Kenali 9 Jenis Batu Marmer Favorit paling Populer di Indonesia

Marmer merupakan salah satu material bangunan yang lazim digunakan di Indonesia. Baik sebagai eksterior ataupun interior bangunan. Sebagai pelengkap interior, penggunaan baru marmer juga sangat bervariasi mulai sebagai lantai marmer, dinding, table top, hingga sekedar elemen dekoratif.

Populernya penggunaan marmer ini tak lepas dari keindahan dari motif dan juga warna material alam satu ini. Tertarik untuk hadirkan keindahan dari material ini pada hunianmu? Yuk kenali terlebih dahulu berbagai jenis batu marmer untuk temukan jenis seperti apa yang paling tepat untuk sempurnakan interior hunianmu.

Berdasarkan komposisi, struktur dari baru marmer secara fisik mulai dari pola, warna, dan juga kandungan mineral, marmer bisa diklasifikasikan dengan sederhana menjadi 9 tipe berikut. Yuk disimak!

Statuary Marble

Marmer Statuarybohrer.co

Jenis batu marmer satu ini memiliki tampilan yang halus, putih serta bersih tanpa pola-pola dan tekstur yang kontras. Untuk kamu yang menginginkan tampilan elegan dan bersih, jenis batu alam satu ini bisa jadi pilihan untuk lengkapi interior hunianmu.

Architectural Marble

Marmer Architecturedezeen.com

Berbeda dengan tipe batu marmer sebelumnya, jenis batu marmer tipe satu ini memiliki visual warna dan juga tampilan tekstur serta pola-pola yang cukup beragam dan cenderung cukup menarik. Jenis marmer satu ini juga memiliki kekuatan dan nilai estetik yang tinggi sehingga paling sering digunakan sebagai material bangunan dan juga ornament-ornament arsitektural.

Ruin Marble

Ruin Marmerflickr.com

Batu marmer jenis ini memiliki tekstur yang lebih halus dan secara visual bisa terlihat kandungan kristal-kristal yang abstrak sehingga cukup sering digunakan sebagai elemen dekoratif. Tampilannya yang sangat kontras sebenarnya bisa menjadi nilai artistic yang menarik jika diaplikasikan dengan tepat.

Onyx Marble

Marmer Onyxglobusstone.com

Seperti layaknya batu onyx, jenis batu marmer satu ini memiliki tampilan sedikit jernih transparan dan terbentuk dari komposisi zat-zat organik dan juga kalsit. Jenis batu alam satu ini merupakan salah satu yang digemari karena identik dengan kemewahan dan juga nuansa elegan.

Breccia Marble

Breccia Marmermargraf.it

Ciri utama dari jenis batu marmer satu ini adalah tampilannya yang memiliki pola serta tekstur lebih kasar daripada material marmer pada umumnya. Hal ini membuatnya kerap menjadi pilihan untuk eksterior bangunan. Aksen yang dihasilkan oleh jenis batu satu ini juga cukup kuat dan berkarakter.

Cipolin Marble

Cippolin Marmercamita.club

Memiliki tampilan layaknya pola alur yang abstrak, jenis marmer satu ini kerap digunakan pada zaman dahulu pada bangunan-bangunan Yunani kuno. Batu marmer satu ini memiliki kandungan mika dan juga talk di dalamnya.

Limestone

Limestone Marmerlimestone.com

Karakteristik utama dari jenis batu satu ini adalah warnanya yang didominasi dengan tone beige dan kecokelatan yang natural. Jenis batu marmer satu ini kerap ditemukan pada bekas-bekas area basah tergenang air seperti danau atau sungai pada masa lampau yang telah mengering.

Shell Marble

Shell Marmerjigouxinxi.com

Jenis batu marmer satu ini bisa dikatakan cukup unik dan eksentrik karena terbentuk dari fosil-fosil. Tak heran tampilannya begitu artistik. Karena kelangkaannya, jenis batu alam ini kerap digunakan sebagai point of interest dari sebuah desain baik bangunan maupun interior.

Marmer Budidaya

Marmer Budidayadavidmeyer.info

Jenis batu marmer yang juga dikenal sebagai marmer buatan ini merupakan material yang terbuat dari campuran debu-debu batu marmer dan juga semen sehingga menghasilkan material yang menyerupai batu marmer.


Itulah ketujuh varian dari batu marmer yang memiliki sifat dan tampilan khas yang berbeda. Karena merupakan material alami, tak jarang batu satu ini sangat porus sehingga rawan memiliki bercak noda. Jadi, pastikan untuk selalu lengkapi pemasangan marmer dengan coating terbaik untuk melindunginya dari kerusakan.

Jadi, sudah temukan jenis dan tipe batu marmer seperti apa yang paling cocok untuk interior rumahmu?

article_cicilan_0_percent
Voucher Dekohouse