7 Kreasi Tirai Paling Atraktif, Bisa Kamu Buat Sendiri!

Artikel ini dibuat oleh tim konten Dekoruma. Setiap hari, kami menerbitkan cerita mengenai rumah, ikuti di sini.

Selama ini, utamanya tirai difungsikan sebagai pelindung jendela saja. Anggapan ini membuat kamu jadi abai terhadap desain tirai yang kamu pilih. Padahal tirai juga merupakan dekorasi dinding yang dapat membuat konsep interior sebuah ruangan tampil lebih menarik dan menonjol.

Namun, sekedar memilih warna tirai yang sesuai dengan konsep interior ruangan saja nggak cukup. Motif tirai yang polos dan hanya terdiri dari satu warna saja kadang nggak memberikan pengaruh yang berarti, tampilan ruangan tetap terksesan monoton dan membosankan. Untuk itu, kali ini Kania telah memilih beberapa kreasi tirai atraktif yang bisa kamu coba terapkan sendiri tanpa perlu mengeluarkan uang lebih.

Warnai Tirai dengan Teknik Dip-Dye

DIY Tirai Dip-Dyehomepolish.com

Untuk mendapatkan tampilan tirai yang nyeni dan unik, kamu bisa mencoba mewarnainya dengan teknik dip-dye. Teknik pewarnaan tirai seperti ini memang membutuhkan kesabaran saat melakukannya, tapi bisa dipastikan hasil yang kamu dapatkan juga sangat memuaskan. Tirai yang semula polos kini memperlihatkan efek gradasi warna yang begitu artistik.

Meriahkan dengan Tassel

DIY Tirai dengan Tassellovemegan.com

Buat kamu pecinta gaya bohemian pastinya nggak asing lagi dengan tassel atau rumbai.Ornamen yang satu ini juga sering ditambahkan pada kain ataupun tirai untuk memeriahkan tampilannya. Tampilan tirai yang meriah bisa kamu dapatkan dengan menjahit tassel dipinggir-pinggir tirai. Pasang tirai dengan bukaan segitiga maka akan menghasilkan tampilan yang lebih kasual dan effortless.

DIY Tirai Kuning dari Taplak Meja bhg.com

Jika menjahit terlalu susah untuk dilakukan, maka manfaatkanlah kain-kain ber-tassel yang nggak lagi digunakan untuk dijadikan tirai. Pilih juga kain dengan pola dan corak yang menarik perhatian, seperti taplak meja berwarna kuning ini misalnya.

Kreasi Tirai Lukis untuk Kamar Anak

DIY Tirai Lukis untuk Kamar Anakabeautifulmess.com

Ajak juga si kecil untuk berkreasi bersamamu di kamar anak. Untuk kreasi tirai yang satu ini kamu bisa memanfaatkan tirai yang sudah ada ataupun menggunakan kain putih berbahan katun. Kemudian sediakan peralatan lukis dan cat air.

Jangan ragu untuk menumpahkan imajinasi kalian di atas tirai, ya. Untuk memepermudah prosesnya, ada baiknya tentukan konsep dan buat sketsanya terlebih dahulu. Selain bisa menghasilkan sesuatu bersama, kamu juga jadi lebih dekat dengannya kan.

Tirai Vertikal dari Kain Goni

Tirai dari Kain Gonifood52.com

Punya desain jendela yang berukuran kecil dan memanjang? Jika kamu menggunakan tirai horizontal yang lebar, jendela ini nggak akan bisa berfungsi sebagaimana mestinya. Gunakanlah tirai vertikal dengan model roman shade dengan kain yang tipis agar tidak terkesan berat.

Jika bosan menggunakan kain vitrase, kain goni pun bisa kamu gunakan. Teksturnya yang tipis dan kasar menghasilkan kesan natural yang hangat saat cahaya matahari menerobos melaluinya.

Gunakan Shower Curtain di Ruangan Lain

Tirai dari Shower Curtainmigonishome.com

Siapa bilang shower curtain nggak bisa digunakan di ruangan selain kamar mandi? Meskipun terbuat dari bahan plastik, tirai kamar mandi cukup untuk menghalau teriknya sinar matahari di siang hari dan menjaga privasimu di malam hari. Selain harganya yang lebih murah dibandingkan tirai biasa, shower curtain juga memiliki ragam motif yang nggak kalah lucu dan menarik.

Hias Tirai dengan Bunga Kertas

DIY Tirai dengan Bunga Kertasdeezen.com

Kreasi tirai dengan bunga kertas ini nggak hanya memeriahkan tampilan ruangan, tapi juga bisa menjadi sebuah instalasi yang menarik. Motif bunga pada tirai terlihat timbul, menampilkan aksen tiga dimensi.

Untuk membuatnya, siapkan sejumlah bunga kertas dengan jenis yang berbeda-beda, sesuaikan sengan ukuran kain vitrase yang kamu gunakan. Tentukan pola terlebih dahulu sebelum menempelkannya pada tirai.

Tirai Penyekat dari Makrame

DIY Tirai dari Makrameapartmentherapy.com

Tirai nggak cuma bisa difungsikan sebagai penutup jendela saja, tirai bisa menjadi dekorasi yang dipasang pada kusen pintu. Pada kusen yang nggak berpintu tirai dipasang sebagai penyekat ruangan untuk mempermudah akses ke ruangan lain.

Jika kamu menginginkan tampilan dekorasi yang ringan dan simpel di area akses, coba padukan tirai vitrase dan kerajinan makrame seperti ini. Pola rajutan makramenya bisa kamu sesuaikan dengan keinginanmu.


Setiap kreasi tirai di atas dapat memberikan efek yang berbeda-beda untuk setiap ruangan. Hal ini bergantung juga dengan bentuk dan ukuran model jendela yang ada. Oleh karena itu, sesuaikan kreasi tirai yang kamu buat dengan tampilan akhir yang kamu inginkan, ya. Selamat Mencoba!

article_cicilan_0_percent
Voucher Dekohouse