7 Bukti Kerajinan Kayu Juga Bisa Tampil Mempesona

Artikel ini dibuat oleh tim konten Dekoruma. Setiap hari, kami menerbitkan cerita mengenai rumah, ikuti di sini.

Salah satu pilihan dekorasi rumah yang menjadi pilihan favorit, khususnya di rumah-rumah tropis seperti di Indonesia adalah kerajinan kayu. Tak hanya di daerah tropis, kerajinan kayu juga kerap dipilih untuk menyempurnakan tatanan interior di berbagai negara non-tropis.

Hal ini membuat tak sedikit produk kerajinan kayu asal Indonesia kerap diminati di berbagai negara. Hal ini tak lain karena kualitas dari kualitas kerajinan kayu Indonesia yang tinggi, tak hanya dari kualitas kayu, melainkan juga nilai seni yang terdapat pada produk-produk kerajinan tangan berbahan kayu yang ada di Indonesia.

Berikut adalah beberapa produk kerajinan kayu asal Indonesia mendunia yang menjadi bukti bahwan kerajinan kayu Indonesia mampu tampil mempesona dan bersaing di dunia Internasional!

Topeng Kayu dan Wayang Golek

Kerajinan Kayu Wayang Golekgoogle.com

Kerajinan kayu Indonesia juga erat kaitannya dengan seni peran dan pertunjukkan di Nusantara. Mulai dari topeng—sebagai teater maupun tari—hingga wayang golek merupakan berbagai bentuk kerajinan kayu Nusantara yang berkaitan dengan seni pertunjukan tradisional di Nusantara.

Kini, berbagai topeng kayu tradisional dan juga wayang golek selain digunakan untuk pertunjukkan juga digunakan sebagai dekorasi interior karena keindahannya.

Kerajinan Kayu Gebyok Jawa

Kerajinan Kayu Gebyok Jawagoogle.com

Jika kamu mengunjungi rumah-rumah tradisional bergaya khas Jawa, maka kamu akan melihat salah satu ciri khas dari rumah ini terdapat pada pintunya. Umumnya, pintu pada rumah tradisional bergaya khas Jawa terbuat dari kerajinan kayu Gebyok yang sangat indah.

Terbuat dari ukiran kayu yang sangat detail dan padat dengan pola yang umumnya simetris, industri kerajinan gebyok hingga kini masih terus hidup karena minat masyarakat akan produk kerajinan ini masih ada. Bahkan kerajinan kayu Gebyok Jawa kini.

Kerajinan Kayu dari Asmat

Kerajinan Kayu Suku Asmatgoogle.com

Suku Asmat asal Papua merupakan salah satu suku di Indonesia yang termasyhur akan kemampuannya memproduksi kerajinan kayu terbaik. Ukiran kayu suku Asmat sangat digemari bahkan hingga mancanegara. Produk ukiran kayu asal suku Asmat umumnya berbentuk dekorasi, aksesoris, dan kebanyakan patung-patung dengan simbol etnik khas suku Asmat yang sangat indah.

Jam Tangan Kayu

Kerajinan Kayugoogle.com

Jika kerajinan kayu Indonesia sebelumnya merupakan kerajinan tradisional yang berkembang dari kebudayaan, kerajinan kayu satu ini merupakan bentuk modern dari kreativitas masyarakat Indonesia dalam membuat kerajinan. Jam tangan kayu ini tak hanya memiliki nilai fungsi yang baik, tetapi nilai seni yang tinggi sehingga bisa menjadi pilihan fashion item anti-mainstream. Tak heran jika produk ini kini tengah digandrungi dan diminati, khususnya oleh para Millenial.

Kacamata Kayu

Kerajinan Kayu Kacamata Kayugoogle.com

Selain jam tangan kayu, kerajinan kayu Indonesia dalam bentuk modern yang kini tengah hits lainnya adalah kacamata kayu. Beranjak dari berbagai produk dekorasi rumah, kerajinan kayu Indonesia mulai merambah ke industri aksesoris fashion, Dengan ciri khas yang unik, kacamata kayu ini mampu bersaing dengan berbagai produk fashion lain produksi luar negeri.

Ukiran Kayu Tradisional khas Nusantara

Kerajinan Kayu Ukiran Kayu Tradisionalgoogle.com

Hampir setiap daerah di Nusantara memiliki kerajinan kayu khas masing-masing. Umumnya kekhasan dari kerajinan berbahan dasar kayu di Nusantara bisa dilihat dari ukirannya. Mulai dari bentuk, pemilihan motif, hingga teknik pengukiran di Nusantara sangatlah khas. Seperti pada ukiran lemari pajang khas Sumatera Selatan hingga berbagai ukiran dekorasi-dekorasi Jepara. Hal inilah yang membuat setiap kerajinan ukir kayu di Indonesia memiliki nilai lebih masing-masing.

Perabot Jati Jepara

Kerajinan Kayu Perabot Jati Jeparadekoruma.com

Sudah sejak lama Jepara terkenal akan kerajinan kayu jatinya. Jepara banyak memproduksi kerajinan kayu yang umumnya berbentuk perabot rumah tangga seperti kursi, meja, lemari, hingga tempat tidur tingkat. Dengan kualitas kayu jati terbaik, kerajinan kayu perabot furnitur asal Jepara juga terkenal akan presisi dan tingkat kerapian pengerjaannya, sehingga produk ini sangat digemari oleh masyarakat di Indonesia, bahkan di luar negri.


Tak hanya tampil sangat detail dan memiliki cita rasa seni yang tinggi, produk kerajinan kayu yang ada di Nusantara juga hadir dengan ciri khas yang menjadikannya berbeda dengan kerajinan kayu lainnya. Tertarik melengkapi rumahmu dengan produk kerajinan kayu Nusantara? Kerajinan kayu mana yang jadi favoritmu?

article_cicilan_0_percent
Voucher Dekohouse