Ini 9 Tanaman Pengusir Nyamuk Paling Berkhasiat!

Artikel ini dibuat oleh tim konten Dekoruma. Setiap hari, kami menerbitkan cerita mengenai rumah, ikuti di sini.

9 Tanaman Pengusir Nyamuk Paling Ampuh

Tidak hanya berguna untuk menambah estetika rumah, tanaman juga memiliki guna lainnya. Ada yang berguna sebagai bahan memasak, ada juga sebagai tanaman obat dan pengusir serangga. Berbicara mengenai serangga, pastinya kamu nggak asing dengan serangga bernama nyamuk. Ya, nyamuk sudah sering ada di sekitar kita atau dalam kata lain musuh bebuyutan.

Dengan menggunakan tanaman tertentu, kamu bisa melawan nyamuk bahkan mengusirnya dari rumah. Ada beberapa tanaman pengusir nyamuk yang bisa kamu pakai dan tanam di pekarangan atau di dalam rumah. Tanaman-tanaman ini sudah sejak lama dipercaya khasiatnya dalam mengusir nyamuk, bahkan membunuhnya. Yuk, intip sembilan tanaman pengusir nyamuk pilihan Kania di bawah ini!

1. Lavender

Tanaman Pengusir Nyamuk Lavenderunsplash.com/@iriser

Tanaman pengusir nyamuk ini pasti sudah nggak asing lagi di telinga kamu. Bunga Lavender berbentuk semak atau pohon kecil. Bunganya yang berwarna ungu ini bisa ditanam di dataran berketinggian 500-1300 mdpl. Semakin tinggi posisinya, semakin tinggi pula kualitas minyak yang dihasilkan tanaman pengusir nyamuk ini.

Lavender dikenal juga sebagai tanaman antiseptik dan antijamur. Selain itu, tanaman pengusir nyamuk ini mengandung linalool dan lynalyl asetat. Kedua zat ini mampu mengusir keberadaan nyamuk.

Maka dari itu, lavender sering digunakan sebagai bahan dasar lotion anti nyamuk. Selain baunya yang nggak disukai nyamuk, kamu juga bisa menggosok langsung tanaman pengusir nyamuk ini di kulit kamu.

2. Zodia

Tanaman Pengusir Nyamuk Zodiashutterstock.com

Zodia erat kaitannya dengan penduduk di Papua. Tanaman pengusir nyamuk ini kerap digunakan penduduk Papua sebelum memasuki hutan. Biasanya mereka mengosokkan zodia pada tubuh mereka. Meski erat dengan penduduk Papua, kamu nggak harus jauh-jauh mencari zodia ke sana karena tanaman pengusir nyamuk ini sudah ada di Pulau Jawa.

Zodia memiliki tinggi 0,3-2 meter dengan panjang daun dewasa 20-30 cm. Zodia cocok ditanam di ketinggian 400-1000 mdpl. Sama dengan tanaman pengusir nyamuk lainnya, zodia juga punya zat yang dibenci nyamuk.

Zat tersebut bernama evodiamine dan rutaecarpine. Meski berguna sebagai pengusir nyamuk, zodia juga berkhasiat untuk menambah stamina dan mengobati malaria.

3. Rosemary

Tanaman Pengusir Nyamuk Rosemarypixabay.com/Hans

Tidak hanya sebagai bahan memasak, rosemary juga bisa menjadi tanaman pengusir nyamuk. Aromanya seperti aroma minyak telon atau minyak kayu putih. Konon katanya, tanaman pengusir nyamuk ini tahan terhadap panas matahari, penyakit, dan hama.

Bau yang dihasilkan rosemary mampu membuat nyamuk pusing dan kehilangan kendali akan inderanya. Kamu cukup menggosok tanaman pengusir nyamuk ini di kulit kamu sehingga nyamuk nggak bakal berani dekat-dekat kamu lagi.

4. Geranium

Tanaman Pengusir Nyamuk Geraniumshutterstock.com

Salah satu tanaman gantung terbaik, Geranium, juga dikenal dengan nama tapak dara. Jenis tanaman pengusir nyamuk ini memiliki tinggi 20-60 cm dan mampu bertahan selama tiga sampai lima tahun. Geranium bisa dikembangbiakkan dengan cara stek tanaman batang. Kamu hanya perlu memotong batangnya, lalu menanamnya di tanah.

