5 Fakta Menarik Soal Feng Shui untuk Hunian, Langsung dari Ahlinya!

Artikel ini dibuat oleh tim konten Dekoruma. Setiap hari, kami menerbitkan cerita mengenai rumah, ikuti di sini.

Prinsip feng shui sejatinya dapat diterapkan oleh siapa pun. Namun, luasnya cakupan ilmu feng shui nggak bisa dipelajari begitu saja dengan instan. Belum lagi dalam prakteknya, sering terjadi beberapa kebimbangan dan kesalahan. Sehingga apabila kamu ingin melakukan penataan rumah dengan aturan feng shui yang benar, kamu memang perlu berkonsultasi dengan ahlinya.

Kali ini, untuk membantumu melakukan penataan rumah dengan menggunakan prinsip feng shui, Kania telah merangkum fakta-fakta unik tentang feng shui yang berasal langsung dari pendapat para ahli.

1. Bukan berasal dari mitos, feng shui justru lahir dari prinsip ilmiah

17bhdmdesign.com

Banyak orang yang menganggap feng shui hanyalah kepercayaan kuno atau ajaran tradisional yang nggak lagi cocok dengan era modern yang serba ilmiah. Padahal prinsip kerja feng shui sendiri terinspirasi oleh mekanisme saintifik yang terjadi di dalam bumi.

Jen Nicomedes Stone, pendiri konsultan Feng Shui by Jen menjelaskan, sebagaimana dibuktikan oleh sains, feng shui meyakini bahwa bumi ini dialiri energi yang terus berputar secara konstan.

13bhdmdesign.com

Nah, feng shui bertujuan memperlancar aliran energi tersebut melalui pengendalian elemen-elemen alam seperti angin, air, tanah, dan api. Sirkulasi energi yang lancar akan membantumu memperoleh keseimbangan dan harmonisasi di dalam hidup.

2. Warna hitam bukan warna sial

bhdmdesign_1bhdmdesign.com

Penggunaan cat berwarna gelap atau hitam sering kali diyakini bisa mendatangkan nasib buruk. Joey Yap seorang ahli metafisika yang memiliki pengalaman selama 20 tahun di bidang feng shui menyatakan bahwa anggapan ini hanyalah mitos belaka.

download-1.jpgbhdmdesign.com

Ruangan yang didominasi interior rumah serba hitam memang terasa redup dan suram karena warna hitam menyerap cahaya yang ada disekitarnya sehingga mereduksi penerangan. Namun, apabila ruangan tetap mendapatkan pencahayaan, baik alami maupun artifisial dari lampu yang memadai maka penggunaan warna gelap bukan lagi sebuah masalah. Jadi, pakai cat warna hitam? Siapa takut!

3. Feng shui bisa mempertemukanmu dengan jodoh yang telah lama dinanti

1JacksonPark-5.jpgbhdmdesign.com

Banyaknya klien yang menceritakan masalah percintaan mereka membuat Marianne Gordon merasa lebih seperti seorang konsultan cinta ketimbang ahli feng shui. Namun, apa boleh buat. Meskipun feng shui nggak langsung memulihkan hubungan percintaan seseorang, ternyata trik feng shui rumah yang dilakukan Marriane cukup memuaskan kliennya.

download (2)bhdmdesign.com

Menurut Marianne, area corner atau sudut ruangan atau sudut rumah mempengaruhi kondisi hubungan sosial seseorang. Jika kamu ingin mempertahankan hubungan yang lagi mesra-mesranya jangan meletakkan bunga, bingkai foto, lukisan menggambarkan unsur air, cermin, wastafel, dan kloset  di sudut ruangan. Aturan feng shui ini juga tertera di dalam bagua map.

Lain untuk kamu yang masih single, menempatkan benda-benda yang berhubungan dengan elemen air di sudut ruangan justru dipercaya dapat menarik perhatian seseorang.

4. Feng shui dapur menentukan kesehatan dan keharmonisan hubungan keluarga

TheForge-21.jpgbhdmdesign.com

Masih berkaitan dengan hubungan percintaan, merawat keharmonisan di dalam rumah juga memiliki trik feng shui tersendiri. Berkaitan dengan feng shui dapur, dilansir dari Good Homes Magazine, Priya Sher ahli feng shui mengungkap energi yang mengalir di dalam dapur begitu vital fungsinya karena merepresentasikan kesehatan dan hubungan keluarga yang harmonis.

download-3.jpgbhdmdesign.com

Kompor yang dihadapkan langsung dengan tempat cuci piring bisa memicu pertikaian antara pasangan atau anggota keluarga lainnya. Masing-masing dari benda ini menjadi wakil dari dua elemen alam dalam feng shui, yakni api dan air, yang merupakan lawan dari satu sama lain.

Agar dapur tetap higienis, hindari menempatkan kompor langsung di bawah jendela atau di depan pintu yang mengarah ke luar rumah.

5. Cermin bisa menjadi simbol negatif

TheRennie-1bhdmdesign.com

Selama ini, cermin yang dipasang di atas tempat tidur atau sofa digunakan sebagai siasat untuk menciptakan ilusi agar ruangan terlihat lebih luas. Namun jika kembali pada fungsi cermin sebagai alat berhias, menurut Laura Benko, pakar feng-shui yang menulis seri laris The Holistic Home, cermin yang dipasang terlalu tinggi dapat mengurangi kepercayaan diri penggunanya. Saat bercermin kamu jadi sulit melihat dirimu sepenuhnya.

TheRennie-24bhdmdesign.com

Lauren juga menyarankan untuk mengganti furnitur yang mungkin bisa jadi simbol negatif buatmu. Seperti penggunaan furnitur tunggal, sofa satu dudukan, kasur berukuran single, atau menempatkan satu kursi tanpa meja, yang bisa menjadi penyebab kenapa kamu terus-menerus melajang.


Setelah membaca artikel tadi, apakah kamu jadi tertarik menata rumah sesuai feng shui? Jangan lupa baca artikel menarik lainnya hanya di dekoruma.com!

article_cicilan_0_percent
Voucher Dekohouse