6 Tips Jalani Gaya Hidup Sehat di Tengah Sibuknya Aktivitas

Artikel ini dibuat oleh tim konten Dekoruma. Setiap hari, kami menerbitkan cerita mengenai rumah, ikuti di sini.

Banyak dari kita yang telah mengetahui manfaat gaya hidup sehat. Apa yang bisa diperoleh dari gaya hidup sehat memang menggiurkan. Mulai dari daya tahan tubuh yang meningkat, panjang umur, sampai awet muda.

Banyak juga yang telah mengenal cara-cara menjalani gaya hidup sehat. Namun dalam parktiknya, penerapan gaya hidup sehat selalu sulit untuk dilakukan.

Gaya hidup sehat dengan meditasishutterstock.com

Padatnya aktivitas kerap kali menghalangi kamu untuk mulai menerapkan gaya hidup sehat. Padahal, begitu banyak resiko kesehatan yang menghantui apabila kamu tidak segera merubah gaya hidupmu.

Memang tidak ada cara instan dalam menerapkan gaya hidup sehat, tapi prosesnya bisa dilakukan secara bertahap atau disesuaikan dengan kesibukan sehari-hari. Inilah beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk mulai menjalani gaya hidup sehat!

1. Mengatur asupan makanan

Gaya hidup sehat dengan makanan bernutrisishutterstock.com

Mulailah menerapkan gaya hidup sehat dengan mindset memilah makanan mana yang sehat dan mana yang kurang sehat. Untuk sebagian orang beberapa makanan baik untuk kesehatan mereka, namun belum tentu untuk sebagian lainnya. Oleh karena itu, ada baiknya melakukan medical check up sebelum mulai menerapkan gaya hidup sehat untuk mengetahui kondisi tubuhmu.

Makanan bernutrisi untuk gaya hidup sehatshutterstock.com

Secara umum, asupan makanan yang baik didapatkan dari sayuran hijau dan buah yang kaya serat dan vitamin, lauk yang mengandung protein, serta karbohidrat kompleks seperti beras merah dan gandum.

Dalam penerapan gaya hidup sehat porsi sayuran dan buah bisa ditingkatkan. Kurangi juga konsumsi makanan cepat saji, goreng-gorengan, gula, dan lemak jahat atau high density lipoprotein (HDL). Sebaliknya, gaya hidup sehat justru mengajak menambah konsumsi lemak baik atau low density lipoprotein (LDL) yang bisa diperoleh dari kandungan omega 3.

2. Penuhi kebutuhan cairan tubuh

Minum air putih gaya hidup sehatshutterstock.com

Gaya hidup sehat sangat menekankan pentingnya konsumsi air putih yang cukup karena 60 persen tubuh manusia tersusun atas air. Untuk memenuhi kebutuhan kadar air dalam tubuh, orang dewasa memerlukan 1.5-2 liter air putih per harinya.

Apabila tidak terpenuhi, tubuh rentan mengalami dehidrasi dan mengakibatkan badan lesu, pusing, hingga gangguan pernafasan. Tanda-tanda kekurangan cairan tubuh dapat diketahui dari mulut dan tenggorokan yang kering atau warna urin yang berubah pekat dan menguning.

Air perasan lemon untuk gaya hidup sehatshutterstock.com

Gaya hidup sehat juga menyarankan untuk mengonsumsi air perasan lemon. Selain menambah kadar air di dalam tubuh, minuman yang dianjurkan saat menjalani gaya hidup sehat ini juga meningkatkan sistem imun dan menambah antioksidan.

3. Perbanyak aktivitas fisik yang dilakukan secara alami

Olahraga di kantor untuk gaya hidup sehatshutterstock.com

Aktivitas yang padat memang menyulitkan kamu untuk rutin berolahraga. Namun dalam menerapkan gaya hidup sehat, bukan berarti kamu harus menghabiskan waktu di pusat kebugaran.

