Apa Itu Veneer Kayu? Ketahui Kelebihannya!

Artikel ini dibuat oleh tim konten Dekoruma. Setiap hari, kami menerbitkan cerita mengenai rumah, ikuti di sini.

Meskipun secara visual terlihat menyerupai, nyatanya ada banyak sekali variasi dari material finishing interior yang ada. Untuk kamu yang menyukai gaya natural pada hunian, motif atau tekstur kayu kerap menjadi pilihan finishing interior. Tentunya motif dan pola ini bisa didapatkan dari berbagai jenis material, salah satunya adalah veneer kayu.

Namun, apa sebenarnya material veneer kayu itu? Yuk, cari tahu dan kenali lebih dalam mengenai material alami veneer kayu satu ini!

Apa itu Veneer Kayu?

Veneer Kayuthewoodveneerhub.co.uk

Material veneer kayu adalah lembaran kayu dengan ketebalan 0.24 mm hinga 3 mm yang didapat melalui proses pengupasan jenis kayu tertentu seperti kayu jati, kayu sungkai, kayu mindi, serta kayu oak . Veneer kayu kerap menjadi pilihan sebagai material finishing baik untuk perabot ataupun material mentah seperti papan kayu lapis ataupun papan kayu blockboard untuk membantu permukaan material tersebut menjadi lebih rata.

Selain sebagai material finishing, veneer kayu yang memiliki ketebalan yang cukup bahan kerap menjadi bahan mentah pembuatan material lainnya seperti pembuatan kayu lapis yang kemudian bisa diolah kembali menjadi perabot atau furnitur. Veneer kayu juga tak jarang digunakan sebagai pelapis lantai parket, atau langsung diaplikasikan sebagai pengganti HPL atau material finishing lainnya.

Jenis-Jenis dari Veneer Kayu

Meskipun merupakan material mentah yang alami, veneer kayu mengalami sedemikan proses pengolahan dan hasil akhirnya menciptakan berbagai jenis veneer kayu yang memiliki sifat berbeda, membuat material satu ini bisa digunakan untuk berbagai kebutuhan sesuai dengan jenisnya. Berikut beberapa jenis dari veneer kayu yang kerap digunakan!

Raw Veneer Kayuchannelveneers.com

  • RAW Veneer: Jenis veneer kayu ini adalah material yang masih mentah dan belum diolah sehingga sulit dibedakan permukaan depan dan belakangnya. Meskipun begitu, veneer kayu ini tak hanya bisa digunakan untuk membuat bahan lainnya, namum bisa saja digunakan sebagai finishing untuk hadirkan kesan rustic pada hunianmu.
  • Paper Backed Veneer: Jenis veneer kayu satu ini sudah mengalami pengolahan di mana pada salah satunya sudah diaplikasikan sejenis kertas yang menjadikannya lebih kuat dan fleksibel. Jenis material satu ini lebih mudah diaplikasikan dan termasuk yang paling sering digunakan sebagai finishing interior.

Veneer Kayu Jenisgoogle.com

  • Phenolic  Backed Veneer: Meskipun termasuk jarang, jenis veneer kayu ini memiliki daya tahan lebih baik dan penampilan yang lebih natural, sehingga tak jarang menjadi salah satu pilihan material veneer favorit.
  • Laid Up Veneer: Berbeda dengan material veneer mentah pertama yang siap digunakan, jenis veneer kayu satu ini sangat mentah sehingga perlu disatukan terlebih dahulu sebelum pengaplikasiannya.
  • Reconstituted veneer: Jenis material veneer kayu satu ini merupakan material veneer yang dibuat dari vegetasi hutan tropis yang pertumbuhannya relatif cepat. Diolah langsung dari bahan kayu gelondongan, potongan ini kemudian disatukan dan direkatkan untuk menjadi material veneer yang bisa digunakan untuk berbagai hal.

Keunggulan dari Material Veneer Kayu

Keunggulan Veneer Kayugoogle.com

Selain hadir dengan tampilan natural yang lebih alami, keunggulan lain material ini adalah sifatnya lebih stabil. Material kayu lainnya seperti kayu solid kerap mengalami pelengkungan dan keretakan diakibatkan suasana di sekitarnya, namun hal ini tak berlaku pada material veneer kayu.

Hal ini juga menjadikan material veneer kayu memiliki daya tahan yang lebih baik dibandingkan material kayu alami sejenisnya. Pengaplikasian lem pada material veneer juga cenderung lebih kuat dan stabil. Apalagi, tak ada perbedaan harga signifikan bahkan material veneer relatif lebih terjangkau sehingga tak ada salahnya menjadikan material veneer sebagai alternatif untuk mendapatkan sifat alami yang natural dari material kayu.

Keunggulan Bahan Veneer Kayugoogle.com

Meskipun memiliki daya tahan yang baik, bukan berarti tak diperlukan perawatan pada material ini. Karena sifat yang menyerupai, perawatan veneer kayu tak jauh berbeda dengan material kayu umumnya seperti menghindarinya dari lingkungan dengan kelembaban udara yang tinggi dan juga mengaplikasikan coating tambahan dan juga pelapis anti rayap untuk menghindari mudah rusaknya material veneer kayu yang kamu gunakan.


Itulah ulasan singkat dan sederhana mengenai veneer kayu sebagai salah satu material yang bisa kamu pertimbangkan untuk menyempurnakan interior hunian impian milikmu. Tertarik untuk menggunakan veneer kayu pada interior hunianmu?

article_cicilan_0_percent
Voucher Dekohouse