Jangan Asal Pilih Model, Intip 8 Inspirasi Gorden Kamar Berikut!

Artikel ini dibuat oleh tim konten Dekoruma. Setiap hari, kami menerbitkan cerita mengenai rumah, ikuti di sini.

Memilih gorden kamar nggak bisa sembarangan. Selain sebagai elemen dekorasi untuk melengkapi hiasan kamar, gorden juga berfungsi melindungi jendela kamar sepanjang harinya. Maka saat memilih gorden kamar yang tepat kamu perlu menyesuaikan dengan bentuk, ukuran jendela rumah, dan ukuran kamar. Bahan gorden juga menentukan seberapa banyak intensitas cahaya yang masuk dan seberapa aman kamu merasa saat berada di kamar sendiri.

Untuk itu, Kania telah menyiapkan beberapa model gorden kamar yang bisa menjadi inspirasi untuk menghias jendela di kamarmu, tentunya dengan mempertimbangkan faktor yang Kania sebutkan di atas.

1. Gorden Kamar Berbahan Tipis untuk Kamar Minimalis

Gorden Kamar Berbahan Tipishouzz.com

Jika kamu menginginkan kamar tidur milikmu tampil simpel dan minimalis, pilihlah gorden kamar berbahan tipis sehingga memberikan kesan ringan ke dalam ruangan. Sebaliknya, bahan gorden yang tebal membuat jendela terlihat lebih berat. Memasang gorden kamar berbahan tebal pada kamar yang memiliki banyak jendela akan membuat kamar terasa penuh dan sesak.

2. Senada Motif Gorden dan Sprei di Kamar

Gorden Kamar Bermotif untuk Kamar Anakjohnlewis.com

Kesan dinamis dapat diperoleh dengan menampilkan satu jenis aksen pada dua titik yang berbeda. Pilihlah motif gorden kamar yang serupa dengan motif sprei agar kamar anak terlihat lebih atraktif. Menempatkan gorden kamar dengan sprei secara berdampingan seperti ini membuat keduanya menjadi focal point yang efektif.

3. Kombinasi Dua Model Gorden Kamar

Kombinasi Dua Model Gorden Kamarclarke-clarke.com

Saat mendekorasi kamar anak beberapa eksperimen unik sering diterapkan termasuk dalam pemasangan gorden kamar. Kombinasi dua model gorden kamar berbeda ternyata dapat menambah kemeriahan suasana di kamar anak.

Perpaduan yang bisa kamu terapkan adalah memasang tipe gorden rod pocket dan gorden cascade secara bersamaan. Perlihatkan motif yang menjadi tema kamar anak pada gorden cascade untuk mengimbanginya gunakan gorden rock pocket tanpa motif dengan warna yang senada.

4. Gorden Kamar untuk Jendela Sudut

Gorden Kamar untuk Jendela di Sudutpinterest.com

Kamu pastinya menemukan kesulitan memilih gorden kamar yang tepat saat jendela terletak pada posisi yang tidak strategis sekaligus terhalang oleh furnitur, seperti jendela di sudut kamar ini. Gorden kamar dengan model blind atau pun kerai biasanya dipilih untuk melindungi jendela seperti ini. Namun, kamu juga bisa menggunakan gorden kamar tidur yang ditarik menyamping dengan model single-drapery seperti ini.

5. Gorden Sentuh Plafon Berikan Kesan Dramatis sekaligus Luas

Gorden Kamar Menyentuh Plafonikea.com

Ingin kamar tidurmu tampil megah dan luas? Pasang gorden kamar hingga menyentuh langit-langit atau plafon kamar. Trik seperti ini bisa diaplikasikan apabila kamu memiliki jendela yang cukup lebar, biasanya jendela tersebut mengisi satu bidang dinding. Buat dua bukaan gorden kamar untuk menampilkan kesan dramatis yang maksimal.

6. Model Gorden Kamar Menggantung untuk Jendela Kecil

Gorden Kamar Model Menggantung pinterest.com

Untuk jendela-jendela kecil yang memanjang kesamping, idealnya kamu menggunan gorden kamar dengan model menggantung seperti ini. Gorden kamar dengan model menggantung juga nggak mengganggu saat tempat tidur atau furnitur lain ditempatkan di bawah jendela. Agar tampil serasi, warna atau motif gorden jendela kecil bisa disesuaikan dengan warna bidang ranjang.

7. Gorden Kamar Penambah Tekstur dan Variasi Warna

Gorden Kamar dengan Teksturpinterest.com

Gorden kamar juga bisa dijadikan pelengkap untuk perpaduan tekstur di dalam kamar. Seperti tekstur yang diperlihatkan gorden kamar berbahan linen dengan bordiran berpola tradisional ini.

Tekstur dengan pola tradisional ini juga muncul dari beberapa elemen dekor ruangan yang ada. Biarpun begitu, kesan modern tetap kuat diperlihatkan dari warna ungu lavender yang dimiliki gorden kamar ini, yang turut melengkapi variasi dari perpaduan warna yang ada.

8. Perlihatkan Motif dan Bentuk dari Gorden Kamar Valances

Gorden Kamar Model Valaceshouzz.com

Cara lain menonjolkan motif tertentu melalui gorden kamar adalah menggunakan gorden model valances. Model gorden kamar ini khas dengan “poni” atau rumbai dekoratif di bagian atasnya. Agar gorden kamar tampak lebih menarik, tampilkan motif yang seragam dengan salah satu motif elemen dekorasi yang ada di dalam kamar pada bagian depan dari gorden valances ini.


Dari delapan variasi model gorden kamar ini yang mana yang sekiranya cocok dengan kamar tidurmu? Dalam memilih gorden kamar, jangan lupa untuk memperhatikan kualitasnya, ya!

Dekoruma jual tirai dan gorden dengan aneka motif, lho! Ukurannya juga beragam. Tak hanya itu, Dekoruma juga jual tempat tidur dan sprei untuk kamu gunakan saat tidur. Yuk, wujudkan rumah impianmu bersama Dekoruma!

article_cicilan_0_percent
Voucher Dekohouse