Tingkatkan Kualitas Hidup, Ikuti 7 Trik Desain untuk Rumah Tropis Ini!

Artikel ini dibuat oleh tim konten Dekoruma. Setiap hari, kami menerbitkan cerita mengenai rumah, ikuti di sini.

Bermukim di wilayah tropis membuat pemilik hunian perlu menerapkan siasat-siasat desain tertentu agar dapat menciptakan hunian yang nyaman untuk ditinggali. Konsep hunian tropis kemudian diterapkan untuk mengadaptasi lingkungan yang memiliki radiasi matahari, curah hujan, dan kelembapan yang tinggi.

Fasad Rumah Tropisarchdaily.com

Selain itu, konsep rumah tropis juga dapat menjawab berbagai persoalan yang muncul saat membangun hunian di permukiman padat, seperti keterbatasan lahan dan kebutuhan ruang terbuka. Namun, bentuk rekayasa bangunan ini tidak menganggap kondisi alam tropis sebagai sebuah permasalahan, melainkan melihatnya sebagai potensi yang menguntungkan.

Singkatnya, desain yang diterapkan rumah tropis dapat merespon alam dengan baik sehingga memberikan dampak positif bagi pemiliknya. Lantas, seperti apa siasat yang bisa dilakukan untuk mengoptimalkan potensi alam melalui konsep rumah tropis?

1. Kurangi suhu panas dengan meninggikan plafon

Plafon Tinggi untuk Rumah Tropisdecoist.com

Besarnya pasokan sinar matahari yang masuk ke dalam rumah dapat membuat ruangan terasa panas. Dengan meninggikan plafon, volume ruang di rumah tropis jadi lebih besar sehingga udara dapat bergerak dengan bebas.

Udara panas yang memiliki masa lebih ringan akan mengumpul di bagian atas plafon sehingga bagian bawah ruangan pun dialiri udara dingin yang lebih berat massanya. Plafon rumah tropis dapat ditinggikan sampai 3 meter.

2. Ciptakan rongga di rumah tropis

Innercourt Rumah Tropisarchdaily.com

Konsep rumah tropis juga mengandalkan rongga atau ruang-ruang terbuka di dalam hunian sebagai jalur sirkulasi udara.  Hadirkan ruang terbuka di tengah rumah tropis dengan menyisipkan taman dalam rumah, innercourt, ataupun void rumah.

Void Rumah Tropisarchdaily.com

Ketiga elemen ini selain bisa menambah kesejukkan di rumah tropis, juga dapat dinikmati keindahannya. Saat ruang luar tidak lagi bisa dimanfaatkan untuk ruang terbuka hijau, jadikan rongga rumah tropis ini sebagai sarana untuk berinteraksi dengan alam.

3. Limpahi ruangan dengan cahaya dari bukaan lebar

Bukaan Rumah Tropisarchdaily.com

Bukaan lebar pada rumah tropis memasok cahaya alami yang dapat dimanfaatkan untuk kebutuhan penerangan di pagi dan siang hari. Pemanfaatan ini dapat mendorong pemilik rumah untuk lebih menghemat pemakaian listrik.

Selain mendatangkan cahaya alami, bukaan lebar pada rumah tropis juga menambah suplai oksigen di dalam ruangan. Udara segar yang dibawa bukaan pun dapat mencegah ruang-ruang lembap di rumah tropis.

4. Alirkan udara melalui ventilasi silang

Ventilasi Silang di Rumah Tropisarchdaily.com

Ventilasi atau lubang udara yang dipasang pada satu bidang saja hanya akan menghasilkan angin mati. Namun, ventilasi tidak hanya perlu diletakkan pada dua bidang yang berhadapan.

Variasikan juga tinggi ventilasi silang di rumah tropis agar angin masuk dari lubang yang lebih rendah dan keluar di lubang yang lebih tinggi. Dengan begini orientasi angin dapat diarahkan dengan baik sehingga udara dapat bersirkulasi lebih dulu di dalam ruangan rumah tropis.   

 5. Hadirkan nuansa natural dengan material alami

Penggunaan Material Alami di Rumah Tropishome-designing.com

Maksimalkan kesan natural di rumah tropis dengan menggunakan material alami, seperti kayu, bambu, rotan, dan material logam baik untuk elemen bangunan, furnitur maupun dekorasi.                                                                         

Kolaborasi beberapa material alami ini bisa langsung diterapkan di dalam satu ruang bersamaan dengan desain bangunan yang mengikuti kaidah arsitektur tropis.  Penggunaan material alami di rumah tropis dapat menciptakan ikatan kuat antara alam, bangunan, dan pemiliknya.

6. Tambah kesejukkan dengan pepohonan dan kolam

Pepohonan di Luar Rumah Tropisarchdaily.com

Lingkupi area luar rumah tropis dengan susunan tanaman hias dan pepohonan untuk menciptakan daerah bayangan. Daerah bayangan di rumah tropis ini dapat menyaring udara kotor sekaligus menjadi peredam kecepatan angin.

Aksesoris taman seperti kolam hias turut berperan dalam menambah kesejukan di sekitar rumah tropis. Penguapan air kolam akibat panas matahari menciptakan iklim mikro yang mendinginkan suhu di area dekat kolam.

7. Percantik fasad rumah tropis dengan elemen pelindung

Aksesoris Fasad Rumah Tropisarchdaily.com

Selain memberikan proteksi tambahan pada bangunan rumah tropis, terutama bagian eksteriornya, elemen pelindung seperti roster beton, kanopi rumah, atau kisi-kisi kayu dapat menyajikan permainan tekstur yang menarik pada bagian fasad.

Eksplorasi juga penggunaan material lainnya, seperti pot tanaman dari besi yang disusun sebagai tabir untuk rumah tropis. Instalasi pelindung memengaruhi pengudaraan di rumah tropis. Saat suhu ruangan lebih adem, pemiliknya pun tidak lagi bergantung dengan pendingin ruangan.

Aksesoris Fasad Rumah Tropishome-designing.com

Ketujuh siasat ini bila diterapkan dapat menghasilkan desain rumah tropis yang tanggap lingkungan. Hasilnya memberikan efek jangka panjang yang membuat pemiliknya lebih hemat energi. Alhasil, rumah tropis jadi naungan di mana pemilik dapat menjalani hidupnya dengan lebih baik.

article_cicilan_0_percent
Voucher Dekohouse