Bagi kamu yang memiliki alergi debu, sangat disarankan untuk meletakkan tanaman dalam ruangan yang satu ini.

3. Menggunakan manfaat dari sirih gading

Tanaman dalam ruangan sirih gadinggoogle.com

Tanaman dalam ruangan sirih gading adalah pilihan yang tepat bagi kamu pecinta jenis tanaman merambat. Warnanya hijau mengkilap dan bisa menciptakan suasana yang teduh. Cocok dibiarkan merambat di teras atau pilar rumah.

Sirih gading mampu mengurangi gas polutan yang biasanya muncul dari tempat sampah, tabung gas, dan mengurangi debu-debu yang suka menempel pada karpet atau pun sofa di rumah. Kalau memiliki tanaman ini, dijamin kamu tidak akan gatal-gatal atau pun bersin karena debu.

4. Bambu hias juga bisa jadi tanaman dalam ruangan

Bambu hias juga bisa jadi tanaman dalam ruangangoogle.com

Tanaman bambu tidak semuanya berukuran besar, misalnya saja bambu hias yang bisa dikategorikan sebagai tanaman dalam ruangan. Bambu hias mampu mengubah karbondioksida menjadi oksigen dengan cepat. Dengan demikian, udara di dalam rumah akan terasa lebih segar dan penghuni pun akan lebih bersemangat untuk beraktivitas.

Selain bermanfaat untuk kesehatan, bambu hias juga dipercaya oleh masyarakat Tionghoa sebagai tanaman pembawa keberuntungan. Percaya atau tidak percaya, tidak ada salahnya kan memelihara tanaman dalam ruangan yang satu ini? Siapa tahu kamu bisa merasakan kedua manfaatnya.

5. Cantiknya tanaman palem hias

Tanaman dalam ruangan palem hiasgoogle.com

Tanaman palem memiliki ukuran besar sehingga tidak bisa kamu letakkan di dalam ruangan. Sebagai gantinya, letakkanlah palem hias yang berukuran lebih kecil dan cocok dijadikan tanaman dalam ruangan.

Tanaman hias palem dikenal mampu menetralisir zat berbahaya yang dikandung dalam asap rokok seperti formaldehida, benzena, dan karbonmonoksida. Kalau kamu sering kedatangan tamu perokok atau memiliki anggota keluarga yang merokok, tanaman dalam ruangan palem hias ini wajib kamu pelihara.

6. Tanaman dalam ruangan yang simpel? Lili paris jawabannya

Tanaman dalam ruangan lili parisgoogle.com

Tanaman hijau yang satu ini cukup mudah ditemukan di penjual tanaman. Daunnya panjang menjuntai berwarna hijau muda dengan garis putih. Sangat cantik jika diletakkan di dalam pot gantung. Ukurannya tidak terlalu besar, tapi tanaman dalam ruangan yang satu ini mampu menyerap karsinogen, benzena, dan nikotin, kemudian mengubahnya menjadi oksigen yang baik untuk kesehatan.

7. Kata siapa suplir nggak bisa jadi tanaman dalam ruangan?

Tanaman dalam ruangan suplir adiantumblogspot.com

Tanaman dalam ruangan yang memiliki daun berukuran kecil ini mampu mengurangi efek radiasi yang ditimbulkan dari penggunaan komputer dan alat elektronik lainnya. Selain itu, suplir adiantum ini juga bisa menyerap zat formaldehyde sebanyak 20 mikrogram per jamnya.


Ternyata untuk mendapatkan udara bersih di dalam rumah tidak sesulit dan semahal yang dibayangkan, bukan? Segera pilih tanaman dalam ruangan yang cocok untuk diletakkan di rumahmu!