[Dekoruma Ideas] Konsep Open Space dan Aksesoris Canggih Bikin Betah Memasak di Dapur

Artikel ini dibuat oleh tim konten Dekoruma. Setiap hari, kami menerbitkan cerita mengenai rumah, ikuti di sini.

Bagi siapapun yang suka memasak, dapur menjadi tempat favorit mereka di rumah. Di ruangan ini mereka bisa mencoba berbagai resep makanan atau pun bereksperimen menciptakan menu makanan baru. Setelahnya, mereka dapat berkreasi mempersiapkan penyajian yang kreatif.

Kegiatan inilah yang disenangi oleh klien Dekoruma Home, Natasha Benita. Namun, desain dapur apartemen yang dihuninya ternyata tak membuatnya nyaman untuk menjalani hobinya ini. Konsep dapur yang berada di ruangan tertutup membuat Natasha tidak leluasa memasak di sana, kreatifitasnya pun serasa dibatasi.

Proyek Kitchen Set Dekoruma Apertemen Pakubuwono

Rp 19.210.000

Kitchen Set Atas Custom, Plywood Finishing HPL

Demi menciptakan dapur yang ideal lagi kondusif untuk memasak, tim Dekoruma Home akhirnya merombak desain dapur yang semula berada di ruangan tertutup ini menjadi konsep dapur terbuka atau open space kitchen. Tidak hanya menjadi nyaman untuk digunakan, perubahan konsep membuat dapur seluas 13 meter persegi ini terlihat lebih luas dan rapi.

Proyek Kitchen Set Dekoruma Apertemen Pakubuwono

Selain hobi memasak, Natasha juga kerap kali mengundang teman-temannya untuk berkumpul di apartemennya. Dengan hilangnya batas visual antara dapur dan ruang keluarga, maka suasana akrab pun semakin mudah terbangun. Kala Natasha sibuk mempersiapkan masakan andalannya di dapur, ia masih bisa berinteraksi dengan teman-temannya yang berkumpul di ruang keluarga.

Proyek Kitchen Set Dekoruma Apertemen Pakubuwono

Rp 8.570.000

Island Bar Custom, Plywood Finishing HPL

Kehadiran island bar turut mengakrabkan dan memeriahkan suasana berkumpul. Island bar ini dapat menjadi area duduk tambahan untuk para tamu yang berkunjung. Sehari-harinya, island bar dapat difungsikan sebagai area makan untuk sarapan. Desainnya yang terhubung langsung dengan kitchen set juga mempermudah proses penyajian makanan.

Rp 5.478.000

Lemari Kulkas Custom, Plywood Finishing HPL

Proyek Kitchen Set Dekoruma Apertemen Pakubuwono

Rp 10.344.84

Kitchen Set Sink Area Custom, Plywood Finishing HPL

Meski dilakukan perombakkan besar, namun penempatan kitchen set dapur tetap dipertahankan. Dapur ini terdiri dari dua kitchen set yang ditempatkan saling berhadap-hadapan. Desainer interior yang menangani proyek ini, Kania Bunga, berhasil membagi fungsi kedua kitchen set dengan baik.

Proyek Kitchen Set Dekoruma Apertemen Pakubuwono

Rp 6.403.000

Microwave Rack Tall Cabinet, Plywood Finishing HPL

Kitchen set yang terletak di area yang lebih besar difungsikan khusus sebagai area memasak, sedangkan kitchen set di sisi ruangan lainnya digunakan sebagai area cuci. Pembagian area ini dilakukan untuk mempermudah mobilitas pengguna agar lebih fokus saat memasak ataupun saat mencuci piring. Dengan memisahkan area persiapan dapur bersih dan area basah, dapur pun jadi lebih sehat dan higienis untuk digunakan.

Proyek Kitchen Set Dekoruma Apertemen Pakubuwono

Rp 10.667.500

Kitchen Set Bawah Custom, Plywood Finishing HPL

Tak sekedar membagi kedua kitchen set menjadi dua area yang memiliki fungsi berbeda, Kania juga mengoptimalkan penggunaan masing-masing area ini. Pada area cuci, trash bin ditempatkan pada storage tertutup yang dibuat di bagian bawah tempat bak cuci piring (sink) sehingga jadi lebih mudah untuk membuang sisa-sisa makanan.

Proyek Kitchen Set Dekoruma Apertemen Pakubuwono

Pada kitchen set yang fungsikan sebagai area masak, ruang penyimpanan dibuat begitu maksimal dengan kabinet yang didesain sampai menyentuh ke langit-langit ruangan. Kabinet dapur tertutup serta tempat khusus bagi peranti masak dan elektronik digunakan agar dapur tetap terlihat rapi sekalipun sering dipakai.

Proyek Kitchen Set Dekoruma Apertemen Pakubuwono

Rp 1.770.000

Kitchen Set Accessory Swivel Basket kit 180 degree

Menariknya, kitchen set ini dilengkapi dengan aksesoris storage yang canggih dan mewah, seperti kabinet dengan pintu lipat, laci tarik dengan rak, dan lemari piring yang dapat diputar. Desain yang mendetail juga ditunjukkan pada dua lemari geser yang dipasang di dekat kompor dan oven, masing-masing digunakan untuk menyimpan bumbu-bumbu masak.

Proyek Kitchen Set Dekoruma Apertemen Pakubuwono

Rp 3.145.000

HI Gold Diamond Style Pull Out Basket

Aksesoris ini terbuat dari paduan material premium yang berkualitas, seperti stainless steel dan plywood, yang sudah sangat teruji ketahanannya. Begitupun pada area kerja dapur, table top dari marmer dipilih tak hanya untuk menguatkan kesan mewah dari penggunaan aksesoris yang canggih, ketahanannya terhadap panas dan pelapukkan juga membuat fungsi dapur semakin prima.

Proyek Kitchen Set Dekoruma Apertemen Pakubuwono

Rp 14.500.000

Countertop Marmer Serpeggiante Mocca

Tampilan dapur semakin sempurna dengan balutan HPL (High Pressure Laminate) kayu berwarna muda. Motif kayunya tampil selaras dengan table top marmer dan meja bar. Komposisi warna ketiganya menyajikan kesan youthful yang hangat, sesuai dengan konsep open space kitchen yang diusung dan karakter pemiliknya yang berjiwa bebas.

Jika ingin memiliki hunian senyaman hunian ini, segara daftarkan dirimu di DekorumaHome. Dengan menggunakan jasa desain interior DekorumaHome, kamu bisa mendapatkan konsultasi desain gratis yang memberikan solusi desain terbaik untuk hunianmu.

Made by

Interior Stylist:  Kania Bunga
Photographer: DekorumaHome Team

article_cicilan_0_percent
Voucher Dekohouse