Sebelum Membeli Penjernih Udara, Ketahui Kriteria Air Purifier Terbaik Ini!

Artikel ini dibuat oleh tim konten Dekoruma. Setiap hari, kami menerbitkan cerita mengenai rumah, ikuti di sini.

Udara yang bersirkulasi di dalam rumah belum tentu terbebas dari polusi. Apalagi jika tinggal di wilayah perkotaan yang tingkat polusi udaranya tinggi. Udara kotor dari luar rumah dapat dengan mudah masuk mengontaminasi udara bersih di dalam rumah. Permasalahan ini bisa diatasi dengan memilih air purifier terbaik untuk menyaring udara kotor sehingga menghasilkan aliran udara bersih.

Air Purifier Terbaikpinterest.com

Namun tidak semua alat penjernih udara termasuk ke dalam air purifier terbaik. Beberapa malah memiliki fungsi yang kurang lebih sama dengan pendingin ruangan ataupun exhaust fan, padahal kegunaan ketiganya jelas berbeda. Tidak ingin salah membeli? Mari ketahui kriteria air purifier terbaik di bawah ini!

Berbeda dengan AC dan exhaust fan, air purifier terbaik bekerja dengan filter

Air Purifier Terbaikshutterstock.com

Banyak yang menyangka pendingin ruangan (AC) dan exhaust fan memiliki fungsi yang sama dengan air purifier. AC memang berfungsi menambahkan udara dingin ke dalam ruangan, tapi tidak menghasilkan oksigen. Sementara, exhaust fan merupakan sistem ventilasi rumah yang mengeluarkan bau, asap, dan udara panas dari dalam ke luar ruangan. Kedua peranti ini pun beropreasi menggunakan freon.

Perbedaan Air Purifier Terbaik dan Exhaust Fanshutterstock.com

Sedangkan air purifier menyedot udara kotor di dalam ruangan, lalu menyaringnya melalui komponen filter yang dimilikinya sehingga menghasilkan udara bersih di dalam ruangan. Namun idealnya, demi menciptakan hunian tinggal yang nyaman dan rumah sehat, ruangan sebaiknya dilengkapi pendingin ruangan, exhaust fan, dan air purifier secara langsung.

Tidak sekedar menghasilkan udara bersih, udara dari air purifier terbaik juga menyehatkan

Menikmati udara bersih dari Air Purifier Terbaikshutterstock.com

Debu yang menempel di sofa, bulu-bulu hewan peliharaan, dan bau kotorannya adalah sumber polusi yang dapat membahayakan anggota keluarga yang memiliki penyakit asma atau alergi. Menjadikan kondisi rumah tidak sehat.

Air purifier terbaik tidak hanya melepaskan partikel-partikel udara kotor saja dalam proses penyaringannya. Air purifier terbaik mampu memproduksi udara bersih yang menyehatkan sehingga aman dihirup oleh penghuni rumah. Penggunaan air purifier terbukti efektif meredakan alergi dan penyakit asma.

Air purifier terbaik menggunakan HEPA (High Efficiency Particulate Air) sebagai filternya

Sistem Filter Air Purifier Terbaikpinterest.com

Pastikan kamu membeli air purifier dengan filter HEPA. Melaui teknologi penyaringan elektrostatik dan ionisasi, sistem penyaringan HEPA lebih efektif menangkap polutan membahayakan kesehatan tubuh, sekaligus partikel yang lebih halus yang tidak dapat disaring oleh sistem filter air purifier standar. Untuk memaksimalkan keunggulan filter HEPA, air purifier terbaik selayaknya menggunakan air untuk mengoprasikan sistem filternya.

Air purifier terbaik memiliki nilai Clean Air Delivery Rate (CADR) yang tinggi

 Air Purifier Terbaik pinterest.com

CADR adalah kemampuan air purifier untuk memproduksi dan mendistribusikan udara bersih ke seluruh ruangan. Semakin tinggi nilainya maka semakin banyak udara bersih yang dihasilkan, dan semakin cepat intensitas penyaringanya. Untuk air purifier terbaik, nilai CADR semestinya berkisar 17-20, sesuai dengan standar uji internasional Minimum Efficient Reporting Value (MERV).

Udara Bersih dari Air Purifier Terbaikpinterest.com

Sekalipun CADR-nya bernilai tinggi, banyak juga air purifier terbaik yang menghasilkan zat ozone yang membahayakan. Zat ozone ini dapat menjadi polutan lepas yang mereduksi kualitas udara bersih yang di hasilkan air purifier.

Air purifier terbaik dilengkapi dengan fitur humidifying

Fitur Humidifying pada Air Purifier Terbaikshutterstock.com

Fitur humidifying memberikan fungsi tambahan pada air purifier, yaitu menjaga kelembapan ideal di dalam ruangan (50-60%) secara otomatis. Tingkat kelembapan ideal di dalam ruangan dapat mengusir bakteri dan jamur dan menghentikan gangguan kesehatan, seperti mata, hidung, dan tenggorokan yang kering. Sederhananya, air purifier terbaik sebaiknya juga dapat difungsikan sebagai air humidifier.

Air purifier terbaik lebih praktis digunakan

Air Purifier Terbaik untuk Bayipinterest.com

Akan semakin sempurna jika air purifier terbaik yang kamu pilih dilengkapi dengan berbagai fitur tambahan. Beberapa diantaranya adalah, fitur wireless yang membuat kamu dapat mengontrol penggunaan air purifier terbaik dari jauh melalui gawai dan fitur penangkal nyamuk yang cocok untuk menjaga si kecil tidur nyenyak di malam hari.

Namun semakin canggih fitur yang terpasang pada air purifier, maka semakin tinggi juga kocek yang perlu kamu keluarkan untuk memperoleh air purifier terbaik.

Air purifier terbaik mampu mencakup setiap sisi ruangan

Cakupan Ruang Air Purifier Terbaik pinterest.com

Semakin besar ruangan maka dibutuhkan air purifier dengan kapasitas CADR yang lebih tinggi. Untuk ruangan berukuran 30 m2 diperlukan air purifier dengan kapasitas CADR sebesar 200.

Namun sebesar apapun kapasitas CADR-nya, air purifier terbaik tidak dapat berfungsi optimal secara menerus apabila tidak dilakukan perawatan pada filternya. Filter, tangki, dan komponen lainnya perlu dibersihkan minimal sebulan sekali dan penggantian filter perlu dilakukan dalam 6 bulan sekali.

Dengan menggunakan air purifier terbaik, kualitas udara ruang dapat terjaga dengan baik. Udara di dalam ruangan terbebas dari polutan dan terjamin bersih dan menyehatkan.

Temukan beragam dekorasi dan furnitur untuk hunianmu di Dekoruma! Selain itu, Dekoruma juga menyediakan aneka jenis kasur dengan berbagai pilihan material dan merek ternama untuk menemani tidur nyenyakmu. Dekoruma jual kasur Comforta, King Koil, Lady Americana, dan The Luxe. Tunggu apa lagi? Yuk, lengkapi semua kebutuhan rumahmu bersama Dekoruma!

article_cicilan_0_percent
Voucher Dekohouse