Bagaimana Mengobati Tanaman Hias yang Sakit? Ini 5 Trik Rahasianya!

Artikel ini dibuat oleh tim konten Dekoruma. Setiap hari, kami menerbitkan cerita mengenai rumah, ikuti di sini.

Bukan hanya kesehatan jasmani dan rohanimu saja yang perlu dijaga. Sebagai pencinta sekaligus pemilik tanaman hias, kesehatan tanaman hias yang kamu pelihara juga nggak boleh disepelekan karena ternyata jenis tanaman hias apapun juga bisa terkena stress, loh.

Stres atau gangguan kesehatan yang dialami tanaman hias biasanya mulai terdeteksi saat warna daunnya perlahan berubah menjadi kuning. Perubahan warna ini menandakan bahwa tanaman hias tersebut mulai layu dan tidak mampu lagi beradaptasi dengan lingkungan di mana ia tumbuh. Ada beberapa kemungkinan yang menjadi penyebab ‘stres’-nya tanaman hias ini, seperti kekurangan atau kelebihan air dan adanya hama yang menginangi tanaman tersebut.

Untuk memastikan sumber stress dari tanaman hias, kamu bisa mengikuti langkah-langkah diagnosanya berikut ini.

1. Pastikan tingkat kelembapan tanaman hias dalam keadaan normal

shutterstock_579004942shutterstock.com

Saat daun dari tanaman mulai terlihat menguning, langkah awal yang dilakukan untuk mendiagnosa penyebabnya adalah mengetahui tingkat kelembapan tanaman tersebut. Umumnya kondisi seperti ini terjadi saat tanaman kekurangan atau kelebihan air.

Untuk mengecek seberapa lembab kondisinya, ambil sampel tanah tanamnan tersebut sedalam 3 cm. Jangan mengambil sampel tanah yang dekat dengan permukaan, karena tanah di bagian ini cenderung mudah mengering.

20905627_1743512662609693_4217863858418614272_ndekoruma.com

Jika sampel tanah yang kamu ambil terasa kering, maka tanaman tersebut berada dalam kondisi dehidrasi. Segera siram dengan air secukupnya sampai tingkat kelembapannya kembali normal. Sedangkan, apabila tanah terasa basah, maka dapat diartikan tanaman hiasmu berada dalam tingkat kelembapan yang tinggi sehingga perlu segera dipindahkan pada medium tanam yang lebih kering.

2. Identifikasi apakah tanaman terbebas dari gangguan hama

39083199_263898424442692_6610729871486222336_ndekoruma.com

Kemungkinan lain yang menyebabkan daun tanaman hias menguning adalah kehadiran hama berupa serangga yang kasat mata dan kutu laba-laba. Indikasi tanaman yang terserang hama adalah terdapat lubang pada daunnya ataupun adanya selaput putih yang menyelubungi bagian tertentu.

Untuk mengatasinya kamu perlu membersihkan bagian tanaman yang terinfeksi oleh hama, lalu semprotkan obat pembasmi hama di bagian tersebut. Jika tanaman hiasmu sensitif terhadap bahan kimia, kamu bisa menggunakan peptisida organik seperti minyak mimba (neem oil).

3. Jemur tanaman hias di bawah sinar matahari

shutterstock_622381487shutterstock.com

Selain tiga kemungkinan di atas, kurangnya sinar matahari juga bisa menjadi penyebab tanaman hiasmu layu. Hal ini biasanya terjadi pada tanaman hias yang disimpan di dalam ruangan sementara nggak banyak celah untuk cahaya matahari masuk.

Jika tanaman tersebut ditempatkan di pojok ruangan yang nggak terkena cahaya matahari, sebaiknya segera pindahkan ke tempat yang mendapatkan cahaya matahari secara permanen seperti dekat jendela rumah. Namun, kondisi tanaman biasanya nggak langsung membaik dengan cepat. Beberapa tanaman memerlukan sedikit waktu untuk beradaptasi dengan kondisi lingkungan yang baru.

4. Lindungi dari dinginnya suhu ruangan

29089474_2023108217704138_8400259232661766144_ndekoruma.com

Sebagian besar dari tanaman hias merupakan tanaman tropis. Mereka bersahabat dengan sinar matahari, tapi tidak dengan udara dingin. Nggak hanya dinginnya suhu luar saja yang menyebabkan daun tanaman hias menguning dan layu, suhu ruangan yang terlalu dingin juga bisa membuat tanaman kedinginan.

Kalau sudah terserang flu begini, kamu perlu mengatur suhu pendingin ruangan dan nggak perlu terlalu sering menyiram tanaman hias tersebut. Suhu yang dingin membuatnya sulit menguapkan air sehingga kondisi tanah bisa terlalu lembap apabila terlalu sering disiram.

5. Pastikan nutrisinya terpenuhi

shutterstock_718265146shutterstock.com

Perawatan yang baik dan rutin nggak menjamin kesehatan tanaman hiasmu. Biar bagaimanapun, proses fotosintesis nggak bisa berlangsung dengan efektif apabila tanaman kekurangan nutrisi dari dalam tanah.

Tanaman yang kekurangan nutrisi ditandai dengan perubahan warna daun yang semula gelap kemudian berubah menjadi lebih cerah. Nah, jadi bagaimana cara merawat tanaman yang benar? Tambahkan pupuk untuk memperkaya unsur hara di dalam tanahnya.

article_cicilan_0_percent
Voucher Dekohouse