Mengintip 7 Hasil Karya Arsitektur Dunia Paling Fenomenal

Artikel ini dibuat oleh tim konten Dekoruma. Setiap hari, kami menerbitkan cerita mengenai rumah, ikuti di sini.

Arsitektur dunia menyimpan pesona yang menakjubkan. Selain nilai estetika yang menawan, berbagai objek arsitektur dunia kerap menjadi saksi sejarah dan menyimpan filosofi serta kisah yang cukup fenomenal. Tak heran jika banyak objek arsitektur dunia menjelma menjadi ikon atau identitas dari sebuah tempat, kawasan, bahkan negara dimana objek arsitektur tersebut berdiri.

Berikut beberapa karya arsitektur dunia fenomenal yang menyimpan sejarah hingga menjadi ikon yang menakjubkan, lihat yuk!

Eiffel Tower, Karya Arsitektur Dunia yang menjadi Ikon Revolusi

Arsitektur Dunia Eiffeladobe.com

Siapa tak kenal Eiffel Tower? Karya Arsitektur dunia yang kini menjadi ikon yang banyak dicintai masyarakat dunia. Dirancang oleh arsitek Gustave Eiffel, menara Eiffel dibangun antara 1887 dan 1889 sebagai bentuk perayaan Revolusi Perancis dan direncanakan untuk berdiri selama 20 tahun saja. Namun, karena nilai yang dimiliki karya arsitektur dunia ini terlalu berharga, maka menara ini tetap berdiri hingga saat ini.

Hagia Sophia: Arsitektur Dunia dengan Sejarah Panjang

Arssitektur-Dunia-Hagia Sophiablogspot.com

Hagia Sophia yang kini lebih banyak difungsikan sebagai Museum adalah salah satu bangunan yang menyimpan sejarah dunia yang panjang. Dibangun pada abad ke-4 sebagai Gereja, kemudian menjelma menjadi Mesjid akibat perebutan kekuasaan di abad ke-15, karya Arsitektur Dunia ini merupakan salah satu peninggalan arsitektur Bizantium terbaik dan terbesar di Dunia!

Sydney Opera House: Kolaborasi Arsitektur Dunia dan Seni

Arsitektur Dunia Sydney Opera Housesydneyoperahouse.com

Ikon arsitektur dunia selanjutnya adalah Sydney Opera House. Bangunan berkubah beton ini dirancang arsitek berkebangsaan Denmark, Jørn Utzon. Namun, petinggi  dari ”NSW State Conservatorium of Music” yang menggagas pembangunan Sydney Opera House memaksakan beberapa revisi besar pada desain yang berujung pada pengunduran diri Utzon di tengah-tengah masa pembangunan.

Kini, selain digunakan sebagai tempat perhelatan pertunjukan seni kelas dunia, karya arsitektur dunia ini menjelma menjadi ikon dan juga objek pariwisata internasional.

The Burj Al Arab: Kelahiran Karya Arsitektur Dunia Masa Kini

The Burj Al Arab Kelahiran Karya Arsitektur Dunia Masa Kinigoogle.com

Karya arsitektur dunia fenomenal karya Arsitek Tom Wright ini merupakan karya terbaru dan terkini yang ada dalam daftar ini. Mulai dibangun sejan 1994, The Burj Al Arab merupakan hotel terbesar kedua di dunia.

Dengan mengadaptasi bentuk layar yang menghadap ke samudera, karya arsitektur dunia ini dengan cepat menarik perhatian dan menjadi salah satu tonggak sejarah desain arsitektur dunia.

The Colosseum: Peninggalan Sejarah Arsitektur Dunia

Arssitektur-Dunia The Colosseumbritannica.com

Diibangun antara tahun 70 hingga 72 dan selesai pada tahun 80, The Colosseum diperuntukkan untuk pertandingan gladiator dan juga berbagai pertunjukkan seni pada masa lalu dengan kapasitas hingga 50.000 penonton. Kini karya arsitektur dunia ini kini menjadi salah satu tujuan wisata Roma yang tak pernah sepi pengunjung.

The Louvre: Perpaudan Karya Arsitektur Dunia Klasik dan Modern

Arssitektur Dunia The Louvretumblr.com

Karya arsitektur dunia yang kini menjadi salah satu museum paling dikenal dunia ini menyimpan berbagai karya seni ikonik dan bersejarah seperti Lukisan Monalisa hingga patung klasik Venus de Milo peninggalan peradaban Yunani Kuno.

Meski karya klasik arsitektur dunia ini dibangun pada abad ke-12 sebagai museum, pada abad ke-14 bangunan ini sempat dijadikan rumah bagi keluarga kerajaan sebelum difungsikan kembali menjadi museum kerajaan dan mengalami perbaikan serta renovasi termasuk penambahan piramida kaca yang sangat ikonik tersebut.

Taj Mahal: Karya Arsitektur Dunia Perlambang Cinta

Taj Mahal Karya Arsitektur Dunia Perlambang Cintaunsplash.com/@littlej1428

Meski terlihat bak istana megah, karya arsitektur dunia satu ini bukanlah istana melainkan tempat persemayaman terakhir Istri ketiga dari Raja Mughal, Shah Jahan yang wafat setelah melahirkan anak ke-14 mereka. Kini Taj Mahal yang didominasi marmer putih mulai terlihat kekuningan akibat hujan asam dan polusi, namun hal ini tak mengurangi pesonanya.


Selain menyimpan sejarah, berbagai karya arsitektur dunia tersebut menjadi landmark yang menakjubkan dan masih dikagumi hingga saat ini. Karya arsitektur dunia mana yang paling kamu kagumi?

Kamu sedang mencari furnitur baru untuk hunianmu? Dekoruma jual furnitur dengan model dan ukuran yang beragam, lho! Mulai dari sofa, lemari pakaian, meja makan, kursi, hingga rak sepatu, semuanya tersedia.

Selain furnitur, ada juga aneka peralatan dapur bagi kamu yang suka memasak. Dekoruma jual saringan, panci, oven, wajan, cetakan kue, dan masih banyak lagi. Yuk, langsung saja kunjungi laman Dekoruma dan cari semua kebutuhan rumahmu!

article_cicilan_0_percent
Voucher Dekohouse