14 Jenis Tanaman Sri Rejeki Berdaun Cantik, Mana Favoritmu?

Artikel ini dibuat oleh tim konten Dekoruma. Setiap hari, kami menerbitkan cerita mengenai rumah, ikuti di sini.

Ragam Jenis Sri Rejeki yang Elok untuk Mempercantik Hunian

Tanaman sri rejeki adalah salah satu tanaman yang digemari oleh masyarakat Indonesia karena perawatannya mudah dan memiliki daun bercorak indah. Tak perlu membeli satu pot karena tanaman ini bisa dibudidayakan lewat stek daun. Ada juga yang bilang kalau tanaman ini pun bisa membawa keberuntungan bagi orang yang memeliharanya.

Percaya atau tidak, bukan menjadi masalah karena tanaman yang satu ini memang layak dipelihara dari sisi penampilannya. Agar rumahmu semakin cantik, yuk mulai pilih beberapa dari 14 macam tanaman sri rejeki berikut ini!

1. Sri Rejeki Sinar Bulan

Sri rejeki sinar bulaninstagram.com/faukahhouse79

Sri rejeki sinar bulan disebut-sebut sebagai salah satu tanaman terbaik di nusantara. Daunnya memiliki warna hijau keputihan dan tulang daunnya berwarna merah. Bentuknya bulat sedikit memanjang dengan cekungan. Jika tertimpa cahaya, daunnya akan terlihat seperti tanaman hias daun bergelombang karena teksturnya yang unik.

2. Sri Rejeki Bidadari

Sri rejeki bidadari
tokopedia.com

pinterest.com

Tanaman sri rejeki yang satu ini pantas saja diberi nama bidadari, pasalnya daun-daun ini memiliki warna yang begitu cantik bak bidadari. Warna daunnya merupakan perpaduan warna dari hijau dan merah muda. Sedangkan bagian batangnya berwarna merah.

Daunnya memiliki ujung yang meruncing dan tulang-tulang daunnya memiliki garis yang tegas. Jenis yang satu ini juga memiliki daun yang tumbuh tidak beraturan sehingga terlihat begitu rimbun.

3. Sri Rejeki Legacy

Sri rejeki legacypinterest.com

Tidak mau kalah cantik dari jenis bidadari, sri rejeki legacy pun tampil dengan perpaduan warna hijau pada daun dan merah yang lebih gelap pada tulang daun. Bentuk daunnya lonjong dan meruncing pada bagian ujungnya. Pada beberapa bibit tanaman jenis ini, daunnya memiliki semburat berwarna putih sehingga tampilannya menjadi lebih lembut.

4. Sri Rejeki Pride of Sumatra

Sri rejeki pride of Sumatrablogspot.com

Jenis berikutnya adalah pride of Sumatra. Sesuai dengan namanya, seri rejeki yang satu ini memang berasal dari Sumatra. Jika tanaman sri rejeki pada umumnya memiliki warna hijau dan merah, maka pride of Sumatra ini memiliki warna merah tua pada daun dan merah muda pada tulang daunnya. Warna ini membuatnya terlihat eksotis sekaligus elegan.

5. Sri Rejeki Lipstik

Sri rejeki lipstikinstagram.com/elshitashop_bunga

Daun sri rejeki lipstik memiliki bentuk yang memanjang dengan ujung runcing dan tekstur yang bergelombang. Pemberian nama lipstik berasal dari warna merah yang menghiasi pinggiran daun dan batangnya. Sangat cantik dan elegan, kan?

6. Sri Rejeki Red Kochin

Sri rejeki red kochininstagram.com/delisdeliis

Sri rejeki red kochin atau biasa dikenal dengan nama cochin ini didominasi dengan warna merah muda. Pada beberapa daun, ada yang memiliki warna hijau tua. Bagian tulang daunnya berwarna putih yang membuatnya terlihat lembut. Daunnya bulat meruncing dan memiliki tangkai panjang sehingga daun-daun ini menjuntai secara alami.

7. Sri Rejeki Dud Anjamani

Sri rejeki dud anjamaniinstagram.com/faukahhouse79

Salah satu macam sri rejeki yang populer di kalangan pecinta tanaman adalah dud anjamani. Warna daunnya sangat unik. Daun yang bentuknya bulat meruncing ini didominasi warna merah mudah dengan bingkai berwarna hijau, serta bercak-bercak tipis yang tidak beraturan. Daun yang ukurannya tidak terlalu besar ini akan terlihat semakin cantik jika terkena paparan sinar.

