10 Bibit yang Bisa Kamu Coba Tanam di Rumah

Artikel ini dibuat oleh tim konten Dekoruma. Setiap hari, kami menerbitkan cerita mengenai rumah, ikuti di sini.

Untuk menciptakan hunian yang sempurna, kamu harus memperhatikan semua aspek termasuk aspek-aspek non-arsitektural seperti taman. Memiliki taman yang indah akan menambah tidak hanya estetika dari rumah, melainkan juga kenyamanan karena tanaman membantu memperbaiki sirkulasi dan kualitas udara di hunian.

Taman yang cantik tak harus mahal, kamu bisa memulainya dengan menanam sendiri bibit tanaman di taman kecil milikmu. Berikut adalah berbagai pilihan bibit yang mudah untuk ditanam pemula di taman rumah:

Bibit Bunga Matahari

Bibit Bunga Mataharigoogle.com

Seperti tanaman cabai, tanaman hias satu ini juga bisa ditanam menggunakan biji dari bunga matahari yang telah tua. Selain itu, tanaman bunga matahari termasuk tanaman yang cukup mudah tumbuh dan memiliki perawatan yang tidak ribet asalkan mendapatkan sinar matahari yang cukup.

Bibit Cabai

Bibit Cabaigoogle.com

Cabai adalah tanaman yang sangat mudah ditanam. Kamu bisa membuat bibit tanaman ini dengan mengeringkan cabai dan mengambil bijinya. Tanaman ini bisa di tanam di dalam pot ataupun langsung di tanah. Selain bermanfaat untuk dikonsumsi, buah cabai yang kemerahan juga kerap dimanfaatkan sebagai tanaman hias.

Bibit Bunga Bougenville alias Bunga Kertas

Bibit Bunga Kertaspinterest.com

Bunga Bougenville atau bunga kertas adalah tanaman hias yang cukup sering ditemui di Indonesia dan digemari karena cukup mudah dirawat. Bibit tanaman ini bisa kamu dapat dengan cara mencangkok pada dahan tanaman Bougenville yang telah dewasa.

Bibit Bunga Melati

Bibit Bunga Melatigoogle.com

Pilihan tanaman hias lain khas Indonesia selanjutnya adalah bunga melati yang populer akan aromanya. Bibit bunga Melati bisa kamu dapatkan dengan cara stek batang. Stek batang pada bunga Melati cukup mudah. Pilih dahan tanaman bunga Melati yang cukup dewasa, potong menyerong dan rendam ujung dahan yang terpotong di air selama semalaman sebelum kamu tancapkan di tanah humus.

Bibit Bunga Mawar

Bibit Mawargoogle.com

Tanaman hias bunga Mawar adalah pilihan tanaman hias lain yang bisa kamu dapatkan bibitnya melalui stek batang. Kunci untuk memastikan bibit dari tanaman yang di-stek adalah pemilihan dahan yang tepat, yaitu dahan dewasa yang sehat.

Bibit Tomat

Bibit Tomatgoogle.com

Tomat adalah salah satu buah yang cukup akrab dalam keseharian kita. Seperti cabai, bibit tomat bisa kamu dapatkan dari mengeringkan biji buah tomat. Bibit dari buah tomat termasuk mudah untuk bertumbuh asalkan kamu tak pernah lupa menyiraminya dan memberikannya cukup sinar matahari.

Bibit Bunga Pukul Empat

Bibit Bunga Pukul Empatwiki.com

Bibit bunga yang tumbuh dari biji dan sangat mudah tumbuh dan dirawat adalah bibit bunga pukul empat. Nama pukul empat didapat karena bunga-bunga dari tanaman hias ini umumnya bermekaran di sekitar pukul empat sore dan pukul empat pagi.

Bibit Tanaman Cocor Bebek

Bibit-Cocor Bebekgoogle.com

Cocor Bebek adalah tanaman hias berbentuk unik yang memiliki proses perkembangbiakkan yang cukup unik, yaitu dengan stek daun. Cukup petik daun cocok bebek yang sudah dewasa dan letakkan di atas tanah. Perlahan tunas-tunas kecil bibit Cocor Bebek akan tumbuh dari buku-buku daun tanaman ini.

Bibit Buah Mangga

Bibit Manggagoogle.com

Bibit buah Mangga bisa kamu dapatkan dengan mudah melalui biji. Meskipun mudah untuk tumbuh, menanam buah Mangga memerlukan waktu cukup lama hingga buah bisa dipetik dan dinikmati. Cara lain mendapatkan benih buah Mangga dengan lebih cepat dan mudah adalah dengan melakukan cangkok pada pohon Mangga yang telah dewasa dan berbuah.

Bibit Tanaman Kumis Kucing

Bibit Kumis Kucinggoogle.com

Tak hanya dikenal sebagai tanaman obat, tanaman kumis kucing juga memiliki bunga berwarna keputihan yang cantik. Untuk memiliki bibit tanaman ini tidaklah susah. Tanaman kumis kucing bisa dikembangbiakkan dengan setek batang layaknya bunga melati dan juga bunga mawar. Selain itu, perawatan tanaman ini juga cukup mudah.


Itulah beberapa pilihan  bibit tanaman yang mudah dirawat dan cocok untuk kamu memulai menyempurnakan taman ataupun halaman sisa yang ada dipekarangan rumahmu, mulai dari yang berfungsi sebagai penghias ataupun warung hidup. Meskipun tergolong mudah dirawat, bukan berarti kamu bisa menyepelekan perawatan dari berbagai bibit tanaman tersebut, ya.

 

Sudah siap berkreasi dengan berbagai bibit tanaman favoritmu?

article_cicilan_0_percent
Voucher Dekohouse