Sulap Sudut Rumah Kamu dengan 7 Mantra Ini untuk Perayaan Akhir Tahun yang Sensasional

Posted by Kania Dekoruma on December 23, 2016

 

Masih ingat dessert corner yang Kania buat saat acara 17 Agustus-an kemarin? Kania nggak menyangka kalau berbekal dengan dekorasi super simpel itu, makanan ringan dan minuman yang biasa jadi terlihat sangat cantik. Teman-teman Kania juga suka banget dan ingin Kania membuat sesuatu yang serupa lagi.

Karena itu, di perayaan akhir tahun ini, Kania kembali mendedikasikan sebuah sudut di rumah Kania menjadi semacam dessert corner. Nah bedanya, karena perayaan kali ini Kania mau sekalian mengadakan nonton bareng, Kania memilih mengisi mejanya dengan minuman. Sedangkan untuk makanan ringan seperti popcorn dan chips nanti akan Kania letakkan di area nonton.

 

COCKTAIL.jpg

 

Baik itu makanan maupun minuman, mendekorasi sebuah meja saji itu hampir mirip sih prinsipnya. It can be a bit tricky. Apa yang ada di bayangan kita belom tentu sama dengan hasilnya nanti. Karena itu, ada baiknya sebelum kamu mulai mendekor, kamu membuat sketsa kasarnya terlebih dahulu.

Nah, mumpung masih ada waktu untuk mempersiapkan dekorasi meja saji untuk Tahun Baru nanti, Kania punya beberapa tips untuk kamu. Ini dia beberapa hal yang harus kamu perhatikan sebelum mulai mendekor meja saji!

 

IMG_0228.JPG

 

  1. ADA TITIK FOKUS. Biasanya meja saji memiliki focal point yang umumnya diletakkan di tengah. Contohnya kalau di dessert table ada kue 3 tingkat. Nah, kalau untuk meja minuman, kamu mungkin bisa menaruh minuman yang menjadi bintang utamanya.

 

  1. SUSUN DENGAN DINAMIS. Yang membedakan meja saji dengan meja biasa adalah bentuk penyusunannya. Jangan sampai datar ya! Meja saji harus memberikan efek tinggi-rendah. Untuk memberikan efek ini, kamu bisa menggunakan berbagai benda. Contohnya kamu bisa menggunakan cake stand alias alat saji kue, buku, kotak atau gabus yang dibungkus kertas atau kain, crate atau peti kayu, dan sebagainya.

 

  1. YANG TINGGI DI BELAKANG. Usahakan untuk menaruh barang yang lebih tinggi di belakang. Sedangkan nampan yang berbentuk datar sebaiknya ditaruh di bagian depan saja. Hal ini supaya makanan atau minuman yang ditaruh di wadah datar tidak tertutup oleh benda lain. 

 

IMG_0243.JPGIMG_0683.JPG

 

  1. MAIN ILUSI MATA. Hehe, yang Kania maksud dengan ilusi mata di sini adalah memberikan dimensi pada barang yang kita taruh di meja saji. Contohnya kalau untuk makanan, kamu bisa menancapkannya ke tusukan supaya terlihat tinggi. Untuk minuman, kamu bisa menambahkan sedotan atau hiasan berupa potongan buah segar. Atau, kamu juga bisa menggunakan gelas yang kakinya tinggi.

 

  1. ISI DENGAN APA SAJA. Walaupun meja saji ini tujuan utamanya untuk menyajikan makanan dan minuman, bukan berarti kamu harus mengisi penuh semuanya. Kamu bisa menambahkan dekorasi sebagai elemen pendukung. Contohnya untuk meja saji minuman, kamu bisa menaruh sedotan, pengaduk minuman dan sendok panjang. Kamu juga bisa menambahkan dekor sesuai dengan tema acara. Untuk acara Tahun Baru ini, Kania menambahkan topi pesta dan terompet.

 

IMG_0657.JPGIMG_0267.JPG

 

  1. TULISKAN NAMANYA. Makanan dan minuman yang kamu sajikan di hari-H mungkin saja asing bagi beberapa tamu undanganmu. Nah, ketimbang ditanya terus-menerus, lebih baik kalau kamu menuliskan nama masing-masing makanan dan minuman yang tersedia. 

 

  1. MUNDUR BEBERAPA LANGKAH untuk melihat hasil akhir dari dekorasi meja saji kamu. Apabila ada minuman yang ketutupan atau posisinya terlihat aneh, kamu bisa menyesuaikannya lagi sebelum tamu kamu datang.

 

Itu dia beberapa hal yang Kania pelajari setelah beberapa kali mendekor meja saji. Oh iya, satu hal yang tidak boleh terlewatkan adalah menaruh taplak meja dan table runner di atas meja kamu. 

 

Untuk memeriahkan suasana, kamu bisa menambahkan dekorasi dinding sebagai tambahan. Kali ini, Kania menambahkan balon-balon, bendera dari kertas berbentuk segitiga dan juga untaian tassels atau rumbai-rumbai dari kertas. Tentunya Kania masih menggunakan nuansa warna hitam, putih dan emas sesuai dengan tren dekorasi Natal dan Tahun Baru di tahun 2016.

 

TROLLEY.jpg

 

Terakhir, untuk botol-botol minuman, kamu bisa menempatkannya di troli. Supaya minuman kamu tetap dingin, kamu bisa menaruh es batu di dalam pot atau ember dan meletakkanya di atas troli. Kalau kamu ingin membawa minumannya kemana-mana, tinggal dorong trolinya deh. Alternatifnya, kamu juga bisa membawanya dengan nampan.

Semoga beberapa tips ini bisa menginspirasi kamu untuk menciptakan meja saji yang sensasional di acara akhir tahun nanti.

 

Selamat berpesta!