6 Lemari Dapur Praktis untuk Para Ibu

Artikel ini dibuat oleh tim konten Dekoruma. Setiap hari, kami menerbitkan cerita mengenai rumah, ikuti di sini.

Lemari dapur merupakan elemen pelengkap di area dapur. Fungsinya untuk menyimpan bahan makanan serta perlengkapan memasak. Biasanya lemari dibuat dalam ukuran besar supaya bisa menampung banyak barang, terlebih lagi jika si pemilik dapur suka memasak.

Agar lebih mudah menyimpan dan mengambil barang, para ibu membutuhkan lemari dapur yang praktis. Seperti apa lemari dapur praktis yang cocok untuk para ibu tersebut? Coba lihat beberapa desainnya berikut ini yang juga efisien dari segi pemakaian!

1. Lemari dapur sekaligus pembatas ruangan

Lemari dapur sekaligus pembatas ruanganhgtv.com

Jika kamu memiliki ruangan yang cukup luas, silahkan coba desain lemari dapur yang praktis ini. Dibuat dengan konsep built-in, lemari ini menjulang dari ujung lantai ke ujung langit-langit. Lemari dapur ini juga dilengkapi dengan sebuah pintu menuju bagian rumah lainnya.

Sangat cocok untuk kamu yang tidak ingin ruang dapur terlihat oleh tamu. Beberapa bagian dari lemari dapur ini menggunakan pintu kaca supaya kamu lebih mudah mencari suatu barang tanpa harus membuka semua pintu.

2. Lemari dapur dengan bukaan ke atas

Lemari dapur dengan bukaan ke ataspinterest.com

Bagaimana jika dapurmu berukuran kecil? Desain lemari dapur praktis adalah lemari dengan bukaan pintu ke atas. Dengan demikian kamu bisa membuka lemari tanpa khawatir harus mengenai objek lain di bagian bawah. Pada saat dibuka pun, pintu lemari dapur ini tidak akan mengganggu jalan orang.

Yang perlu kamu perhatikan dari lemari dapur ini adalah rutin membersihkan bagian engsel pintu agar tidak mudah berkarat serta pastikan engselnya bekerja dengan baik supaya tidak mudah terjatuh kembali saat mau dibuka. Sahabat Kania tidak ingin kepalanya terjeduk, kan?

3. Lemari dapur sekaligus tempat cooker hood

6 Lemari Dapur Praktis untuk Para Ibuhgtv.com

Agar sirkulasi udara di dalam dapur berputar dengan baik, kamu perlu menggunakan cooker hood yang fungsinya menghisap asap hasil memasak. Posisi yan paling tepat adalah di bagian atas kompor. Agar lebih praktis dan efisien, pasang saja cooker hood tersebut menyatu dengan lemari dapur yang ada di bagian atas dinding. Hitung-hitung sekaligus menyembunyikan pipa dari cooker hood sehingga tampilan dapur menjadi lebih rapi.

4. Lemari dapur bawah dengan rak tersembunyi

Lemari dapur bawah dengan rak tersembunyigoogle.com

Lemari dapur bagian bawah biasanya digunakan untuk menyimpan perlengkapan memasak yang berukuran besar serta menyembunyikan tabung gas. Tapi desain lemari dapur dengan rak tersembunyi yang satu ini ternyata cocok dijadikan tempat penyimpanan bumbu dapur.

Bentuknya seperti laci, hanya saja posisinya terbalik dan kamu bisa mengambil barang dari dua arah. Sangat efisien dan memudahkan para ibu yang kesulitan menjangkau barang di bagian atas.

5. Lemari dapur yang terbuka

Lemari dapur yang terbukapinterest.com

Mau lemari dapur yang sangat praktis? Jawabannya ya lemari dapur terbuka seperti ini. Saat ingin menyimpan dan mengambil barang, kamu tidak perlu repot membuka-tutup pintu. Desain lemari dapur seperti ini juga mampu menciptakan kesan ruangan yang lebih lapang. Tapi, kamu harus rajin membersihkan lemari dapur ini agar tidak menjadi sarang debu atau pun cicak.

6. Lemari dapur yang teroganisir dengan baik

Lemari dapur yang teroganisir dengan baikhomedit.com

Sebagus apa pun desain sebuah lemari dapur, mereka akan kalah dengan sebuah lemari yang terorganisir dengan baik karena sang pemilik bisa merasakan kepraktisan saat mencari barang. Hemat waktu dan tenaga juga, kan? Contoh saja lemari dapur untuk bahan makanan di atas yang dibagi atas jenis makanan. Bagian dalam pintunya juga dimanfaatkan sebagai area penyimpanan. Sangat praktis dan efisien.

Dari enam lemari dapur praktis yang sudah Kania berikan tadi, nomor berapa yang paling kamu butuhkan?

article_cicilan_0_percent
Voucher Dekohouse