8. Sri Rejeki Lady Valentine

Sri rejeki lady valentineinstagram.com/lisnadewilara

Sekilas sri rejeki lady valentine tampak mirip dengan dud anjamani, hanya saja warnanya lebih muda. Bagian tulang daunnya terlihat jelas karena ada semburat warna hijau. Daunya juga memiliki bentuk yang lebih panjang dan sedikit bergelombang.

9. Sri Rejeki Cutlass

sri rejeki cutlassrudysgreenhouses.com

Sri rejeki cutlass memiliki ciri daun yang panjang dan lancip di bagian ujungnya sehingga mirip dengan pisau belati. Warna permukaan daun dari jenis yang satu ini adalah putih kehijauan dengan semburat hijau tua. Sementara, pinggiran daunnya sama dengan warna semburat tersebut. Kamu bisa meletakkan jenis tanaman yang cantik ini di luar ataupun dalam ruangan.

10. Sri Rejeki Emerald Bay

sri rejeki emerald bayjoannsgreenhouse.com

Hampir mirip dengan jenis cutlass, sri rejeki emerald bay ini memiliki permukaan daun yang berwarna putih keabu-abuan dengan pinggiran berwarna hijau tua. Hanya saja, pada bagian tengah daun tidak ada semburat ataupun corak. Meski demikian, tampilannya sangat menawan, bukan? Uniknya, jenis yang satu ini sangat toleran terhadap cahaya yang rendah sehingga dapat tetap hidup dan bertumbuh di dalam ruangan.

11. Sri Rejeki Widuri Putih Super

sri rejeki widuri putih superfacebook.com

Nah, berikutnya ada tanaman sri rejeki widuri putih super yang bentuk daunnya membulat dan berukuran cukup besar sehingga terlihat sangat elok. Daging daunnya sendiri tebal. Sementara itu, permukaan daunnya berwarna putih kekuningan dengan pinggiran warna hijau tua.

12. Sri Rejeki Silver King

sri rejeki silver kingplants.shopsteins.com

Sri rejeki silver king memiliki motif yang tidak beraturan pada bagian daunnya. Warna permukaannya sendiri hijau muda terang hampir menyerupai kuning pucat, sementara motif atau bercaknya berwarna hijau muda pekat.

Uniknya, jenis yang satu ini dapat menumbuhkan bunga. Namun, bunganya memiliki banyak serbuk sari sehingga perlu dipertimbangkan oleh kamu yang memiliki alregi.

13. Sri Rejeki Silver Queen

sri rejeki silver queenpinterest.com

Selain mirip namanya, ciri daun dari sri rejeki silver queen ini pun mirip dengan jenis silver king, di mana terdapat motif pola berwarna hijau pada daunnya. Hanya saja, permukaannya lebih cenderung ke warna perak. Dalam pertumbuhannya, jenis yang satu ini dapat tetap bertumbuh dengan baik dalam keadaan cahaya yang sedikit.

14. Sri Rejeki Harlequin

sri rejeki harlequinfacebook.com

Terakhir, ada jenis harlequin yang sangat atraktif. Bagaimana tidak, jenis yang satu ini memiliki kombinasi warna daun merah muda, hijau, dan hijau kekuningan sehingga terlihat lebih semarak. Bentuk daunnya sendiri agak membulat. Tak lupa, ada pula corak-corak tak beraturan pada pemukaan daun yang turut mempercantik sri rejeki harlequin.

Apakah kamu sudah menentukan macam sri rejeki yang cocok untuk menghiasi rumah? Kalau sudah, saatnya untuk mempersiapkan budget karena bibit tanaman ini dibanderol mulai dari 90 ribu hingga 200 ribu rupiah tergantung dari macamnya. Selamat menanam tanaman Sri Rejeki!

Kamu sedang mencari kasur baru untuk di kamar tidurmu? Kamu bisa menemukan berbagai jenis kasur dari merek-merek ternama di Dekoruma! Dekoruma jual kasur King Koil, Lady Americana, dan The Luxe,  tiga merek kasur yang tak perlu diragukan lagi kualitasnya.

Selain jual kasur, Dekoruma juga menyediakan aneka properti untuk tempat tinggal atau sarana berinvestasi, lho! Kamu bisa menemukan hunian dijual dari berbagai daerah, seperti rumah dijual di Tangerang Selatan, Jakarta Timur, Depok, dan kawasan berkembang lainnya. Tunggu apa lagi? Yuk, wujudkan rumah impianmu bersama Dekoruma sekarang juga!

article_cicilan_0_percent
Voucher Dekohouse