Ingin Bangun Rumah, Tapi Budget Minim? Tenang, Ada Rumah RISHA

Artikel ini dibuat oleh tim konten Dekoruma. Setiap hari, kami menerbitkan cerita mengenai rumah, ikuti di sini.

Harga rumah yang terus melonjak setiap tahunnya tentu menjadi kekhawatiran tersendiri untuk kamu yang berencana memiliki rumah. Membangun rumah sendiri sepertinya juga bukan opsi terbaik untuk menghindari kenaikan harga rumah ini. Proses pembangunan rumah sendiri lebih tidak efektif karena ditakutkan akan memakan waktu dan biaya yang lebih banyak.

839-rishapinterest.com

Tapi, tahukah kamu tentang rumah RISHA (Rumah Instan Sederhana Sehat)? Balai Penelitian dan Pengembangan (Batlibang) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) sejak tahun 2004 lalu mengembangkan sebuah teknologi pembangunan rumah yang bisa dikerjakan secara cepat, praktis, dan dapat diperoleh dengan harga terjangkau. Melansir Kompas, hanya dengan 27 juta rupiah kamu bisa membangun satu unit rumah RISHA tipe 36.

Ingin tahu lebih dalam lagi mengenai rumah RISHA dan keunggulan lain yang dimilikinya? Simak penjelasannya di bawah ini!

Hunian murah yang teruji standar nasional (SNI)

Test_001pinterest.com

Proses perancangan rumah RISHA yang lebih praktis dibandingkan rumah pada umumnya dapat menekan biaya produksi. Biaya pembangunan yang murah ini lantas berhasil menarik perhatian berbagai kalangan. Semula rumah RISHA diperuntukkan untuk masyarakat berpenghasilan rendah, namun kian lama rumah RISHA mulai menggaet kalangan menengah, pengusaha, dan milenial muda.

Meskipun murah, kualitas ketahanan rumah RISHA telah memenuhi standar rumah layak huni dari SNI. Mengutip laman eproduklitbang.pu.go.id, kini rumah RISHA telah didirikan di lebih dari 60 wilayah di Indonesia dengan jumlah ratusan ribu unit.

Konstruksi dari material sederhana yang berkualitas

downloadeproduklitbang.pu.go.id

Rumah RISHA menggunakan beton bertulang – campuran pasir, semen, dan kerikil – sebagai  material struktur utamanya. Sedangkan untuk lantai, konstruksi yang digunakan adalah balok loteng dan papan kayu (multipleks). Kualitas material ini terjamin karena diproduksi secara pabrikasi.

Ada 3 jenis panel yang menyusun struktur rumah RISHA. Panel 1 berbentuk balok, panel 2 berbentuk kolom, dan panel 3 berbentuk siku, difungsikan untuk mengunci rangka di bagian sudut. Di setiap panelnya terdapat tiga lubang mur dan baut yang digunakan untuk menyambung panel-panel yang berbeda.

downloadeproduklitbang.pu.go.id

Setelah dihubungkan, panel-panel ini dapat membentuk satu modul rumah RISHA minimal berukuran 3 x 3 m. Namun ukuran standar ini dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan anggaran yang kamu miliki. Untuk memperluas ukuran modul, kamu tinggal menabah panel saja.

Pembangunan dan instalasi rumah RISHA lebih mudah dan cepat

unnamedpinterest.com

Karena rumah RISHA dibangun menggunakan konsep bongkar-pasang (knock-down) waktu pengerjaannya pun menjadi lebih singkat. Komponennya yang berukuran modular juga memudahkan proses perancangannya.

Dalam pengerjaannya, untuk membangun satu unit rumah RISHA hanya dibutuhkan 3 orang saja dan untuk pembangunan satu modul rumah RISHA berukuran 3 x 3 meter dapat dikerjakan dalam waktu 24 jam.

Rumah RISHA jadi solusi hunian tahan gempa

risha-tipe-rit-1puskim.pu.go.id

Sejumlah peristiwa gempa bumi yang terjadi di Indonesia akhir-akhir ini pastinya cukup meresahkan kita semua. Pasalnya, Indonesia memang berada di wilayah potensi gempa tinggi sehingga perlu dilakukan upaya untuk meminimalisir kerusakan yang diakibatkan gempa. Salah satunya dengan membangun rumah tahan gempa.

Struktur rumah RISHA mampu menahan gempa berkekuatan 8 skala ricther (SR) dan 8 Modified Mercalli Intensity (MMI). Di beberapa wilayah pasca-bencana gempa, seperti Aceh dan Nias, rumah RISHA digunakan sebagai pemulih pemukiman yang hancur.

Rumah RISHA mudah dikembangkan

unnamed (1)pinterest.com

Struktur rumah RISHA yang tersusun dari komponen modul memungkinkan untuk melakukan perluasan dan penambahan lantai, tanpa perlu mengubah struktur bangunan awal. Meskipun begitu, rumah RISHA memiliki kapasitas maksimal untuk masing-masing lantainya. Lantai rumah RISHA hanya dapat menampung beban 125 kg/m2.

download (1)eproduklitbang.pu.go.id

Oleh karenanya, sebisa mungkin kamu tidak melakukan perubahan fungsi ruangan di rumah RISHA, seperti mengubah ruangan yang semula difungsikan sebagai kamar tidur menjadi perpustakaan, gudang, dan area kantor yang menyimpan banyak barang.

Dengan adanya rumah RISHA, membangun rumah dengan biaya murah dan waktu pengerjaan yang cepat kini bukan lagi angan-angan. Butuh inspirasi dan tips home and living lainnya? Jangan ragu untuk baca artikel lainnya di dekoruma.com!

article_cicilan_0_percent
Voucher Dekohouse