7 Dekorasi Dinding yang Nggak Pernah Kamu Bayangkan Sebelumnya

Artikel ini dibuat oleh tim konten Dekoruma. Setiap hari, kami menerbitkan cerita mengenai rumah, ikuti di sini.

Banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk menghias rumah, salah satunya dengan memanfaatkan area dinding. Dengan adanya dekorasi dinding, suasana di area rumah nggak hanya sekedar terlihat lebih hidup, jika penempatannya benar dekorasi dinding bisa memberikan efek visual ruang sehingga ruangan beratap rendah jadi terlihat lebih tinggi.

Jika kamu berpikir hanya bingkai foto dan atau lukisan saja yang bisa digunakan sebagai dekorasi dinding, kamu keliru. Dengan sedikit kreativitas, area dinding bisa menjadi medium untuk kamu berkreasi dengan memanfaatkan barang-barang yang ada di sekitarmu. Barang-barang apa saja yang bisa dikreasikan sebagai dekorasi dinding? Berikut Kania telah merangkumnya untukmu.

1. Dekorasi Dinding Dari Clipboard

Dekorasi Dinding Dari Clipboardpinterest.com

Ingin memiliki sebuah galeri di rumah, namun nggak mau mengeluarkan biaya berlebih? Penggunaan figura sebagai medium untuk memajang foto nyatanya memang cukup menguras kantong. Apalagi dengan lukisan atau artwork, sebagai produk karya seni tentu saja harganya nggak murah. Namun, bukan berarti kamu nggak bisa memiliki galeri seni tanpa kedua item ini. Cobalah untuk memanfaatkan medium lain yang lebih sederhana, seperti clipboard.

2. Artwork dari Wallpaper

Artwork dari Wallpaper apartmentherapy.com

Jika kamu memiliki sisa wallpaper atau wall covering yang nggak terpakai, sebaiknya jangan dibuang dulu. Sebagai dekorasi dinding, wallpaper juga bisa bertransformasi menjadi jenis dekorasi dinding yang lain. Bingkailah wallpaper ini pada sebuah figura lalu tempatkan di bangian tengah ruangan, artwork dari wallpaper ini siap menjadi focal point ruangan yang mencuri perhatian. Agar wallpaper tampil layaknya sebuah karya seni, tempatkan pada bingkai foto yang memanjang bentuknya.

3. Kesan Antik di Dinding dari Halaman Buku Usang

Kesan Antik di Dinding dari Halaman Buku Usang designsponge.com

Barang-barang yang nggak terpakai lainnya—seperti novel bekas—juga dapat dikreasikan sebagai dekorasi dinding. Potongan-potongan kertasnya bisa disusun lalu direkatkan pada dinding. Tekstur kertas yang usang bisa memberikan sentuhan klasik yang spesial saat dipasang sebagai aksen dekoratif di atas tempat tidur. Dekorasi dinding ini cocok digunakan pada kamar yang mengusung desain vintage.

4. Wall Art dari Sampul Buku Unik

Wall Art dari Cover Buku Favoritapartmenteraphy.com

Selain menggunakan halaman buku yang nggak lagi terpakai, memajang sampul buku unik pada bingkai juga bisa jadi hiasan dinding yang menarik. Peletakkannya pada dinding juga perlu diperhatikan. Jarak dari lantai ke bagian dinding dapat menjadi titik tumpu untuk mulai merangkai susunan kolase bingkai foto berisi sampul buku ini. Apabila bingkai-bingkai ini akan dipasang pada dinding yang kosong, jarak idealnya adalah 150 cm dari lantai.

5. Piring-piring Etnik yang Artistik

Piring-piring Etnik yang Artistikmeggiehome.com

Saat menghias dinding, nggak terbatas dengan satu atau dua jenis dekorasi dinding saja, menggunakan berbagai jenis dekorasi dinding dapat menciptakan tampilan dekorasi yang maksimal. Seperti pada ruangan bertema etnik ini, mulai dari piring anyaman, makrame, dan bingkai foto dipadukan menjadi kesatuan hiasan dinding yang apik. Agar terangkai dalam komposisi yang seimbang, buatlah template berupa skema penyusunannya terlebih dahulu, ya.

6. Kolase Sapu Tangan

Kolase Sapu Tanganapartmenteraphy.com

Ada beberapa sudut di dalam rumah yang digunakan khusus sebagai sudut dekorasi, di mana dekorasi dinding berpadu serasi dengan meja konsol dan vas bunga. Jika bingung menempatakan dekorasi dinding seperti apa untuk sudut dekorasi ini, dekorasi dinding dari kolase sapu tangan ini dapat menjadi pelengkap yang membuat sudut dekorasi semakin dinamis. Untuk peletakkannya, beri jarak hingga 30 cm dari meja konsol apabila disusun memanjang.

7. Permadani Sebagai Headboard

Permadani Sebagai Headboarddesignsponge.com

Permadani nggak selalu harus dibentangkan di lantai. Dengan membentangkannya di atas tempat tidur, ternyata permadani dapat menambah keragaman tekstur di kamar tidurmu, apalagi saat kamu menggunakan tempat tidur bersama dengan teman sekamar atau saudara. Headboard dari permadani atau Mandala tapestry dapat digunakan untuk membagi area personal kalian.

Satu hal yang harus kamu perhatikan dalam memasang dekorasi dinding, pastikan dekorasi dinding dipasang pada ruangan yang memiliki jarak pandang yang cukup, minimal dapat terlihat dalam jarak 2 meter.

Tertarik menghias kamarmu dengan dekorasi dinding? Temukan berbagai dekorasi dinding menarik yang siap mempercantik interior rumahmu di dekoruma.com!

 

 

 

 

article_cicilan_0_percent
Voucher Dekohouse