Jangan Sembarangan Memilih Kasur Anak, Cek 5 Hal ini!

Artikel ini dibuat oleh tim konten Dekoruma. Setiap hari, kami menerbitkan cerita mengenai rumah, ikuti di sini.

Siapapun pasti setuju, tiada yang lebih penting daripada kesehatan dan keselamatan anak. Nah, karena 1/3 dari keseharian anak akan dihabiskan untuk beristirahat, otomatis kasur anak harus menjadi fokus utama saat menata ruang tidur si kesayangan. Kasur anak berkualitas sudah wajib hukumnya karena merupakan salah satu investasi terbesar baik dari segi finansial maupun kesehatan anak. Jadi, jangan sampai orang tua salah memilih kasur anak. Cek dulu 5 pertimbangan berikut saat memilih kasur anak yuk !

Jenis Kasur Anak

Mungkin kita sering berpikir kalau kasur anak pasti berbeda dengan orang dewasa. Padahal sering sudah tersedia toko matras spesialis yang akan menawarkan berbagai jenis kasur anak layaknya untuk penggunaan kasur orang dewasa.

Beberapa tipe yang akrab di telinga antara lain Pocket Sprung yaitu per terpisah, European Standar yaitu standar matras pada umumnya, Open Coil atau sistem keseimbangan dengan per terbuka, hingga kasur Memory Foam dengan fitur busa spesial dan lunak.

Kasur Matras Anakgoogle.com

Pada dasarnya, anak- anak membutuhkan daya penyangga yang memadai dan tipe- tipe kasur anak umumnya memiliki sistem support yang cukup untuk pemakaian sehari- hari, terutama untuk tipe Pocket Sprung. Hanya saja, Kania sarankan untuk tidak menggunakan Memory Foam karena tergolong terlalu lunak untuk pertumbuhan ruas tulang belakang anak kecil.

Tingkat Kekerasan Kasur Anak

Tingkat Kekerasan Kasur Anakgoogle.com

Kenyamanan harus menjadi prioritas utama saat merancang desain kamar anak.  Sering dari transisi keranjang bayi ke matras anak, tingkat kekerasan bisa menjadi sebuah problema karena anak sudah terbiasa dengan kasur yang lebih empuk.

Orang tua tetap harus memperhatikan perkembangan ruas tulang belakang di usia kanak-kanak. Faktanya, kasur anak akan menjadi tempat dimana mereka menghabiskan waktu antara 8-10 jam setiap malamnya.

Jadi, pilih kasur anak dengan konsistensi kekerasan busa yang pas, tidak terlalu lunak maupun terlalu padat sehingga anak enggan tidur di kasur anak yang disediakan.

Ukuran Kasur Anak

Ukuran Matras Anakgoogle.com

Sebelum membeli tempat tidur anak, ada baiknya orang tua menyesuaikan dulu dengan beberapa kondisi, misalnya ukuran ruangan, ukuran tubuh anak dsbnya.

Kasur anak boleh mengikuti ukuran matras standar di pasaran, ataupun dengan kasur anak custom atau ukuran yang bisa dipesan sesuai kebutuhan. Ada beberapa pertimbangan yang harus diingat jika orang tua membeli kasur anak yang berbeda dengan ukuran matras pada umumnya.

Hal itu adalah ukuran sprei yang  harus dipesan khusus dan penggunaan yang terbatas, misalnya hanya mencapai ukuran tinggi tertentu dan harus mengganti kasur anak dengan ukuran kasur dewasa.

Durabilitas

Durabilitas Kasur Anakgoogle.com

Karena kasur anak bisa digunakan hingga bertahun- tahun lamanya dan juga bukan merupakan pembelian yang bernilai kecil, maka penting bagi orang tua untuk mengutamakan durabilitas kasur anak.

Terutama karena anak-anak masih sering menggunakan kasur sebagai tempat untuk bermain, misalnya berloncatan, berguling hingga dijadikan medan aktivitas tak terbatas lainnya. Jadi orang tua harus berpikir panjang dan memilih kasur anak yang benar- benar berkualitas dan bisa bertahan lama. Kasur spring bed dari Airland juga dapat menjadi pilihan yang tepat untuk meningkatkan kualitas tidur anak.

Harga Kasur Anak

Harga-Kasur-Anak.jpggoogle.com

Nah, berbicara soal harga kasur anak memang pasti bisa disesuaikan dengan budget tiap orang tua. Namun yang harus diingat adalah anak-anak selalu tumbuh dengan cepat, jadi kasur anak harus bisa mengakomodasi pertumbuhan mereka setiap saat.

Apakah kamu lebih memilih kasur anak dengan budget lebih rendah namun siap untuk diganti seiring pertumbuhannya? Ataukah kamu lebih memilih untuk berinvestasi pada matras berkualitas untuk sekali pemakaian  jangka panjang?

Fitur-Fitur Penting Lainnya

Fitur Kasur Anakgoogle.com

Beberapa kasur anak sudah dilengkapi dengan fitur istimewa seperti anti alergi atau kasur anak yang tahan air, umumnya dalam bentuk lapisan atas ekstra atau matras protector.

Pelindung matras bisa dibeli secara terpisah untuk semakin membuat aktivitas si kecil di kasur anak semakin nyaman. Pilih dari merek matras yang terpercaya dan sesuaikan juga dengan ukuran kasur anak yang sudah dipilih.


Siap membeli matras anak sesuai kebutuhan si kecil? Temukan segala perlengkapan home and living terbaik di dekoruma.com!

article_cicilan_0_percent
Voucher Dekohouse