5 Tips Dasar Maksimalkan Pencahayaan Ruangan untuk Hunian Lebih Nyaman

Artikel ini dibuat oleh tim konten Dekoruma. Setiap hari, kami menerbitkan cerita mengenai rumah, ikuti di sini.

Sedang merancang rumah terbaik untuk keluargamu? Jika ya, ketahuilah jika pencahayaan ruangan adalah salah satu elemen yang penting namun kerap terlupakan. Penataan pencahayaan ruangan tak hanya akan mempengaruhi keseluruhan visual desain, tetapi juga kenyamanan bahkan faktor kesehatan dari ruangan tersebut.

Pencahayaan ruangan harus dirancang sesuai dengan kebutuhan dan aktivitas dari ruang. Pencahayaan ruangan yang buruk juga bisa memberikan dampak yang tidak baik mulai dari meningkatnya kelembaban ruangan yang berujung pada rusaknya perabotan yang tidak memiliki ketahanan terhadap kelembaban hingga tumbuhnya parasit dan bakteri yang akan menganggu kesehatan.

Lalu, bagaimana caranya mempersiapkan pencahayaan ruangan yang baik dan tepat untuk hunianmu? Simak tips memaksimalkan pencahayaan ruangan untuk ciptakan ruangan yang lebih nyaman berikut.

Utamakan Sumber Pencahayaan Ruangan yang Bersifat Natural

Pencahayaan Ruangan Naturalimpressiveinteriordesign.com

Sebelum masuk dan mengutak-atik sistem lampu untuk pencahayaan ruangan di rumahmu, mulailah dari memaksimalkan pencahayaan alami di ruangan tersebut. Pastikan setiap ruangan memiliki bukaan sebagai sumber pencahayaan ruangan yang natural. Jendela pintu, jendela rumah, bahkan skylight bisa jadi pilihan untuk sistem pencahayaan alami di rumahmu.

Berikanlah bukaan secukupnya untuk ruangan dengan kebutuhan cahaya cukup, dan maksimalkan jumlah bukaan juga memang ruangan tersebut membutuhkan pencahayaan ruangan dengan intensitas yang tinggi.

Lengkapi Pencahayaan Ruangan dengan Sistem Lampu

Pencahayaan Ruangan Lampufarreys.com

Setelah bukaan pada ruang telah kamu maksimalkan, lengkapi pencahayaan ruangan dengan lampu. Dalam memilih lampu, pastikan kamu memahami setiap fungsi dari bola lampu yang kamu gunakan, mulai dari lampu utama, lampu dekoratif, hingga lampu sorot.

Siapkan Beberapa Jenis Pencahayaan untuk Setiap Ruangan Utama

Pencahayaan Ruangan Berbeda Fungsimaterialicious.com

Untuk ruang-ruang utama dimana kamu akan banyak menghabiskan waktu, pastikan sistem pencahayaan ruangan memiliki beberapa mode yang bisa kamu gunakan sesuai dengan situasi dan kebutuhan.

Pastikan satu sistem pencahayaan ruangan utama untuk aktivitas utama, tambahkan hidden light atau spot light yang sedikit redup jika kamu hendak beristirahat, dan tambahan lampu-lampu hias lainnya. Dengan begitu sistem pencahayaan ruangan menjadi lebih fleksibel dan cocok untuk berbagai aktivitasmu.

Permainan Elemen Warna Interior dan Juga Warna Lampu pada Pencahayaan Ruangan

Pencahayaan Ruangan Warnahome-designing.com

Perlu kamu ketahui, warna dari cat interior juga akan mempengaruhi suasana pencahayaan ruangan, lho. Jika kamu menginginkan ruangan terang, gunakanlah warna-warna terang seperti putih, abu-abu muda, atau krem dengan lampu berwarna putih untuk buat pencahayaan ruangan yang terang.

Dan untuk ruangan yang redup dan warm, kamu bisa mengaplikasikan warna-warna earthy-tone dengan lampu berwarna kuning untuk hidupkan nuansa lebih hangat.

Sempurnakan Sistem Pencahayaan Ruangan yang Hemat Energi dan Ramah Lingkungan

Pencahayaan Ruangan Hemat Listrikfreshhome.com

Terakhir, jangan sepelekan sistem pencahayaan ruangan yang hemat energi dan ramah lingkungan. Tak hanya akan bantu berikan sistem pencahayaan ruangan yang lebih baik, memilih lampu yang ramah lingkungan bisa memotong tagihan rekening listrik rumahmu dalam jumlah cukup untuk kamu alokasikan pada aspek lain di hunianmu.


Kini kamu telah memiliki pencahayaan ruangan terbaik untuk setiap aktivitas di ruanganmu. Klik Dekoruma untuk temukan lebih banyak solusi untuk keperluan pencahayaan ruangan di rumah impianmu. Mulai dari berbagai pilihan bola lampu, kap lampu, hingga berbagai pilihan pencahayaan dekoratif yang akan bantu buat desain interior rumah menjadi lebih maksimal!

Selamat berkreasi dengan sistem dan desain pencahayaan ruangan di rumahmu!

article_cicilan_0_percent
Voucher Dekohouse