Tagihan Listrik Membengkak? Ikuti 7 Tips Hemat Listrik Ini!

Artikel ini dibuat oleh tim konten Dekoruma. Setiap hari, kami menerbitkan cerita mengenai rumah, ikuti di sini.

Hampir seluruh kegiatan rumah tangga membutuhkan sumber daya listrik. Aktivitas sehari-hari juga sangat bergantung pada penggunaan perangkat elektronik yang membutuhkan sumber daya listrik. Namun, seperti yang kamu tahu, listrik tidak diperoleh secara gratis. Saat kamu boros menggunakan listrik, maka jangan heran kalau tagihan bulananmu membengkak.

shutterstock_549848932shutterstock.com

Untuk menghindari pengeluaran tambahan ini, tidak ada salahnya mengikuti tips hemat listrik dari Kania ini. Hemat listrik tidak selalu harus mengubah kebiasaan kecil saja, gaya hidup hemat listrik juga bisa diterapkan dengan beralih menggunakan teknologi atau alat yang lebih ramah lingkungan bahkan merancang hunian dengan konsep green building.

1. Mengganti sumber energi dengan panel surya

shutterstock_294493310shutterstock.com

Salah satu cara hemat listrik adalah dengan memilih sumber daya energi alternatif, salah satunya adalah panel surya. Selain hemat listrik dan energi karena tidak memerlukan bahan bakar, panel surya juga tidak menghasilkan emisi gas yang dapat menimbulkan polusi.

shutterstock_72500704shutterstock.com

Jika kamu khawatir langkah hemat listrik ini malah mengurangi pasokan listrikmu, panel surya ternyata dapat menghasilkan jumlah listrik dalam jumlah besar. Cukup memenuhi kebutuhan listrik pada pagi dan malam hari. Malah kapasitanya dapat diatur dengan mengurangi atau menambah modul yang digunakan.

Kelebihan energi yang dihasilkan dapat diekspor ke PLN dalam bentuk deposit listrik.

2. Menghemat pemakaian lampu

shutterstock_1159398946shutterstock.com

Matikan lampu saat meninggalkan ruangan. Langkah hemat listrik yang satu ini sudah begitu sering diingatkan, namun tidak jarang juga dilupakan. Lampu yang dibiarkan menyala tetap menyedot pemakaian listrik secara menerus.

Membatasi penggunaan lampu di siang hari juga merupakan cara hemat listrik yang efektif karena kebutuhan pencahayaan di siang hari bisa dipenuhi dengan pemanfaatan cahaya alami.

3. Efisiensi penggunaan perangkat elektronik

shutterstock_778355596shutterstock.com

Beberapa perangkat elektronik rumah tangga, seperti kulkas dan mesin cuci, membutuhkan daya yang cukup besar untuk bisa berfungsi. Agar lebih hemat listrik, kurangi penggunaan pengering pada mesin cuci.

Manfaatkan panasnya matahari dan angin untuk menjemur pakaian. Sedangkan untuk kulkas, membersihkan kondesor secara berkala dan memastikan pintu kulkas selalu tertutup rapat bisa jadi langkah kecil untuk lebih hemat listrik.

4. Cabut steker atau colokkan listrik seusai menggunakan perangkat elektronik

shutterstock_470514494shutterstock.com

Kebiasaan buruk yang satu ini tanpa disadari bisa menjadi penyebab kenapa tagihan listrikmu melambung tinggi. Sama halnya dengan membiarkan lampu menyala, steker listrik yang masih terhubung pada saklar atau stop kontak tetap memakan daya listrik, disebut juga vampir listrik.

Langkah hemat listrik ini sebaiknya tidak hanya dilakukan setelah menggunakan perangkat elektronik saja, namun cabut juga charger seusai mengisi ulang daya smartphone dan laptopmu.

5. Gunakan lampu LED sebarang penerang ruangan

shutterstock_1058985566shutterstock.com

Lampu Light Emiting Diode (LED) merupakan alternatif penerangan berenergi rendah yang digunakan untuk lebih hemat listrik. Dibandingkan lampu pijar biasa, lampu LED dapat menghemat daya 50 hingga 75 persen.

Meskipun hemat daya, ketahanan lampu LED juga cukup menyaingi lampu pijar. Asalkan kamu menerapkan tips hemat listrik yang Kania sebutkan sebelumnya, lampu LED dapat menerangi rumahmu dalam jangka waktu yang panjang, kok.

6. Beralih ke teknologi inverter

shutterstock_581485771shutterstock.com

Pendingin ruangan (AC) merupakan perangkat elektronik yang paling menyedot penggunaan daya listrik di rumah, terutama AC konvensional. Namun, adanya teknologi inventer pada AC memungkinkan kamu untuk lebih hemat listrik dalam penggunaannya.

Kompresor AC inventer bekerja lebih efisien daripada kompresor AC konvensional yang menerapkan mekanisme kerja mati-nyala (on-off) yang mana memakai daya listrik yang lebih besar. Selain itu, AC inventer juga dilengkapi sensor mode hemat yang dapat mendeteksi keberadaan penggunanya.

Ingin lebih hemat listrik saat menggunakan pendingin ruangan? Atur suhunya agar tidak terlalu dingin dan sesuaikan kapasitas pk AC dengan volume ruangan.

7. Hemat listrik dengan cara alami

shutterstock_662092867shutterstock.com

Selain lebih efisien dalam pemakaian listrik atau pun beralih menggunakan energi alternatif lainnya, mengoptimalkan potensi alam juga bisa jadi siasat untuk lebih hemat listrik. Manfaatkanlah sinar matahari sebagai pencahayaan di siang hari, gunakan tirai berbahan tipis untuk menyaring cahaya yang masuk.

shutterstock_371245177shutterstock.com

Perhatikan juga arah hadap bangunan dan buatlah jalur ventilasi silang agar rumah tidak terisi oleh angin mati. Dengan begini, kamu jadi lebih hemat listrik karena ruangan yang terisi udara sejuk otomatis mengurangi kebutuhan pendinginan di siang hari.

Menerapkan gaya hidup hemat listrik sama artinya dengan menabung energi untuk masa depan, sekaligus membantu mengalirkan energi untuk rumah-rumah yang belum mendapatkan akses listrik. Yuk, sama-sama lebih hemat listrik!

article_cicilan_0_percent
Voucher Dekohouse