6 Jenis Kolam Paling Umum, Kamu Sudah Tahu?

Artikel ini dibuat oleh tim konten Dekoruma. Setiap hari, kami menerbitkan cerita mengenai rumah, ikuti di sini.

Ingin menambahkan kolam di halaman atau bagian belakang rumah? Ada banyak ide desain kolam yang bisa kamu adopsi. Paling penting, kolam tersebut harus dibuat sesuai fungsinya supaya lebih efisien dan tidak menguras budget berlebih.

Di artikel kali ini, Kania akan membagikan referensi jenis-jenis kolam yang bisa digunakan untuk menghiasi hunian kamu. Untuk lebih lengkapnya, silahkan cek artikel di bawah ini, ya!

Kolam Ikan Koi

Kolam Ikan Koigoogle.com

Memelihara ikan koi di rumah dipercaya mendatangkan banyak dampak positif, seperti mengurangi stres dan mendatangkan keberuntungan menurut kepercayaan feng shui. Nah, kamu bisa membuat kolam koi di halaman rumah, bagian belakang rumah atau penghubung antara eksterior rumah dengan interior rumah dengan ukuran kolam yang memadai sehingga ikan koi bisa bergerak bebas. Namun pastikan, kamu harus memelihara dan membersihkan kolam secara teratur.

Kolam Mini

Kolam Minigoogle.com

Kolam mini atau mini pond menjadi solusi untuk hunian berukuran mungil. Ya, kamu bisa menambahkan kolam hias portabel ini di bagian taman, teras atau balkon untuk sebagai unsur dekoratif namun tetap memberikan kesan natural. Supaya lebih menarik, kamu juga bisa menaruh beberapa mini pond secara berdampingan dengan warna yang berbeda-beda.

Kolam Liar

Kolam Liargoogle.com

Ingin menciptakan suasana natural dan liar di dalam rumah? Kamu bisa menciptakan kolam liar yang berisikan berbagai tanaman dan air sehingga mendatangkan katak atau serangga untuk dijadikan sebagai tempat tinggal. Pastikan, kolam satwa liar tidak dilengkapi pompa, filter, bahan kimia dan memiliki variasi tanaman yang tepat untuk memberikan kandungan oksigen tinggi di dalam air.

Kolam Ikan

Selain ikan koi, ada banyak variasi ikan hias yang bisa kamu pelihara di rumah. Jika ingin membuat kolam ikan khusus, pastikan bahwa ukurannya sesuai untuk menampung ikan berdasarkan jenis, jumlah dan ukurannya.

Kolam Ikangoogle.com

Kamu bisa membuat kolam ikan dengan desain yang sesuai dengan eksterior rumah dan menambahkan unsur alam seperti batu dan tumbuhan supaya terkesan lebih natural. Pastikan kamu membersihkannya secara rutin untuk menjaga air tetap sehat dari limbah yang dikeluarkan ikan.

Kolam Renang

Kolam Renanggoogle.com

Kolam renang memberikan kesenangan pada semua penghuni rumah. Selain bisa dijadikan sebagai sarana olahraga untuk anggota keluarga, anak-anak pun akan senang untuk bermain di rumah karena terdapat kolam renang yang memadai.

Untuk membuat kolam renang, pastikan ukurannya telah disesuaikan menurut lahan yang tersedia dengan desain yang bisa dipadukan dengan bentuk bangunan rumah. Sementara itu, ada banyak sekali bahan yang akan digunakan untuk membuat kolam renang, di mana semakin besar ukuran kolam renang maka akan semakin mahal biaya pembuatannya.

Kolam Ornamen

Variasi terakhir adalah kolam ornamen. Jenis kolam yang satu ini bisa dibuat untuk menambahkan hiasan di rumah seperti air mancur mini. Kolam ornamen dengan air terjun biasanya dirancang berputar dengan pompa air yang dipasangkan di dalam kolam atau disembunyikan di bawah konstruksi air terjun. Agar lebih dramatis, kamu juga bisa menambahkan lampu kelip atau menggunakan kaca di tiap tepi undakan.

Kolam Ornamenpinterest.com

Selain material, ada sejumlah hal yang perlu kamu perhatikan dalam pembuatan kolam di rumah, seperti desain kolam yang sesuai dengan interior ataupun gaya bangunan, ukuran kolam yang disesuaikan menurut lahan dan fungsinya dan penentuan tata letak kolam.

Bagaimana, apakah kamu tertarik menciptakan suasana baru dengan membangun kolam di rumah? Jika kamu suka dengan artikel Kania di atas, silahkan bagikan artikel ini ke banyak orang, ya!

 

article_cicilan_0_percent
Voucher Dekohouse