5 Jenis Tanaman Aglaonema Cantik dan Cara Merawatnya

Artikel ini dibuat oleh tim konten Dekoruma. Setiap hari, kami menerbitkan cerita mengenai rumah, ikuti di sini.

Jika kamu sedang mencari ide tanaman hias untuk dalam rumah, coba deh melirik yang namanya tanaman aglaonema atau Sri RejekiTanaman Aglaonema adalah salah satu jenis tanaman dekoratif yang cantik, dengan variasi warna daun dari hijau pekat hingga keperak-perakan, dan semburat merah yang memikat. Jenisnya juga cukup banyak dengan cara perawatan yang tidak sulit pula. Jadi, jangan tunggu lagi dan pilih jenis tanaman aglaonema incaranmu sekarang juga!

1. Tanaman Aglaonema Adelia

Tanaman Aglaonema Adelia
flickr.com

Diambil dari nama kolektor tanaman hias di Manila, Adelia Angeles, tanaman aglaonema Adelia memiliki daun berujung runcing dengan warna merah menyala. Jenis tanaman Aglaonema ini berdaun besar, mengkilat dan tampil wah karena kombinasi warna merah-hijau yang intens.

Tanaman Aglaonema Adelia bisa tumbuh mencapai 30 cm, terutama jika menggunakan tanah yang gembur. Cara merawat tanaman Aglaonema ini adalah dengan menempatkan pada daerah yang semi-panas dan tidak terpapar sinar matahari secara langsung. Penyiraman harus dilakukan secara berkala dalam jumlah air sedang, dan disarankan dilakukan penyemprotan (misting) di bagian daun sesuai kebutuhan.

2. Tanaman Aglaonema Cinta

Tanaman Aglaonema Cinta
blogspot.com

Sesuai namanya, tanaman Aglaonema Cinta identik dengan ungkapan kasih sayang atau tanda cinta kasih. Sebagai salah satu tanaman Aglaonema hiasan paling favorit, warna daunnya ditandai dengan kombinasi hijau, kuning, oren dan pink yang serba ornamental.

Untuk mendapatkan bentuknya yang anggun dan cantik sebagai tanaman indoor, tanaman Aglaonema sangat tahan terhadap suhu ruangan dan bisa kalian tanam sendiri tanpa banyak kesusahan.

Tempatkan saja bibit tanaman Aglaonema Cinta ke pot berukuran sekitar 20-50 cm pada media berupa tanah dan humus. Lakukan penyiraman 1-2 kali sehari dan berikan pupuk sekali dalam sebulan. Cukup menempatkan tanaman Aglaonema Cinta sejenak di luar rumah agar mendapatkan sinar matahari, selanjutnya tanaman hias ini akan tumbuh hingga kurang dari 100 cm pada ketinggian maksimumnya.

3. Tanaman Aglaonema Emerald

Tanaman Aglaonema Emerald
lowes.com

Tanaman Aglaonema Emerald didominasi oleh warna hijau pekat dengan gurat hijau pucat dan putih pada bagian daunnya. Sama dengan tanaman Aglaonema lainnya, Emerald tidak membutuhkan banyak sinar matahari. Meski begitu, tanaman ini tidak dianjurkan ditaruh pada suhu ruangan yang terlalu rendah. Hal ini disebabkan karena tanaman Aglaonema Emerald cukup sensitif dan tidak memiliki toleransi yang baik pada suhu dingin. Supaya media tanah pada tanaman Aglaonema milikmu tetap dalam kondisi ideal, buat lubang drainase di bagian bawah pot.

4. Tanaman Aglaonema Claudia

Tanaman Aglaonema Claudia
deskgram.com

Untuk tanaman Aglaonema Claudia, karakteristiknya ditandai dengan permukaan daun yang berwarna hijau pucat atau hijau kekuning-kuningan. Bukan cuma struktur daunnya yang rapi dan tersebar rata, komposisi letaknya juga sangat teratur.

Di negara asalnya—Thailand—tanaman Aglaonema Claudia bisa diletakkan berdekatan dengan jendela rumah tanpa harus khawatir akan layu atau kering. Imbangi dengan penyiraman rutin setiap hari dan pemupukan sekali sebulan.

5. Tanaman Aglaonema Moonlight

Tanaman Aglaonema Moonlight
instagram.com

Ditandai dengan daun yang berukuran besar dan lebar, tanaman Aglaonema Moonlight memiliki warna hijau yang lembut dengan guratan warna merah jambu yang manis di sekitar tulang daunnya. Karena bentuk daunnya yang glossy atau mengkilap, namanya terinspirasi dari terpaan cahaya yang seakan bersinar terang.

Supaya tanaman Aglaonema Moonlight tidak menguning atau kering, pastikan media tanah yang digunakan memiliki tingkat pH Netral (6-7). Berikan pupuk alami dan lakukan penyiraman setiap hari sesuai dengan kelembapan media dalam tanah. Gunakan air bersih dan bebas kaporit supaya pertumbuhan tanaman Aglaonema bisa maksimal.

Cantik-cantik banget, ya semua jenis tanaman aglaonema di atas? Selain cantik, aglaonema juga dipercaya sebagai tanaman pembawa hoki untuk pemiliknya, lho. Dari semuanya, mana yang mau kamu tanam di rumah? Selamat menanam!

Temukan ragam furnitur berkualitas dengan harga bersahabat hanya di Dekoruma! Dekoruma jual meja rias, laci, sofa, rak tv, lemari pakaian, hingga tempat tidur dengan model dan ukuran yang bervariasi. Selain furnitur, Dekoruma juga jual Calista, merek kotak makan ternama yang tak perlu diragukan lagi kualitasnya. Yuk, langsung saja kunjungi laman Dekoruma!

article_cicilan_0_percent
Voucher Dekohouse