Bunda, Sudah Tahu Serba-Serbi Humidifier untuk Bayi?

Artikel ini dibuat oleh tim konten Dekoruma. Setiap hari, kami menerbitkan cerita mengenai rumah, ikuti di sini.

Tinggal di negara tropis yang suhu udaranya begitu panas, memang membuat kita merasa nyaman jika berada di ruangan ber-AC sepanjang hari. Sayangnya ruangan ber-pendingin ruangan menciptakan udara kering yang membuat kita kurang nyaman saat bernafas. Jika tidak diatasi dengan segera, udara kering bisa memicu beragam penyakit seperti hidung tersumbat, iritasi kulit, mata gatal, bersin, dan asma. Bagi orang dewasa saja sudah cukup menyiksa, apalagi untuk para bayi yang masih sensitif? Nah, salah satu solusi yang paling tepat adalah menggunakan humidifier untuk bayi.

Bagi kamu yang sedang memiliki bayi dan masih asing dengan alat humidifier, coba simak dulu penjelasan singkatnya berikut ini!

1. Apa itu humidifier untuk bayi?

humidifier untuk bayigoogle.com

Humidifier untuk bayi adalah alat yang berfungsi untuk menjaga kelembapan udara di dalam ruangan. Ketika udara begitu kering, maka alat ini akan meningkatkan tingkat kelembapan. Humidifier untuk bayi ini perlu diisi dengan air sehingga alat bisa menyemburkan uap air ke seisi ruangan. Bayi pun jadi lebih nyaman untuk bernafas dan tentunya bebas dari penyakit.

Humidifier berbeda dengan air purifier yang fungsinya menjernihkan udara di dalam ruangan dengan cara menahan virus dan bakteri di dalam filter mesin. Jadi, jangan sampai salah paham atau salah beli ya.

2. Mengapa menggunakan humidifier untuk bayi?

Mengapa menggunakan humidifier untuk bayigoogle.com

Karena sistem pernafasan bayi lebih sensitif dibandingkan manusia dewasa dan frekuensinya juga lebih banyak yakni 40 kali dalam satu menit. Bisa dibayangkan betapa menderitanya si bayi jika harus menghirup dan berada di tengah udara yang kering di dalam ruangan ber-AC.

3. Manfaat humidifier untuk bayi

Manfaat humidifier untuk bayialibaba.com

Ada banyak masalah kesehatan yang bisa dihindari jika kamu menggunakan humidifier untuk bayi. Pertama adalah menghindari kulit dan bibir bayi menjadi pecah-pecah. Masalah kulit iritasi dan gatal-gatal juga bisa dihindari berkat humidifier ini.

Berikutnya adalah mengurangi gejala flu seperti bersin-bersin. Bagi bayi yang sudah terlanjur terserang flu, humidifier untuk bayi ini juga bisa membuatnya bernafas lebih lega tanpa masalah hidung tersumbat. Kalau sudah demikian, tidurnya pun menjadi lebih lelap dan bisa segera pulih dari flu.

Saat ini sudah ada beragam model humidifier untuk bayi yang bentuknya menggemaskan sehingga bisa dimanfaatkan juga sebagai dekor ruangan kamar bayi. Tidak terlalu penting sih, tapi tetap saja menggemaskan bukan? Letakkan humidifier di dekat tempat tidur bayi agar efeknya lebih terasa.

4. Apakah ada bahaya di balik penggunaan humidifier untuk bayi?

Apakah ada bahaya di balik penggunaan humidifier untuk bayigoogle.com

Dengan berat hati, jawabannya adalah ada. Beberapa di antaranya adalah humidifier bisa memicu pertumbuhan bakteri dan jamur. Mengerikan ya, jika bakteri dan jamur ini tercampur dalam uap air yang disemburkan ke seluruh ruangan kamar bayi. Oleh karena itu, kamu harus rutin membersihkan humidifier untuk bayi agar bakteri dan jamur enggan bersarang di dalamnya.

Sejumlah merek humidifier juga memiliki suara mesin yang cukup kencang saat dinyalakan. Hal ini tentunya akan membuat telinga bayi tidak nyaman. Pilihlah humidifier untuk bayi keluaran terbaru dengan model ultrasonik karena menggunakan mesin yang hampir tidak terdengar. Jangan ragu untuk mencoba mendengarnya sebelum membeli.

Sejumlah merek humidifier tidak dilengkapi dengan humidistat atau hygrometer sehingga kamu sulit mengontrol tingkat kelembapan. Hal ini seringkali membuat tingkat kelembapan di kamar bayi menjadi terlalu tinggi. Akibatnya bakteri dan jamur malah bertumbuh pesat dan struktur bangunan lebih cepat rusak.

5. Tips membersihkan humidifier untuk bayi

Tips membersihkan humidifier untuk bayidiynetwork.com

Agar humidifier untuk bayi ini bisa bekerja dengan maksimal dan bukannya menimbulkan masalah baru, kamu harus rutin membersihkan setidaknya tiap 3 hari sekali menggunakan cuka atau larutan hidrogen peroksida pada bagian tangki. Setelah itu bilas hingga benar-benar bersih menggunakan air.

Saat mengganti air humidifier untuk bayi, keringkan bagian tangki terlebih dahulu sebelum menuang air baru. Jangan mencampurkannya dengan air yang lama. Akan lebih baik lagi jika menggunakan air sulingan atau demineralisasi untuk mengurangi endapan mineral yang berpotensi memicu pertumbuhan bakteri di dalam humidifier untuk bayi.

Dengan demikian bayi dan anggota keluarga lainnya bisa menyejukkan diri di dalam ruang ber-AC tanpa perlu takut udara kering lagi. Selamat hidup sehat!

Temukan aneka produk kebutuhan rumah tangga terbaik hanya di Dekoruma! Dekoruma jual perabotan, furnitur, dan juga dekorasi untuk melengkapi hunianmu. Tak hanya itu saja, untuk keperluan sang buah hatimu, Dekoruma juga jual karpet lembut yang ramah anak dari merek Kamimi. Tunggu apa lagi? Yuk, langsung saja cari semua kebutuhan rumahmu di Dekoruma!

Voucher Dekohouse