Monstera, Tanaman Hias Indoor Penyejuk Ruangan

Artikel ini dibuat oleh tim konten Dekoruma. Setiap hari, kami menerbitkan cerita mengenai rumah, ikuti di sini.

Monstera merupakan jenis tanaman hias tropis yang tengah naik daun. Saat ini, monstera selalu dipakai sebagai dekorasi pelengkap pada beberapa konsep interior, seperti gaya minimalis dan Skandinavia.

Tanaman Hias Monsterapinterest.com

Padahal monstera sendiri merupakan tanaman rambat yang berasal dari hutan rimba yang terletak di wilayah Meksiko dan Guatemala. Namun dengan bentuk daun yang unik dan warna hijau mengilap yang ditampilkannya, nggak bisa dipungkiri bahwa monstera memang mampu mendatangkan atmosfer kesejukkan hutan tropis ke dalam ruangan

Sebelum memutuskan menghias rumahmu dengan tanaman hias monstera, ada baiknya untuk mengetahui karakteristik, cara perawatan, dan bahaya yang dimiliki monstera di bawah ini!

Daun berlubang jadi karakter khas tanaman hias monstera

Daun Tanaman Hias Monsterashutterstock.com

Monstera memiliki ukuran daun yang besar dan berbentuk hati. Warnanya hijau pekat dan permukaannya mengilap. Namun yang membuat monstera semakin menarik hati adalah lubang-lubang yang ada pada helai daunnya yang menjari.

Para peneliti berspekulasi bahwa lubang-lubang tersebut terbentuk karena monstera mengalami preforasi (proses  pelubangan akibat tetesan air) yang cukup intens.

Daun Tanaman Hias Monsterashutterstock.com

Jenis monstera yang sering digunakan sebagai tanaman hias adalah Monstera deliciosa. Terdapat varietas lain dari jenis monstera ini, yaitu variegata dengan warna daun yang putih kekuningan.

Simbol kesejahteraan dan umur panjang

Tanaman Hias Monsterapinterest.com

Monstera yang merupakan tanaman merambat dapat tumbuh pesat secara vertikal. Akar-akar yang tumbuh di sekitar batangnya (clinging root) juga memungkinkan monstera untuk bertumpu pada pohon dan medium lain.

Alasan inilah yang membuat kepercayaan tradisional Tiongkok menyakini bahwa monstera adalah simbol kemakmuran, kesehatan, dan penghormatan terhadap orang tua dan leluhur.

Tanaman hias dalam rumah yang mudah dirawat

Tanaman Hias Indoor Monsterashutterstock.com

Berbeda dari tanaman tropis kebanyakkan yang memerlukan cahaya matahari yang berlimpah, monstera justru cukup toleran dengan kondisi ruangan yang minim pencahayaan alami. Karena itulah monstera tergolong ke dalam tanaman hias indoor.

Ia juga tahan ditempatkan di area dengan pendingin ruangan. Jadi nggak perlu repot-repot memindahkan monstera dari dalam ke luar ruangan hanya demi mendapatkan cahaya matahari yang cukup.

Tanaman Hias Indoor Monsterashutterstock.com

Lingkungan yang sejuk mungkin membuatnya tumbuh lebih lambat, namun warna daunnya berubah menjadi lebih pekat dan indah dibandingkan saat tumbuh di ruang terbuka yang panas. Rata-rata suhu ruangan ideal untuk monstera adalah 23-30 derajat Celcius untuk siang hari. Dan di malam hari sebesar 15 derajat Celcius.

Selain mempercantik tampilan interior ruangan, menempatkan monstera juga dapat memperbaiki kualitas udara yang ada di dalam ruangan.

Monstera dapat diperbanyak dengan teknik setek batang

Budidaya Monsterashutterstock.com

Budidaya monstera terbilang cukup mudah. Cara memperbanyaknya dapat dilakukan dengan teknik vegetatif sederhana, yaitu setek batang. Batang monstera yang mengeluarkan akar-akar gantung mampu memproduksi akar sejati.

Medium yang digunakan umumnya berupa campuran tanah, pasir, dan kompos dengan perbandingan yang seimbang untuk masing-masing komponen. Namun nggak menutup kemungkinan monstera juga bisa tumbuh di medium cair seperti air.

Di awal masa tanam, pilih pemupukkan yang mengandung unsur nitrogen lebih tinggi dibandingkan unsur hara lainnya, salah satunya pupuk organik.

Cukup resistan terhadap serangan hama dan penyakit tumbuhan

Monsteragardenista.com

Monstera adalah salah satu tanaman hias yang relatif tahan terhadap serangan hama dan penyakit. Namun, bukan berarti  hal ini menyebabkan kamu lengah dan nggak melakukan pemupukkan berkala untuk merawatnya.

Pemupukan dengan pupuk majemuk dapat dilakukan minimal satu bulan sekali. Apabila terdapat daun monstera yang layu atau kering, kamu bisa segera memangkasnya agar tidak berefek pada daun yang lain.

Hati-hati terhadap racunnya!

Racun daun tanaman hias monsteragardenista.com

Meski memiliki tampilan yang menyejukkan mata, ternyata seluruh bagian dari monstera mengandung racun yang berbahaya, termasuk buah yang kadang muncul apabila monstera ditanam di tempat terbuka. Buahnya memiliki kandungan asam oksalat yang tinggi sehingga sangat berbahaya untuk dimakan.

Racun daun tanaman hias monsterathejoyofplant.co.uk

Begitupun dengan daun monstera, menelan daunnya dapat mengakibatkan rasa pahit dan iritasi di mulut, pelepuhan di tenggorokan, sampai aphonia atau kehilangan suara. Maka dari itu, jauhkan si kecil dan binatang peliharaanmu dari tanaman hias ini, ya.

Bagaimana apakah kamu tertarik menanam monstera di rumahmu? Kalau suka dengan artikel ini, jangan lupa share dan cek inspirasi desain lainnya di Dekoruma, ya!

Temukan beragam furnitur dan dekorasi kekinian untuk hunianmu di toko furniture online Indonesia, Dekoruma! Dekoruma jual tempat tidur, lemari pakaian, sofa, dan aneka furnitur serta dekorasi esensial lainnya.

Tak hanya itu saja, kalau kamu sedang mencari hunian baru, Dekoruma juga menyediakannya untukmu, lho! Kamu bisa menemukan properti baru dari berbagai daerah, seperti rumah baru di Jakarta Selatan, Depok, Tangerang, dan kawasan berkembang lainnya. Tunggu apa lagi? Yuk, wujudkan rumah impianmu bersama Dekoruma sekarang juga!

article_cicilan_0_percent
Voucher Dekohouse