Ingin Eksterior Rumah Tampil Stand Out? Perhatikan 5 Elemen Kunci Berikut!

Artikel ini dibuat oleh tim konten Dekoruma. Setiap hari, kami menerbitkan cerita mengenai rumah, ikuti di sini.

Pernahkah kamu begitu takjub melihat sebuah rumah dari pinggir jalan, sampai-sampai kamu rela berhenti atau memelankan laju kendaraanmu untuk bisa melihatnya lebih seksama? Amat jelas, desain eksterior rumah tersebutlah yang membuatnya nampak begitu memukau.

Sebenarnya nggak terlepas dari rumah mewah nan gedongan saja yang bisa memberikan impresi seperti itu. Apabila rumah yang terbilang sederhana turut memperhatikan elemen-elemen kunci pada eksterior rumah dan menerapkannya melalui prinsip desain arsitektur yang tepat, ekterior rumah tersebut bisa terlihat sama memukaunya.

Desain Eksterior Rumahhome-designing.com

Meskipun dalam mendesain eksterior rumah memerlukan bantuan dari arsitek atau desainer profesional, kamu juga perlu mengetahui elemen-elemen eksterior rumah apa saja yang penting untuk diperhatikan sehingga memudahkan proses desain dan eksekusinya yang begitu ribet. Alih-alih, kamu pun jadi bisa menyesuaikan desainnya dengan bujet yang kamu miliki.

Perpaduan Warna Cat Untuk Eksterior Rumah

Warna Cat untuk Eksterior Rumahhome-designing.com

Pentingnya memilih perpaduan warna yang tepat untuk eksterior rumah adalah kamu dapat menyembunyikan bagian-bagian bangunan yang dirasa kurang sempurna. Namun jika kamu salah memilih, resikonya ketidaksempurnaan eksterior rumah justru nampak semakin jelas.

Cara paling efektif dalam memilih perpaduan warna eksterior rumah adalah dengan memilih warna utamanya terlebih dahulu. Untuk warna kombinasinya, pilihlah warna yang memiliki satu shade lebih terang atau lebih gelap dari warna utama. Misalkan putih dipilih sebagai warna utama untuk sebagian besar dinding, warna netral yang lain seperti abu-abu dah hitam diaplikasikan pada bagian kusen dan pintu garasi.

Perpaduan warna pada eksterior rumah juga sebaiknya disesuaikan dengan material yang kamu gunakan.

Pintu Masuk yang Welcoming

Pintu Orange untuk Eksterior Rumahdesign-milk.com

Jangan sampai perpaduan warna eksterior rumah yang diterapkan menghalangi fungsi dari elemen lainnya. Ada baiknya kamu memilih warna pembeda untuk pintu masuk sebagai petunjuk letak area masuk. Misalnya memilih pintu berwarna orange di antara perpaduan warna eksterior rumah yang didominasi warna-warna gelap.

Warna-warna cerah ini juga cocok diaplikasikan pada berbagai model dan material desain pintu, baik pintu kayu atau pun teralis pintu yang terbuat dari besi. Oh ya, penggunaan teralis yang pintu kayu nggak sekedar demi faktor keamanan semata, kombinasi dua material berbeda ini bisa menampilkan permainan tekstur pada eksterior rumah.

Model Jendela yang Fungsional

Jendela untuk Eksterior Rumahfreshome.com

Model jendela yang tepat untuk eksterior rumah adalah model jendela yang paling merefleksikan gaya arsitektur bangunan secara keseluruhan. Namun mau seperti apapun gaya eksterior rumah yang kamu inginkan, apakah itu modern, kontemporer, atau minimalis, jendela tetap harus memiliki fungsi yang lengkap.

Artinya, cahaya natural yang berasal dari eksterior rumah bisa masuk secara optimal demi menjaga kenyamanan aktivitas di dalam rumah dan menyediakan ventilasi untuk memperlancar sirkulasi udara. Nggak ketinggalan, jendela rumah haruslah bisa memperlihatkan indahnya pemandangan di luar rumah dengan jelas.

Memilih Atap yang Tepat

Atap untuk Eksterior Rumaharchdaily.com

Elemen eksterior rumah yang satu ini bukan sekedar pelengkap estetik. Fungsinya sebagai pelindung bangunan jauh lebih krusial dari perannya sebagai pemanis eksterior rumah. Oleh karenanya, penting untuk kamu memilih material atap yang memiliki durabilitas tinggi, yakni tahan lama, tahan air, dan tahan terhadap sengatan sinar matahari.

Kamu bisa memilih berbagai material atap berkualitas dengan variasi harga yang berbeda-beda tentunya, mulai dari atap keramik, beton, atap galvalum, atap spandek hingga seng. Yang mana yang terbaik? Pilihlah material yang paling kuat menopang keseluruhan bangunan dan tahan terhadap kondisi cuaca di lingkungan sekitar. Dan tentunya, sesuaikan juga dengan kemampuan finansialmu.

Pencahayaan Jadi Prioritas

Pencahayaan untuk Eksterior Rumahfreshome.com

Sama halnya dengan pencahayaan di dalam rumah, pencahayaan untuk eksterior rumah juga nggak kalah penting. Dengan adanya pencahayaan yang baik, eksterior rumah bisa tampil lebih menarik karena pencahayaan ini membantu meng-highlight elemen-elemen arsitektur tertentu.

Selain itu pencahayaan eksterior rumah juga berfungsi menyamankan dan mengamankan penggunaan bangunan itu sendiri. Seperti pemasangan lampu taman yang memudahkan aktivitas luar ruang pada sore atau pun malam hari, dan sebagai penerang di sudut-sudut eksterior rumah yang gelap sehingga kamu tetap bisa memantau keadaan di luar rumah dari dalam dengan jelas.

Dengan mengenali 6 elemen eskterior rumah ini, hunianmu nggak hanya tampil menonjol di antara hunian lainnya, namun juga menyatu dan menjadi bagian dari lingkungan sekitar.

article_cicilan_0_percent
Voucher Dekohouse