Pipa Besi Galvanis, Si Silver Tahan Karat

Artikel ini dibuat oleh tim konten Dekoruma. Setiap hari, kami mempublikasikan cerita mengenai rumah, ikuti disini.

Nggak hanya pipa PVC, banyak jenis pipa yang beredar dan berguna untuk kehidupan sehari-hari, seperti pipa besi. Pipa besi ada untuk mengalirkan udara, gas, dan cairan dari satu tempat ke tempat lain. Ukurannya pun bermacam-macam. Ada yang berdiameter besar dan berdiameter kecil.

Salah satu pipa besi yang banyak dipakai adalah pipa besi galvanis. Pipa besi galvanis adalah pipa besi yang dilapisi material seng untuk melindunginya dari karatan. Hal ini membuat pipa besi galvanis cocok ditaruh di tempat beriklim apa pun. Sebelum kamu memilih pipa besi galvanis, ada baiknya bila kamu mengenalinya dulu lebih dalam.

Bentuk Pipa Besi Galvanis

Pipa Besi Galvanisshutterstock.com

Hampir sama dengan pipa lainnya, pipa besi galvanis berbentuk tabung panjang. Dengan diameter yang beranekaragam, pipa besi ini berwarna silver abu-abu. Setelah digunakan bertahun-tahun, pipa besi galvanis akan berubah warna karena terkena paparan lingkungan sekitarnya. Bisa jadi, pipa berubah warna menjadi lebih terang, gelap, atau lebih kusam.

Harga yang Terjangkau

Harga Pipa Besi Galvanis Terjangkaupixabay.com/geralt

Harga jual pipa besi galvanis bisa dikatakan tidak terlalu mahal alias terjangkau. Biasanya, pipa ini dijual dimulai dari harga Rp160.000an dengan ketebalan pipa 2,6 mm dan panjang 6 meter. Semakin tebal, semakin naik harganya. Hal yang membuat harganya terjangkau adalah proses galvanisasinya yang tidak membutuhkan tenaga manual sehingga tidak membutuhkan biaya lebih.

Tahan Karat

Pipa Besi Galvanis Tahan Karatshutterstock.com

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, seng yang melapisi pipa membuatnya tidak mudah berkarat. Nilai plus ini lah yang membuat pipa besi galvanis sering dipilih dibandingkan pipa jenis lain. Karena tahan karat, pipa galvanis sering digunakan sebagai tangga scaffolding, pagar rumah bagian depan, dan railing tangga outdoor.

Awet Digunakan

Pipa Besi Galvanis Awet Digunakangoogle.com

Lapisan seng juga mendukung pipa besi galvanis awet digunakan dibandingkan dengan pipa plastik. Pipa ini bisa bertahan hingga lebih dari 25 tahun jika digunakan di daerah perkotaan dan lebih dari 50 tahun di daerah pedesaan. Apa yang membuat pipa besi galvanis lebih berumur pendek di perkotaan dibanding di pedesaan? Di perkotaan, tiada hari tanpa polusi. Maka dari itu, pipa besi galvanis lebih sering terpapar polusi.

Pipa Besi Galvanis

shutterstock.com

Kemampuannya ini juga berdampak pada pengeluaran perbaikan pipa. Kamu nggak perlu mengeluarkan uang lebih untuk memperbaikinya. Hal ini akan sangat menguntungkan untuk gedung atau bangunan besar yang struktur bangunan serta pipa yang rumit. Semakin rumit, semakin mahal biaya servisnya.

Kuat

Pipa Besi Galvanis Kuatgoogle.com

Karena berbahan dasar besi, pipa besi galvanis cukup kuat. Ia tahan banting dan sulit untuk dipecahkan alias antipecah. Pipa besi galvanis juga nggak mudah rusak selama proses pengangkutan dari satu tempat ke tempat lain dan selama perakitan pipa. Akan tetapi, pipa besi ini cukup berat untuk diangkut sehingga memerlukan beberapa orang untuk mengangkutnya.

Membuat Aliran Pipa Tersumbat

Pipa Besi Galvanis Membuat Aliran Pipa Tersumbatcbipipe.com

Selain sebagai pagar, scaffolding, dan railing tangga, pipa besi galvanis sering digunakan untuk mengalirkan air. Meski begitu, air bisa membuat zat mineral yang terkandung dalam pipa mengelupas dari waktu ke waktu. Mineral-mineral tersebut akan menumpuk dan menyumbat pipa sehingga aliran air tidak lancar. Lebih parahnya, pipa akan meledak apabila terlalu lama dibiarkan.

Maka dari itu, segera ganti pipa besi galvanis dengan yang baru. Penggantian pipa lebih disarankan dibanding perbaikan. Saat pipa rusak, lapisan seng akan menipis dan justru akan memperburuk kemampuan serta daya tahan pipa. Ditambah, pengeluaran biaya perbaikan yang cukup mahal tidak akan mengembalikan kemampuan pipa besi galvanis seperti semula.

Pipa besi galvanis bisa kamu temukan dengan mudah di toko-toko material dekat rumah kamu. Sebelum membelinya, pastikan pipa dalam kondisi tidak cacat alias masih baru. Jangan lupa untuk terus mengikuti informasi baru mengenai home and living di Dekoruma, ya!