[Dekoruma Ideas] Lapang di Ruang Terbatas dengan Furnitur Lipat

Artikel ini dibuat oleh tim konten Dekoruma. Setiap hari, kami menerbitkan cerita mengenai rumah, ikuti di sini.

Kesan lapang langsung terasa begitu memasuki apartemen studio yang terletak di Cempaka Putih ini. Meski hanya berukuran 35 meter persegi tak sedikitpun kesan sumpek terasa saat berada di dalamnya.

Rupanya memang itulah yang diinginkan Pak Jeffrey, pemilik hunian ini. Karena menjadi bagian dari masyarakat urban, tinggal dan menjalani rutinitas yang padat di kota besar, ia ingin hunian yang dimilikinya dapat mendukung aktivitas kesehariannya yang dinamis. Meski lahan huniannya terbatas, ia berharap ini tak menjadi halangan untuknya memiliki ruang tinggal yang berkualitas.

Proyek Dekoruma Cempaka Putih

Rp 2.100.000

Compact Coffee Table Custom

Tuntutan inilah yang coba dijawab oleh tim Dekoruma Home. Dengan memanfaatkan teknologi mutakhir dalam pembuatan furnitur, Q. N. Audy, Interior Design Project (IDP) yang menangani proyek ini, berhasil menyiasati permasalah ruang terbatas, kondisi, dan bentuk massa bangunan yang apa adanya. Q. N. Audy menjawab tuntutan tersebut dengan penggunaan furnitur lipat yang multifungsi, inovasi furnitur seperti ini juga dikenal dengan istilah compact furniture.

Proyek Dekoruma Cempaka Putih

Rp 1.000.000                                                           Rp 13.600.000

Kasur Custom                                                                                                  Tempat Tidur Custom

Pada prinsipnya, penggunaan furnitur lipat dipilih sebagai solusi untuk meminimalisir penggunaan ruang sekaligus menyediakan fungsi yang lebih untuk mempertahankan estetika ruangan. Seperti yang terlihat pada tempat tidur lipat ini, saat bertransformasi tempat tidur ini beralih fungsi menjadi alas duduk dan ambalan yang bisa difungsikan sebagai storage. Ruangan tetap tertata rapi dan cantik sekalipun tempat tidur disembunyikan di balik dinding.

Proyek Dekoruma Cempaka Putih

Rp 1.600.000

Sofa Bench Custom

Baik furnitur lipat maupun furnitur pesanan lainnya dibuat khusus menyesuaikan kondisi, ukuran, dan gaya desain apartemen ini. Namun, bukan berarti furnitur lipat ini sekedar dibuat untuk bertranformasi menjadi furnitur lain, desainnya juga dibuat praktis dan ringkas agar mudah digunakan. Untuk itu, diperlukan pemilihan material yang tepat guna untuk membuatnya.

Proyek Dekoruma Cempaka Putih

Rp 13.399.000

Kitchen Set Custom

Dalam proyek ini dipilihlah kayu multipleks (plywood) sebagai material karena memiliki ketahanan yang kuat sehingga aman dan awet digunakan untuk jangka panjang. Furnitur lipat juga disertai engsel besi yang fleksibel memudahkan pemiliknya saat menarik dan melipatnya kembali.

Proyek Dekoruma Cempaka Putih

Rp 7.100.000

Lemari Baju Custom

Di sisi lain, tata ruang terbuka, yang menjadi desain awal dari apartemen studio, juga dijadikan patokan dalam organisasi ruang. Sebagian besar ruang di apartemen ini digunakan untuk area privat, seperti area tidur dan area kerja. Sisanya dimafaatkan untuk area servis dan dapur.

Proyek Dekoruma Cempaka Putih

Rp 2.500.000                                                                 Rp 115.000

Meja Belajar                                                                                               IKEA Gunde Kursi Lipat

Desain storage letter L yang diaplikasikan pada rak dinding dan lemari pakaian pun menunjukan adanya efektivitas dalam penataan ruang, menyediakan ruang-ruang sisa agar pemiliknya leluasa untuk bergerak. Menariknya, space untuk area kerja sengaja diberi jatah area yang lebih luas demi menciptakan kenyamanan dan suasana yang kondusif.

Proyek Dekoruma Cempaka Putih

Tak hanya memaksimalkan fungsi ruangnya, desain apartemen ini juga menunjukan estetika yang apik. Nuansa kayu yang kuat sedari awal telah menyambut pandangan kita. Sebagian furnitur yang ada di dalam apartemen ini memang dibalut dengan finishing HPL (High Pressure Laminate) yang memperlihatkan tekstur kayu yang solid.

Warna-warna netral dan pastel dipilih sebagai padanan dari kesan natural yang diperlihatkan oleh finishing kayu. Warna-warna ini muncul dari loose furniture, pernik dekorasi, dan peranti elektronik yang digunakan untuk melengkapi fungsi dari tiap-tiap area. Kesan natural yang hangat pun lahir dari perpaduan tekstur dan warna ini.

Proyek Dekoruma Cempaka Putih

Rp 2.450.000

Voda Collection Fernando Sofa Bed Abu Graphite

Ada pun detail yang coba ditampilkan pada desain interior apartemen ini. Kedua cermin panjang dipasang diantara panel TV untuk menampilkan permainan aksen sekaligus meluaskan pandangan di dalam ruangan.

Proyek Dekoruma Cempaka Putih

Rp 3.000.000

Backpanel TV Custom

Jika ingin memiliki hunian senyaman hunian ini, segara daftarkan dirimu di DekorumaHome. Dengan menggunakan jasa desain interior DekorumaHome, kamu bisa mendapatkan konsultasi desain gratis yang memberikan solusi desain terbaik untuk hunianmu.

Made by

Interior Stylist:  Q. N. Audy

Photographer: DekorumaHome Team

article_cicilan_0_percent
Voucher Dekohouse