5 Model Dipan Terbaik, Simak Inspirasinya Yuk!

Artikel ini dibuat oleh tim konten Dekoruma. Setiap hari, kami menerbitkan cerita mengenai rumah, ikuti di sini.

Jaman sekarang mungkin sedikit asing mendengar istilah “dipan”. Hal ini terjadi karena tempat tidur modern saat ini jarang menggunakan dipan. Umumnya, kasur jaman sekarang adalah kasur yang langsung menyatu dengan ranjangnya. Tidak lagi menggunakan dipan seperti tempat tidur jaman dulu.

Dipan atau yang disebut juga dengan spring box pada dasarnya adalah bagian bawah kasur yang berfungsi sebagai penopang kasur. Sebuah dipan biasanya terbuat dengan kerangka kayu dengan busa atau foam yang dibalut dengan kain atau kulit sintetis. Di bagian bawahnya biasa terdapat kaki dipan atau disebut juga dengan bed leg. Kaki dipan ini memberikan jarak antara dipan dengan lantai.

Lalu, apabila saat ini kita ini menggunakan dipan, model seperti apa sih yang ada di pasaran dan bisa kita tempatkan dalam kamar tidur kita?

Dipan ranjang panggung (platform bed)

Dipan Platform Bedgoogle.com

Ranjang panggung atau yang sering disebut ranjang kabin ini memiliki ciri yang sederhana, bersih dan apa adanya. Sangat cocok untuk kamar dengan konsep interior minimalis. Sebagai penyangga, dipan jenis ini memiliki rangka yang sederhana berbentuk kotak yang terdiri dari papan-papan kayu berpola geometris.

Dipan dengan kanopi (canopy bed)

Dipan Canopy Bedgoogle.com

Dipan dengan kanopi atau memiliki tudung di atasnya yang disangga oleh empat tiang dengan tinggi minimal 1,2 meter di atas kasur. Model dipan ini biasanya terbuat dari bahan kayu yang penuh ornament ukiran, baik pada headboard, footboard, maupun tiang-tiangnya.

Dipan dengan kanopi ini biasanya dibentuk dari kain dekoratif yang dirancang saling silang antar tiang, kemudian dijulurkan ke bawah mengikuti tiang membentuk kelambu yang diikat dengan tali. Bisa juga menggunakan Mandala tapestry. Jenis kain yang biasa digunakan adalah sifon atau sutra.

Dipan kereta luncur (sleigh bed)

Dipan-Sleigh-Bed.jpgrobinsonsbeds.co.uk

Terinspirasi dari gaya Romawi dan Yunani, sleigh bed diperkenalkan oleh Perancis di Amerika pada abad ke-19. Ciri sleigh bed adalah headboard dan footboard-nya yang melengkung ke arah luar sehingga mirip sleigh atau kereta luncur salju. Desain lengkungannya manis dan ramping.

Dipan laci tingkat (trundle bed)

Dipan Trundle Bedgoogle.com

Dipan laci tingkat terdiri dari dua ranjang bersusun atas bawah, di mana kasur bagian bawahnya dibuat sedikit lebih kecil daripada kasur di bagian atasnya agar dapat didorong masuk ke kolong selayaknya laci kabinet. Model seperti ini sangat cocok untuk menghemat ruang. Selain itu, bagian bawahnya juga bisa difungsikan sebagai laci.

Dipan berbingkai (panel bed)

Dipan Panel Bedgoogle.com

Dipan jenis ini biasanya terbuat dari material kayu dan hampir serupa dengan dipan model panggung. Bedanya, dipan ini memiliki empat papan yang membingkai kasur di empat sisinya. Panel ini juga dapat diisi dengan kasur pegas. Bagian headboard-nya tinggi dihiasi dengan ukiran atau kain pelapis (upholstery). Sedangkan bagian footboard dari dipan ini biasanya lebih rendah dari pada bagian headboard-nya.


Kelima jenis dipan di atas merupakan pilihan dipan yang dapat kamu gunakan dalam kamar tidurmu. Jangan lupa lengkapi kamar tidurmu dengan perabotan berkualitas dari dekoruma.com. Selamat memilih!

article_cicilan_0_percent
Voucher Dekohouse