5 Tips Feng Shui Rumah, Pemula Harus Tahu!

Artikel ini dibuat oleh tim konten Dekoruma. Setiap hari, kami menerbitkan cerita mengenai rumah, ikuti di sini.

Selain sebagai ilmu sains kuno yang berasal dari negeri Tiongkok, feng shui juga dikenal sebagai seni menata ruangan. Tata ruangan yang diatur berdasarkan aturan feng shui dipercaya dapat mendatangkan keberuntungan yang lebih bagi pemilik rumah.

Walaupun terdengar nggak masuk akal, sebenarnya aturan feng-shui ini memiliki penjelasan yang logis. Menerapkan kaidah-kaidah feng shui artinya memperlancar energi positif yang mengalir di dalam rumah sehingga tercipta lingkungan tinggal yang harmonis dan kondusif. Dengannya, hidupmu jadi lebih berkualitas, lebih produktif saat bekerja, dan rezeki pun mengalir dengan lancar.

Tertarik mencoba menata rumah dengan aturan feng shui? Meskipun secara keseluruhan aturan fengshui rumah sangatlah kompleks, tapi kamu bisa mulai menerapkannya dengan beberapa prinsip dasar berikut ini.

1. Hindari Menimbun Banyak Barang

Feng shui rumahhome-designing.com

Untuk mulai menerapkan aturan feng shui, kamu nggak perlu melakukan perombakkan besar-besaran. Lakukanlah penataan ulang atau renovasi kecil-kecilan, seperti menambah beberapa perabot atau mengurangi baran-barang.

Kamu pasti sering menyimpan barang yang nggak lagi terpakai sebagai antisipasi jika sewaktu-waktu barang tersebut diperlukan. Namun, yang terjadi setelahnya barang-barang tersebut malah menumpuk dan menghabiskan banyak ruang.

Lemari penyimpananshutterstock.com

Kini, saatnya kamu membuang barang-barang yang nggak lagi kamu perlukan, terutama barang-barang yang memiliki kenangan buruk, seperti hadiah dari mantan pacar yang kamu benci atau pemberian dari mantan bos yang jahat. Dalam aturan feng shui, hal-hal negatif seperti ini bisa menghambat aliran energi positif.

2. Datangkan Unsur Alam ke Dalam Rumah

Ruang tamu minimalis dengan tanaman hiashome-designing.com

Cara kerja prinsip feng shui sangat berkaitan dengan elemen alam. Maka ketika di dalam ruangan terdapat benda yang mewakili elemen alam, seperti tanaman hias, kolam mini, dan air terjun, energi positif pun dapat mengalir lebih lancar.

Malah dalam pemahaman feng shui, benda hidup seperti tanaman hias melambangkan kesuburan. Susana ruangan juga jadi terasa lebih sejuk dan rileks dengan adanya tanaman hias. Namun, bukan berati kamu bisa menempatkan tanaman hias di setiap sudut ruangan yang kosong. Feng shui juga mengedepankan prinsip less is more.

Lalu, tanaman hias seperti apa yang dianjurkan oleh aturan feng shui? Hindari penggunaan tanaman hias dengan daun yang runcing atau tangkai yang berduri. Pilihlah tanaman hias yang memiliki bentuk daun melengkung.

3. Biarkan Udara dan Sinar Matahari Masuk

Kamar tidur putih dengan udara terbukamydomaine.com

Biasakanlah membuka tirai dan jendela setelah bangun di pagi hari. Biarkan udara dan sinar matahari masuk ke dalam rumah. Segarnya udara pagi dan hangatnya sinar matahari baik untuk menyegarkan pikiranmu, membuatmu bersemangat saat kembali menjalani aktivitas.

Penelitian pun menyebutkan bahwa udara dan cahaya alami dapat membuat seseorang merasa lebih tenang dan bahagia. Suasana hati yang ceria membantumu memperoleh inspirasi sehingga lebih produktif dalam bekerja nantinya.

4. Gunakan Material Alami

Lantai kayu dengan karpet

Seperti halnya benda-benda yang mewakili elemen alam, kayu merupakan material alami yang juga dianjurkan untuk digunakan dalam aturan feng shui. Material kayu nggak mesti harus mendominasi interior ruangan, sedikit sentuhan material kayu dan perabot pun sudah cukup memperlancar sirkulasi energi.

Bagaimanapun material kayu merupakan material yang keras, maka dari itu untuk menampilkan penataan interior yang seimbang sesuai dengan aturan feng shui gunakanlah material yang bertekstur lebih halus. Lantai berbahan kayu akan terlihat lebih ringan saat dipasang karpet bulu di atasnya.

5. Kamar Tidur jadi Pioritas

Kamar tidur abu-abu putihshutterstock.com

Bagi seorang pemula, langsung menerapkan aturan feng shui pada setiap ruangan terhitung cukup berat. Oleh karenanya, kamu perlu menentukan area mana yang paling membutuhkan prinsip feng shui dalam penerapannya. Kamar tidur bisa menjadi awal yang baik untuk memulai.

Kenapa? Karena sebagai area personal, area istirahat, bahkan untuk sebagian orang akamar tidur juga berfungsi sebagai area kerja, perannya sangat penting dibandingkan dengan ruangan lainnya.

Feng shui kamar tidurmydomaine.com

Selain dengan menerapkan prinsip-prinsip dasar feng shui seperti di atas, perhatikan juga skema atau kombinasi warna. Pilihlah warna cat interior rumah sesuai dengan aturan feng shui, biasanya berhubungan dengan letak dan arah hadap kamar tidur.

Warna-warna ini juga dipengaruhi oleh reflesi cahaya, maka dari itu gunakan lampu dengan intensitas cahaya yang sesuai. Untuk tata letak furnitur, sebaiknya kasur tidak ditempatkan di depan pintu.

Itulah 5 prinsip dasar menerapkan aturan feng shui. Dengan mencoba menerapkannya, hunian menjadi tempat yang lebih nyaman dan kondusif untuk ditinggali.

article_cicilan_0_percent
Voucher Dekohouse