6 Inspirasi Ruangan Tamu Minimalis untuk Segala Budget

Artikel ini dibuat oleh tim konten Dekoruma. Setiap hari, kami mempublikasikan cerita mengenai rumah, ikuti disini.

Beberapa orang sering kedatangan tamu di rumahnya, baik itu sanak saudara ataupun teman dan rekan kerja. Jika kamu adalah salah satu dari mereka, maka ruangan tamu minimalis merupakan area yang wajib ada. Penataannya pun tidak boleh sembarangan karena akan mencerminkan kepribadian sang pemilik rumah dan menentukan nyaman atau tidaknya para tamu.

Agar terlihat apik, coba simak beberapa inspirasi ruangan tamu minimalis untuk segala budget berikut ini!

1. Ruangan tamu minimalis monokrom dengan dekorasi warna-warni

Ruangan tamu minimalis monokrom dengan dekorasi warna-warnidecoist.com

Ruangan tamu minimalis identik dengan warna monokrom seperti abu-abu dan putih pada gambar di atas. Bagi beberapa orang, warna ini akan membosankan untuk dilihat dalam waktu lama.

Sebagai aksen, kamu bisa menambahkan beberapa perabot seperti lampu dan kursi kecil yang dibuat menggunakan kayu. Setelah itu, buatlah tumpukan buku di sudut ruangan. Kalau bisa pilihlah buku dengan sampul warna-warni supaya hasilnya lebih cantik. Jangan lupa dibersihkan secara rutin agar tidak dihinggapi debu.

2. Ruangan tamu minimalis dengan kursi kayu dan rak dinding

Ruangan tamu minimalis dengan kursi kayu dan rak dindingdecoist.com

Bagi kamu yang sering menyambut tamu dalam jumlah banyak, Kania yakin ruangan tamu minimalis ini akan kamu sukai karena multifungsi dan hemat budget. Poin utamanya terletak pada kursi panjang yang dilengkapi dengan 2 papan lain. Kedua papan lainnya ini bisa dimanfaatkan sebagai tempat duduk atau meja kopi. Jika sedang tidak digunakan, bisa dirapatkan dan menghemat ruangan tamu minimalis.

Di balik dinding panel TV juga ada sedikit celah yang bisa dijadikan sebagai rak display. Karena dibuat dari batu bata, tentu akan lebih kuat ketahanannya.

3. Ruangan tamu minimalis dengan karpet

Ruangan tamu minimalis dengan karpetdecoist.com

Apakah kamu tipe orang yang sederhana atau malas mencari dekor ruangan? Jika iya, maka kamu harus menyontek inspirasi ruangan tamu minimalis yang satu ini. Seperti yang terlihat pada gambar, dekorasinya hanyalah sebuah karpet warna senada dengan sofa. Kalau mau mengeluarkan budget lebih, gantilah warna sarung bantal agar ruangan tamu minimalis milikmu terlihat lebih cerah.

4. Ruangan tamu minimalis yang menyegarkan

Ruangan tamu minimalis yang menyegarkanmaxwells-tacoma.com

Dalam dunia psikologi, warna hijau mampu menciptakan kesegaran dan kedamaian. Tapi bukan berarti kamu harus mewarnai seluruh bagian ruangan tamu minimalis dengan warna hijau ya, karena akan terlihat norak dan sangat mengganggu.

Jika kamu ingin ada warna hijau di ruangan tamu minimalis, sebaiknya hadirkan sebagai aksen saja. Misanya dengan meletakkan tanaman hijau di sudut ruangan tamu minimalis atau menggunakan sarung bantal berwarna hijau.

5. Ruangan tamu minimalis yang lapang

Ruangan tamu minimalis yang lapangyogajournal.com

Bagi kamu yang memiliki masalah dengan ukuran luas ruangan tamu minimalis, cobalah inspirasi yang satu ini. Gunakan kaca sebagai dinding sekaligus jendela di satu sisi ruangan. Untuk furniturnya, cukup menggunakan satu sofa besar dan beberapa kursi berukuran sedang.

Selebihnya tambahkan bantal besar untuk duduk di lantai. Sebaiknya pilih model coffee table tanpa kaki untuk menghemat ruang. Untuk warna secara keseluruhan, pilihlah warna terang seperti putih atau krem agar ruangan tamu minimalis terlihat lebih luas.

6. Ruangan tamu minimalis dengan nuansa lembut

Ruangan tamu minimalis dengan nuansa lembutdecoist.com

Inspirasi ruangan tamu minimalis yang terakhir memiliki nuansa lembut. Bagi kamu yang ingin menirunya, tidak perlu mengeluarkan budget besar karena kunci utamanya ada pada penggunaan kain. Pilihlah tirai dengan bahan jatuh dan teksturnya halus seperti satin, sutra, lace, atau sheer. Kemudian gunakan karpet berbulu pendek dan lembut agar nyaman dipijak kaki. Bila memungkinkan, sesuaikan warna karpet dengan warna sarung bantal.

Jadi, kapan kamu mau membenahi ruangan tamu minimalis dengan bekal inspirasi dari Kania tadi?