Kenalan Dengan Particle Board, Material Primadona Ramah Lingkungan

Artikel ini dibuat oleh tim konten Dekoruma. Setiap hari, kami mempublikasikan cerita mengenai rumah, ikuti disini.

Walaupun particle board sudah sangat populer di dunia interior dan bisa ditemukan di berbagai furnitur high-end, masih banyak yang kurang memahami seluk beluk dari material primadona particle board. Saatnya untuk mencari tahu soal bahan kayu pabrikan ini sekaligus menelaah manfaat, keunggulan dan sisi particle board yang ramah lingkungan.

Apa itu Particle Board?

Particle Boardgoogle.com

Particle board tidak jauh pembahasannya dari apa yang dinamakan kayu lapis modern atau plywood. Kayu lapis terbuat dari potongan kayu atau veneer dengan ketebalan di bawah 3 mm yang direkatkan secara bersamaan, umumnya dengan adhesif dan mesin press bertekanan tinggi. Hasilnya adalah potongan kayu lapis dalam berbagai ukuran yang bisa diolah lebih lanjut untuk kebutuhan interior, furnitur, flooring dan masih banyak lagi.

Particle board sendiri merupakan salah satu jenis kayu lapis yang muncul pada akhir tahun 1940-an saat ada kekosongan kayu untuk bahan plywood. Particle board menjadi alternatif yang mudah diakses karena menggunakan kombinasi bahan-bahan daur ulang, misalnya sisa potongan kayu, serpihan dan serbuk kayu yang dikompres secara bersamaan.

Karakteristik Particle Board

Karakteristik Particle Board

  • Particle board adalah salah satu  jenis kayu pabrikan yang paling terjangkau dibandingkan dengan produk kayu lainnya.
  • Lapisan particle board lebih padat dan seragam dibandingkan dengan kayu pabrikan konvensional lainnya.
  • Walaupun lebih padat, particle board punya karakteristik ringan dan tidak sangat tangguh dibandingkan dengan kayu pabrikan fiber lainnya, misalnya HDF atau MDF.
  • Particle board bisa dicat atau dilapisi dengan ekstra veneer pada permukaan untuk menambah keindahannya.
  • Semakin padat particle board, maka semakin dibutuhkan tenaga dan resistensi saat memasang bor atau sekrup.

Penggunaan Particle Board

Particle board sering digunakan untuk keperluan furnitur dan aplikasi interior. Kalian akan jarang menemukan particle board pada area-area yang rentan  basah atau lembap karena particle board umumnya tidak tahan akan cuaca. Namun dari segi harga, particle board lebih terjangkau dan cukup diminati.

Perusahaan furnitur raksasa IKEA adalah salah satu pelopor yang mempopulerkan penggunaan particle board untuk rumah tangga. Produk-produk furnitur seperti meja, rak, kabinet TV atau rak buku hasil kelola dari particle board bukan hanya tahan pakai, mudah dibentuk namun juga cukup terjangkau.

Penggunaan Particle Boardgoogle.com

Untuk penggunaan konstruksi, particle board lebih cocok untuk proyek interior, misanya alas flooring, panel dinding, atau plafon rumah. Particle board juga akan lebih awet jika digunakan di ruang yang terventilasi dengan baik, sepanjang tidak terkena percikan hujan atau lembab.

Karena particle board punya fitur insulasi thermo-akustik, maka penggunaan particle board juga awan ditemukan pada produk speaker atau langit-langit tambahan di auditorium, teater dan sebagainya.

Murah Hingga Ramah Lingkungan, Keunggulan Particle Board

Keunggulan terbesar dari particle board adalah efektif dari segi biaya, terutama jika dibandingkan dengan plywood atau MDF. Particle board juga bisa dilaminasi atau dipasang dengan veneer untuk tampilan yang lebih dekoratif dan atraktif.

Permukaan particle board yang licin dan rata menjadikannya cukup tahan dan bisa dilapisi untuk berbagai keperluan. Particle board jenis laminate kini sudah sering ditemukan sebagai bahan dasar furnitur perkantoran dengan produksi massal.

Murah Hingga Ramah Lingkungan Keunggulan Particle Boardarchiexpo.com

Dari segi struktur, particle board tidak mudah bengkok atau berubah bentuk. Bobotnya yang ringan juga menjadikan particle board mudah ditransportasi dan ditangani untuk proyek-proyek interior.

Jika dibandingkan dengan MDF, kapasitas daya tahan sekrup juga lebih baik pada particle board. Tidak heran jika banyak furnitur yang lebih memilih menggunakan particle board, baik untuk ukuran kecil maupun besar.

Perawatan particle board juga mudah dan gampang dibersihkan. Terakhir dan tak kalah penting, particle board juga lebih ramah lingkungan karena pembuatannya yang menggunakan sisa bahan daur ulang dari kayu, seperti potongan kayu, serpihan dan serbuk kayu, ataupun sisa tebu yang sudah diekstrak.