Unik, 5 Desain Plafon Eternit Ini Beda Dari yang Lain

Artikel ini dibuat oleh tim konten Dekoruma. Setiap hari, kami menerbitkan cerita mengenai rumah, ikuti di sini.

Selain plafon PVC, terdapat beberapa jenis bahan plafon yang dapat kita gunakan dalam sebuah hunian. Salah satunya adalah plafon eternit. Plafon eternit atau yang biasa disebut dengan asbes adalah sebuah merk atap rumah dan panel yang terbuat dari fiber dan semen. Eternit banyak digunakan karena harganya yang murah, tahan api dan ringan, proses pemasangannya pun mudah sehingga dapat segera diganti apabila terdapat kerusakan.

Hingga saat ini, penggunaan plafon eternit masih cukup diminati karena berbagai keunggulannya. Padahal, eternit sempat dilarang di berbagai negara karena terbukti mengandung racun karsinogen yang berbahaya bagi penghuninya. Eternit masih kerap dijual dan digunakan di berbagai daerah khususnya daerah pesisir karena sifatnya yang tahan terhadap iklim dibanding dengan bahan plafon lainnya. Berikut beberapa desain plafon eternit yang dapat kamu gunakan.

Eternit untuk desain industrial

Eternit untuk desain industrialgoogle.com

Salah satu ciri desain industrial adalah adanya elemen fitur sistem bangunan seperti saluran pipa, pemanas dan ventilasi. Ketiga bagian yang mudah ditemukan pada pabrik tua ini dibiarkan terekspos, tanpa adanya penutup, sehingga ruangan tampak seperti tak memiliki plafon.

Namun, pada dasarnya penggunaan eternit mendukung kesan industrial semakin menonjol dan menarik. Berbeda dengan pabrik modern yang lebih mengedepankan fungsional bangunan, sehingga elemen tersebut disembunyikan dalam dinding.

Desain eternit melengkung

Eternit Melengkungpinterest.com

Penggunaan desain plafon eternit tidak harus melulu dengan sudut siku-siku. Langit-langit eternit bisa dibuat melengkung memberi kesan minimalis yang elegan. Ide ini cocok diaplikasikan jika kamu hendak membagi dua ruang dalam rumahmu tanpa harus membangun sebuah dinding pemisah.

Sistem eternit multi-level

Eternit Multilevelgoogle.com

Desain eternit yang satu ini sangat cocok untuk langit-langit kamar tidur atau ruang tamu. Yang dimaksud dengan sistem multi-level adalah pemasangan plafon berlapis pada langit-langit namun hanya satu lapisan yang dominan. Biasanya adalah lapisan terluarnya. Eternit multi level ini akan memberi kesan megah dan mewah pada sebuah ruangan, apalagi jika dilengkapi dengan lampu gantung kristal.

Kombinasi eternit dengan kaca dan lampu

Kombinasi eternit dengan kaca dan lampupinterest.com

Model eternit yang mengombinasikan kaca dengan lampu, biasanya lampu LED akan memberikan kesan yang menawan serta menonjolkan konsep minimalis modern. Pemasangan kaca pada langit-langit memberi daya tarik dan nilai estetis yang tinggi. Selain kaca, bisa juga dengan alternatif pelapis dinding yang memiliki permukaan glossy atau matte. Perlu dicatat, sebaiknya tidak menggunakan terlalu banyak warna pada desain eternit. Maksimal yang digunakan adalah 3 warna.

Eternit dengan desain plafon gantung

Eternit Gantunggoogle.com

Model plafon gantung dapat menghadirkan suasana dan efek yang menggoda dan sangat cocok digunakan untuk sebagai atap koridor rumahmu. Plafon berketinggian rendah membuat koridor tampak lebih panjang. Sementara lampu LED bulat membuat koridor lebih bercahaya. Selain desain, pemasangan eternit untuk koridor tentunya harus memperhatikan keselarasan warna dari desain keseluruhan rumah.


Itulah kelima inovasi desain eternit yang bisa kamu contek untuk desain plafon eternit di rumahmu. Jangan lupa untuk padupadankan desain eternit dengan furnitur dan lampu-lampu hias yang tepat agar ruanganmu terlihat indah dan selaras ya!

 

article_cicilan_0_percent
Voucher Dekohouse