Sulit Memilih Tali Makrame? Nih, Ada Tips Buat Kamu!

Artikel ini dibuat oleh tim konten Dekoruma. Setiap hari, kami menerbitkan cerita mengenai rumah, ikuti di sini.

Makrame merupakan kerajinan tangan yang menggunakan tali sebagai mediumnya. Selain sebagai aksesoris, makrame juga bisa menjadi unsur dekor di ruangan kesayanganmu. Dalam membuat makrame, kamu harus memperhatikan bahan utamanya, yaitu tali. Tali makrame memiliki beragam jenis bahan dan bentuk lilitan.

Untuk kamu yang baru memulai menggiati kerajinan ini, kesulitan mencari tali yang cocok adalah hal yang sering terjadi. Kali ini, Kania ingin membantu menjawab masalah kalian dalam memilih tali makrame yang sesuai dengan kebutuhan kalian. Yuk, kita simak di bawah ini!

1. Komposisi Material

Komposisi Tali Makramepinterest.com

Tali makrame berasal dari beragam bahan, mulai dari cotton, nylon, tali rami, polyester, kulit, hingga linen. Disarankan, bagi kamu yang masih pemula untuk memakai tali makrame berbahan nylon karena mudah untuk diurai ulang ketika kamu melakukan kesalahan saat membuat dekorasi makramemu. Faktanya, tali makrame berbahan nylon dan satin merupakan tali buatan manusia!

2. Lilitan Tali

Lilitan Tali Makramehomevibes.com.au

Terdapat tiga jenis lilitan tali makrame, yaitu lilitan berkepang,  tiga lilitan, dan satu lilitan. Tali makrame lilitan berkepang adalah tali yang berbentuk kepang yang cukup banyak. Tali makrame tiga lilitan adalah tali yang terdiri dari tiga lilitan yang dililit lagi hingga menjadi satu kesatuan. Tali ini kerap digunakan di kapal-kapal laut. Tali satu lilitan terdiri dari benang-benang yang dililit menjadi sebuah tali.

Jika kamu ingin membuat jumbai atau tassel, kamu bisa mengurai tali-tali tersebut dengan menyisirnya. Sebagai saran, ada baiknya bila kamu memakai lilitan yang berkepang. Meski sulit untuk diurai, kamu akan mendapatkan jumbai yang lebih bagus. Atau mungkin kamu tidak mau membuat jumbai, kamu bisa mencelupkan benangmu ke dalam lilin yang sudah mencair untuk mencegah tali mengurai dengan sendirinya.

3.  Kekuatan Tali

Kekuatan Tali Makrameshutterstock.com

Banyak dekorasi yang bisa dibuat menggunakan tali makrame, seperti gantungan pot bunga, alas tidur, dream catcher, gantungan, tirai, hingga penyangga rak buku. Khusus dekorasi yang berfungsi menopang barang, diperlukan tali makrame yang kuat. Kamu bisa menggunakan tali berbahan kulit, nylon, dan rami.

Selain itu, struktur tali juga mempengaruhi kekuatan tali makrame yang dipakai. Biasanya, tali yang kaku cukup kuat untuk menopang beban di atasnya. Tali lilitan berkepang cukup kaku dan kuat. Sama halnya dengan tali tiga lilitan. Hasilnya pun lebih berstruktur dan terlihat jelas nan rapi.

Meski begitu, keduanya kurang fleksibel sehingga mungkin kamu akan kesulitan saat ingin memutar atau membuat simpul tali sesuai pola makrame yang ada. Lain halnya dengan tali satu lilitan. Tali ini mudah untuk diputar-putar dan dibuat jumbai. Meski begitu, kekuatannya kurang baik dan hasil akhirnya terlihat kurang jelas dan berantakan.

4. Ukuran Tali

Ukuran Tali Makramemacramelovers.com

Satuan ukuran diameter yang dipakai adalah milimeter (mm). Dalam memilih tali makrame, kamu harus memperkirakan tebal tipisnya benang. Jika kamu ingin menghias dekorasi makramemu dengan manik-manik atau kancing, kamu harus memilih diameter tali yang besar. Biasanya, tali yang berukuran lebih dari 4 mm membutuhkan hiasan yang lebih besar.

Selain diameter, kamu juga harus memperkirakan panjang tali. Sesuaikan panjang tali makrame pilihanmu dengan dekorasi makrame yang akan kamu buat. Ingat, lebih baik kamu memiliki panjang tali yang berlebih agar bisa kamu gunakan di projek makrame selanjutnya.

5. Tekstur Tali

Tekstur Tali Makrameshutterstock.com

Hal terakhir yang kamu perlu perhatikan adalah tekstur tali makrame. Di antara banyaknya jenis dan tipe tali, ada beberapa yang bertekstur kasar dan tidak baik bagi kulitmu. Untuk dekorasi makrame yang hasilnya langsung bersentuhan dengan kulit seperti sarung bantal dan alas tidur, kamu bisa menggunakan tali berbahan nylon, sutera, rayon, katun, satin, dan kulit. Di sisi lain, kamu bisa menggunakan tali berbahan apapun untuk dekorasi yang dipajang seperi hiasan dinding, dream catcher, tirai, dan gantungan pot atau buku.


Itulah lima tips bagaimana cara memilih tali makrame yang tepat. Sebenarnya, pemilihan tali makrame tergantung pada dekorasi makrame yang kamu buat, apakah dijadikan sebagai pajangan saja, sering bersentuhan dengan kulit, atau membantu menopang barang. Semuanya kembali kepadamu. Semoga kamu menemukan tali yang cocok, ya!

article_cicilan_0_percent
Voucher Dekohouse