•  
  •  Artikel
  •  Resep
  •  Manis dan Menyegarkan, Cobain Deh Resep Minuman Spesial Tahun Baru Ini!

Manis dan Menyegarkan, Cobain Deh Resep Minuman Spesial Tahun Baru Ini!

Posted by Kania Dekoruma on December 27, 2016

Setelah membahas soal drink corner untuk persiapan Tahun Baru kemarin, rasanya kurang lengkap ya kalau Kania nggak bagi-bagi resep ke kalian. Hihi. Untuk kamu yang sudah sibuk mempersiapkan pesta dengan check-list ini mungkin sudah memikirkan dengan matang makanan dan minuman apa saja yang akan disajikan. Contohnya, kamu bisa menyiapkan cheese platter untuk makanan pembuka dan donat-donat mini sebagai snack.

Satu hal yang nggak kalah penting untuk disiakan di acara Tahun Baru adalah minuman spesial. Kalau momen-momen countdown gitu kan biasanya suka bersulang alias toast bareng supaya semakin terasa celebration-nya ya, hehe.

Nah, kali ini Kania mau membagikan ide nggak hanya 1 tapi 2 resep mocktail segar yang cocok untuk menandai Tahun Baru kamu dengan fresh start. Nah, sebelum kita langsung ke resepnya, Kania berbagi dulu beberapa basic tips untuk membuat mocktail yang lezat!

 

TIP 1: MAKE IT SPARKLE

6a00d8358081ff69e201a511c1bfe1970c.jpg

Alias, jangan lupa tambahkan soda! Hehe. Karena tidak menggunakan alkohol, soda bisa menjadi bahan penggantinya. Soda juga bisa bikin minuman kamu lebih fancy dan berbeda dengan jus atau sirup biasa.

 

TIP 2: USE LOTS OF FLAVOR

6a00d8358081ff69e201a3fd1219ae970b.jpg

Yup, gunakan berbagai kombinasi rasa! Jangan takut untuk bereksperimen atau mengambil inspirasi dari resep cocktail yang biasanya. Ada beberapa cara untuk menggabungkan elemen rasa untuk menciptakan mocktail yang spesial.

Sirup. Kamu bisa membeli sirup yang sudah jadi atau membuat sirup sendiri di rumah. Caranya dengan mencampurkan gula dan air dengan perbandingan 1:1. Setelah itu tambahkan potongan buah segar, daun dan rempah-rempah sebagai perasa. Panaskan di panci dengan tingkat panas medium sampai campuran tersebut mengental. Setelah itu, kamu tinggal menyaringnya supaya terpisah dari buah, daun ataupun rempah-rempah. Sirup ini bisa kamu gunakan untuk berbagai macam kebutuhan loh. Nggak hanya mocktail, kamu juga bisa menggunakannya di lemonade, kopi, teh, dan sebagainya.

Potongan Buah dan Daun. Selain cantik dipandang mata, memasukkan potongan buah dan daun dapat menambahkan rasa yang unik di minuman kamu. Daun yang bisa digunakan misalnya daun mint dan basil. Kalu ingin hasil yang maksimal, ada baiknya kamu sudah meletakkan potongan buah dan daun ini di sebotol air. Metodenya mirip dengan infused water dan dengan cara ini, rasanya pun akan semakin segar.

Tambahkan Hiasan. Eits, bukan hanya hiasan biasa loh. Pernah lihat taburan gula atau garam di mulut gelas? Yup, hiasan tersebut juga bisa memberikan tekstur yang menarik saat kita menikmati mocktail ini. Kamu juga bisa menggunakan daun seperti rosemary, basil dan lavender untuk hiasannya.

 

KOG-2.jpgKWI-2.jpgSTH-58.jpg

Oxone Knife SetKIWI Talenan Kayu StarHome Nicer Dicer Plus – Pemotong Serbaguna

 

Nah, itu dia 2 tips yang bisa kamu aplikasikan ke mocktail buatanmu nanti. Sekarang, saatnya kita langsung meluncur ke resepnya.

 

Mocktail Lemon dan Jahe

6a00d8358081ff69e201a511c1c02a970c.jpg

 

Bahan:

  • Air perasan 1 buah lemon
  • 1 buah lemon diiris tipis (sebagai hiasan)
  • ½ sdt sirup (bisa disesuaikan dengan rasa yang kamu inginkan)
  • Parutan jahe secukupnya
  • 1 kaleng soda

 

Cara pembuatan:

Campurkan perasan lemon dengan sirup dan soda. Tambahkan es batu. Aduk sampai rata kemudian tambahkan potongan buah lemon dan parutan jahe. Selain sebagai hiasan, kedua elemen ini menghasilkan kombinasi rasa yang unik.

 

Mocktail Stoberi, Timun dan Jeruk Nipis

6a00d8358081ff69e201a511c1c045970c.jpg

 

Bahan:

  • Potongan stroberi segar
  • Potongan timun segar (bisa diganti dengan zucchini)
  • 2 buah jeruk nipis
  • Daun mint atau basil
  • Gula pasir sebagai hiasan
  • Sirup secukupnya
  • 1 kaleng soda

 

Cara pembuatan:

Pertama, buat gelasmu jadi lebih meriah dengan menggunakan taburan gula pasir. Ulaskan sedikit madu atau sirup di mulut gelas. Setelah itu tambahkan taburan gula supaya menempel.

Campurkan perasan jeruk nipis, 1 sdt sirup dan soda. Aduk sampai rata kemudian tambahkan potongan buah stroberi, timun dan daun mint. Tambahkan hiasan di sudut gelas dengan potongan timun dan stroberi supaya tambah cantik.

 

KDA-246.jpgIKEANH-68.jpgHSW-112.jpg

Kedaung Gelas LU-10TIKEA Frasera Gelas WiskiLuminarc Islande Gelas 290ml

 

Itu dia 2 tips dan 2 resep mocktail yang bisa kamu praktekkan di perayaan Tahun Baru kamu nanti. Jangan lupa untuk menempatkan minuman kamu di buket dengan es batu agar tetap dingin ya. Supaya kamu nggak susah membawanya kesana kemari, kamu bisa menaruh buketnya di atas sebuah troli dorong. Para tamu juga jadi mudah deh mengambilnya, hihi.

 

Selamat membuat mocktail!

 

Foto dari A Beautiful Mess

 

 

 

 

 

 

 

×
Install Aplikasi Android Dekoruma yuk! Masukkan no HP kamu dan Kania akan mengirim link downloadnya langsung ke HP kamu :-)