Polikarbonat Saat Membangun Rumah, Perlu atau Tidak?

Artikel ini dibuat oleh tim konten Dekoruma. Setiap hari, kami mempublikasikan cerita mengenai rumah, ikuti disini.

Polikarbonat adalah salah satu jenis dari material plastik yang sering dijumpai saat pembangunan rumah. Polikarbonat ini digemari banyak orang karena memiliki beragam keunggulan dibandingkan dengan plastik jenis lain, salah satunya adalah tahan panas. Selain untuk keperluan rumah, material ini juga digunakan untuk CD dan kacamata.

Dilihat dari spesifikasinya, apakah kamu memerlukan polikarbonat saat membangun rumah? Bagi kamu yang penasaran, langsung saja simak pembahasannya berikut ini!

1. Sekilas tentang polikarbonat

Polikarbonatasiatoko.com

Polikarbonat terdiri dari polimer dengan gugus karbonat. Sifatnya mirip dengan akrilik, hanya saja lebih kuat dan tahan panas. Material ini akan mulai bereaksi pada suhu 150 derajat Celcius dan betul-betul meleleh pada suhu 300 derajat Celcius.

2. Bentuk penggunaan polikarbonat untuk rumah

Polikarbonat Saat Membangun Rumah, Perlu atau Tidak?gardenstoredirect.com

Material polikarbonat bisa digunakan untuk beragam keperluan. Di antaranya anak tangga, partisi, kanopi, dinding green house, hingga lantai. Untuk anak tangga, kamu perlu menggunakan polikarbonat dengan ketebalan minimal 16 mm agar kuat dan nyaman dipijak. Warnanya yang transparan akan menyempurnakan tampilan modern futuristik pada rumah.

Sedangkan untuk partisi, kanopi, dan dinding green house, polikarbonat ini pilihan yang tepat karena sifatnya yang bening. Cahaya matahari masih bisa menyinari bagian bawah atau dalam, tapi tidak terlalu silau karena sinarnya akan terpendar. Jika menggunakan lampu tambahan, tata letak yang tepat akan menciptakan bias cahaya yang unik.

3. Polikarbonat sebagai pengganti kaca

Polikarbonat Pengganti Kacayoutube.com

Sekali lagi, karena sifatnya yang bening polikarbonat mulai dilirik sebagai pengganti kaca. Daya tahannya lebih kuat dari kaca sehingga keselamatan penghuni rumah jadi lebih terjaga. Anak-anak bebas berlarian tanpa perlu khawatir menabrak jendela dan terkena pecahan kaca. Orang tua pun bisa merasa lebih tenang membiarkan anak bermain. Polikarbonat ini juga bisa digunakan sebagai kaca pembatas area shower di kamar mandi karena sifatnya yang tahan air dan tidak mudah meleleh jika terkena suhu tinggi.

4. Kelebihan polikarbonat

Kelebihan Polikarbonatgoogle.com

Polikarbonat memiliki bobot yang ringan sehingga mudah dipindahkan ke mana saja. Meski begitu daya tahannya lebih kuat dibandingkan dengan kaca dan bahan akrilik. Warna yang tersedia juga cukup banyak sehingga sang pemilik rumah bisa menyesuaikannya dengan warna interior atau eksterior secara keseluruhan.

Harga polikarbonat juga lebih murah dibandingkan dengan kaca sehingga kamu bisa menghemat pengeluaran. Polikarbonat sering disebut sebagai material rumah ramah lingkungan karena jika sudah tidak digunakan bisa didaur ulang dan mengurangi sampah bangunan. Hal ini terbukti karena polikarbonat sudah mendapatkan pengakuan dari Greenship atau Rating Bangunan Hijau. Material ini tahan air sehingga bisa diletakkan di luar rumah atau di dalam kamar mandi.

5. Kekurangan polikarbonat

Polikarbonat Saat Membangun Rumah, Perlu atau Tidak?kezzabeth.co.uk

Meski daya tahannya lebih kuat dari kaca, polikarbonat tetap bisa tergores akibat benda tajam dan paparan sinar matahari terus menerus. Hal ini sebenarnya bisa diatasi menggunakan pelapis khusus, tapi sayang harga pelapis tersebut cukup mahal.

Material polikarbonat disebut awet dalam jangka waktu panjang, namun tidak berlaku untuk warnanya. Jika terpapar sinar matahari terlalu lama, warnanya akan memudar dalam waktu sekitar 10 tahun. Pemasangannya juga harus dilakukan dengan tepat agar tidak ada celah untuk jamur berkembang biak. Jika sudah muncul jamur, maka akan sulit dibersihkan.

Demikian sekilas pembahasan tentang polikarbonat. Untuk perawatan polikarbonat di luar rumah kamu perlu memberi pelapis khusus agar permukaannya tidak mudah tergores akibat debu dan paparan sinar matahari, sedangkan polikarbonat yang ada di dalam rumah bisa dibersihkan secara berkala menggunakan kain lembut dan air.

Jadi, kamu perlu polikarbonat atau tidak nih?