Tanaman pengusir nyamuk ini mengandum zat geraniol dan sitroneol yang mudah terbawa angin. Bau ini juga tidak disukai nyamuk sehingga bunga hias gantung ini menjadi salah satu tanaman pengusir nyamuk.

5. Serai wangi

Tanaman Pengusir Nyamuk Serai Wangipinterest.com

Sama dengan rosemary, tanaman pengusir nyamuk ini terkenal sebagai bahan memasak dan bahan minuman. Serai wangi pun juga bisa mengusir nyamuk. Serai wangi bisa tumbuh di segala iklim dan jenis tanah.

Tanaman pengusir nyamuk yang berbentuk seperti rumput liar ini memiliki zat geraniol yang bisa mengusir nyamuk dan sitronnellol yang bisa membunuhnya. Nggak heran, serai wangi sering menjadi bahan dasar lotion nyamuk dan aroma terapi.

6. Catnip

kumpulan daun hijau catnipherbco.com

Catnip merupakan tanaman yang sering digunakan untuk membuat kucing bertingkah lucu dan menjadi lebih aktif. Tanaman catnip mengandung minyak nepetalactone yang sangat tidak disukai oleh nyamuk sehingga catnip dapat digolongkan ke dalam tanaman pengusir nyamuk.

Kamu bisa menanam tanaman pengusir nyamuk catnip ini di teras depan atau halaman belakang agar nyamuk enggan masuk ke dalam rumahmu. Catnip dapat tumbuh tinggi sehingga kamu harus lebih rutin untuk memangkasnya agar tetap terlihat rapi.

7. Lemon Balm

tanaman pengusir nyamuk lemon balmamazon.co.uk

Tanaman lemon balm yang tidak berbunga ini berasal dari golongan tumbuhan mint lamiaceae. Biasanya, tanaman lemon balm ini dimanfaatkan sebagai minuman dan bahan obat. Akan tetapi, tak hanya itu saja, tanaman lemon balm juga sering dimanfaatkan sebagai tanaman pengusir nyamuk karena mengandung zat sitronelol yang tidak disukai oleh nyamuk.

8. Bawang Putih

kumpulan bawang putih di atas permukaan kayu coklatparenting.orami.co.id

Tak hanya bermanfaat sebagai bumbu dapur dan penyedap rasa, bawang putih juga bermanfaat sebagai tanaman pengusir nyamuk, lho! Nyamuk tidak suka dengan aroma bawang putih yang khas yang menyengat.

Untuk memanfaatkannya sebagai tanaman pengusir nyamuk, kamu bisa mengiris bawang putih, kemudian sebarkan pada area di rumahmu yang sering dipenuhi oleh nyamuk, seperti di depan pintu rumah. Jika tidak ingin menyebarkannya secara langsung, coba taruh irisan bawang ke dalam sebuah mangkuk kecil sebagai wadahnya.

9. Daun Selasih

daun selasih sebagai tanaman pengusir nyamukkhasiatdaun.com

Apakah kamu suka mencampurkan minuman dengan biji selasih? Selain bijinya yang dimanfaatkan untuk minuman, bagian daun selasih juga memiliki manfaat tersendiri, yaitu untuk mengusir nyamuk. Tanaman pengusir nyamuk daun selasih ini mengandung senyawa eugenol, linaloo, dan geraniol yang mengeluarkan aroma menyengat bagi nyamuk.

Tanaman pengusir nyamuk ini bisa kamu tanam di dalam ruangan sehingga nyamuk yang ada di dalam rumahmu akan pergi dengan sendirinya. Cobalah letakkan di dekat jendela, pintu rumah, atau di ruang tamu yang sekaligus menjadi penghias ruangan.

Kesembilan tanaman pengusir nyamuk ini bisa kamu taruh di dalam ruangan dan di pekarangan rumah, baik berpot maupun bertanah. Jika kamu menaruh tanaman pengusir nyamuk ini di luar ruangan, disarankan untuk menaruhnya di dekat jendela rumah, pintu, atau sudut-sudut ruangan yang sering terpapar angin. Hal ini membuat aroma yang dihasilkan tanaman pengusir nyamuk bisa masuk ke dalam ruangan. Nyamuk pun ogah masuk ke rumah kamu.

Temukan ragam furnitur dan perlengkapan rumah hanya di Dekoruma! Dekoruma jual alat kebersihan seperti sikat dan kain pel, bahkan di Dekoruma pun tersedia elektronik rumah! Yuk, langsung kunjungi Dekoruma dan temukan barang incaranmu!

article_cicilan_0_percent
Voucher Dekohouse