Stress-Free dengan 6 Pengharum Ruangan Alami yang Bisa Kamu Coba!

Artikel ini dibuat oleh tim konten Dekoruma. Setiap hari, kami menerbitkan cerita mengenai rumah, ikuti di sini.

Ruangan yang bersih, harum dan wangi tentunya akan memberikan kenyamanan bagi kita. Tapi tidak bisa dihindari, berbagai aktivitas yang terjadi di dalam rumah sering kali menyebabkan aroma tak sedap menyebar di ruangan. Kita seringkali mengandalkan pengharum ruangan untuk membuat ruangan kembali harum. Biasanya orang menggunakan pengharum ruangan yang banyak dijual di pasaran. Baik dalam bentuk cair, padat, maupun lilin. Yang paling banyak digunakan adalah pengharum ruangan cair berbentuk spray. Tapi, tahukah kamu bahwa spray pengharum ruangan mengandung bahan kimia berbahaya yang apabila terkena kulit dapat menyebabkan luka permanen?

Maka dari itu, dalam upaya membuat udara dalam ruangan tetap harum terjaga, kita bisa menggunakan bahan-bahan alami sebagai pengharum ruangan yang aman bagi kesehatan. Tengok yuk 6 pengharum ruangan alami yang bisa kamu coba!

Pengharum ruangan dari buah lemon

Pemgharum Ruangan Lemongoogle.com

Tidak hanya bermanfaat untuk berbagai perawatan kecantikan dan kesehatan, buah lemon juga bisa disulap menjadi pengharum ruangan alami. Untuk membuatnya pun sangat mudah.

Cukup sediakan beberapa irisan buah lemon kemudian letakkan di dalam mangkuk dan taruh di salah satu sudut ruangan yang ada di rumah. Kamu juga bisa membuat spray pengharum ruangan hanya dengan perasan air buah lemon.

Jadikan kayu manis sebagai pengharum ruanganmu

Pemgharum Ruangan Kayu Manisgoogle.com

Jenis rempah-rempah yang satu ini sangat efektif untuk dijadikan pengharum ruangan. Ada 2 cara untuk memanfaatkan kayu manis sebagai pengharum ruangan. Cara yang pertama, kamu bisa menempelkan tangkai kayu manis mengelilingi sebuah lilin, lalu nyalakan lilin. Hawa panas dari api akan membuat kayu manis mengeluarkan aroma khasnya.

Cara kedua adalah dengan mencampurkan tangkai kayu manis dengan berbagai rempah harum serta jenis bunga aromatik pada sebuah mangkuk, mirip seperti pot pourri. Kamu juga dapat melapisi alas mangkuk dengan terlebih dahulu menggunakan pasir. Selain mampu memberi keharuman khas spa, tampilannya yang cantik bisa difungsikan sebagai dekorasi ruangan.

Biji kopi efektif sebagai pengharum ruangan

Pengharum Ruangan Kopigoogle.com

Bagi kamu pencinta kopi, kamu bisa memanfaatkan biji kopi yang belum diolah sebagai pengharum ruangan. Biji kopi diyakini sebagai penghilang aroma tidak enak yang sangat ampuh. Kamu bisa membungkus biji kopi dengan kain jala, lalu disimpan di tempat penyimpanan dekoratif. Selain sebagai pengharum ruangan, biji kopi juga bisa mengusir bau tak sedap pada lemari pakaian atau rak sepatu yang aromanya dapat bertahan hingga 7 hari.

Memakai Essential oil

Pemgharum Ruangan Essential Oilgoogle.com

Apabila kamu seringkali menggunaka essential oil sebagai produk kecantikan, kini kamu juga bisa menggunakannya sebagai pengharum ruangan. Essential oil yang biasanya memiliki beberapa jenis aroma yang khas, bisa kamu manfaatkan untuk pengharum ruangan baik dengan diffuser aromaterapi, maupun dengan meneteskannya pada air bersih. Masukkan campuran essentilal oil dan air ke dalam botol spray dan kocok sebelum disemprotkan.

Pot tanaman herbal bisa menjadi pengharum ruangan alami

Pot tanaman herbal bisa menjadi pengharum ruangan alamiunsplash.com/@kaufmann_mercantile

Beberapa jenis tanaman obat herbal seperti geranium, peppermint, rosemary, dan lavender sangat ampuh mengusir bau tak sedap dalam ruangan. Tanaman tersebut dapat kamu letakkan dalam pot di ujung ruangan. Sangat cocok untuk pengharum ruangan di ruang kerja atau ruang keluarga.

Daun, kayu, biji dan akar wangi ramuan pengharum ruangan

Daun, kayu, biji dan akar wangi ramuan pengharum ruanganunsplash.com/@felicia_b

Selain bahan-bahan yang disebutkan di atas, kita juga bisa memanfaatkan berbagai bagian dari tanaman wangi untuk dijadikan pengharum ruangan. Seperti biji lavender, sandalwood atau kayu cendana adalah jenis tanaman wangi yang bisa kamu manfaatkan. Caranya cukup mudah. Kamu cukup menyimpan daun, kayu, biji atau akar wangi di kain tipis yang berpori. Kemudian gantungkan di sudut ruangan.


Ke-enam bahan-bahan di atas adalah ide mudah yang bisa kamu coba di rumah sebagai pengharum ruangan alami. Selamat menciptakan ruangan yang harum wangi sepanjang hari ya!

 

 

article_cicilan_0_percent
Voucher Dekohouse