Kebutuhan akan aktivitas fisik memang diperlukan dalam praktik gaya hidup sehat untuk menghindari sedentary lifestyle atau gaya hidup kurang gerak. Berdasarkan penelitian, aktivitas fisik perlu dilakukan selama 150 menit setiap minggunya.

Jalan kaki ke kantor untuk gaya hidup sehatshutterstock.com

Selain memperkuat daya tahan tubuh, melakukan aktivitas fisik dapat mencegah gangguan pada sistem kardioviskular sekaligus baik untuk kesehatan mental. Saat melakukan aktivitas fisik, tubuh memproduksi zat endorfin yang merangsang otak untuk lebih rileks dan membuat suasana hati lebih bahagia.

Stretching up di kantor untuk gaya hidup sehatshutterstock.com

Tanpa perlu olahraga berjam-jam, aktivitas fisik sebenarnya bisa diselipkan di dalam kegiatan sehari-hari.

Ketika kamu bepergian ke tempat yang dekat, pilihlah untuk berjalan kaki. Sempatkan juga berjalan kaki dalam perjalanan ke kantor saat menggunakan transportasi umum. Berjalan 30 menit per harinya berguna untuk meningkatkan kesehatan jantung dan memperkuat ingatan.

Jogging untuk gaya hidup sehatshutterstock.com

Jika pekerjaan menuntut kamu untuk berdiam dalam satu tempat atau duduk dalam waktu yang lama, lakukanlah peregangan otot  (stretching up) setiap 20 menit sekali. Alternatifnya, sesekali kamu bisa berjalan mengelilingi kantor.

Untuk menyempurnakan gaya hidup sehat, olahraga rutin bisa dilakukan secara singkat, alokasikan waktu di pagi hari untuk jogging selama 5-10 menit.

4. Pioritaskan istitahat dan waktu tidur

Gaya hidup sehat bikin bangun di pagi hari lebih segar shutterstock.com

Tidur sama pentingnya dengan pekerjaan yang perlu segera diselesaikan. Biar bagaimanapun, kamu memerlukan energi untuk bisa kembali produktif saat bekerja. Tidur dapat memulihkan energi yang hilang, melancarkan metabolisme, sekaligus memperbaiki sel-sel tubuh yang rusak.

Terapkan gaya hidup sehat dengan tidur selama 6-8 jam perharinya. Dan dapatkan waktu tidur yang berkualitas dengan memilih kasur yang tepat sesuai kondisi kesehatanmu.

5. Rekreasi lewat hobi

Berkebun untuk gaya hisup sehatshutterstock.com

Dalam penerapan gaya hidup sehat, waktu luang tidak terbuang dengan sia-sia karena bisa menurunkan produktivitas saat kembali bekerja nantinya. Bukan berarti kamu dituntut untuk selalu produktif, tapi lakukanlah hal-hal yang dapat menyegarkan pikiran atau bersifat memanjakan diri di waktu luangmu.

Menjalankan hobi di waktu luang dapat menjadi sarana relaksasi. Dalam gaya hidup sehat, beberapa hobi dapat membantu melepas penat dan memberikan efek rileks diantaranya, seperti membaca, berkebun, membuat kreasi sendiri atau DIY, dan mendekorasi rumah.

6. Jadikan gaya hidup sehat sebagai kebiasaan

Gaya hidup sehat sebagai kebiasaanshutterstock.com

Kesehatan tidak didapatkan dengan sendirinya, perlu usaha dan keteguhan hati dalam memperolehnya. Menjalani gaya hidup sehat di tengah padatnya aktivitas memang tidak mudah. Tapi ketika kamu mulai terbiasa, menjalani gaya hidup sehat tidak lagi terasa seperti sebuah pengorbanan.

Tidak perlu langsung menerapkan semua tips gaya hidup sehat ini, mulailah pelan-pelan. Kemudian, lakukan perubahan secara berangsur sampai kamu mampu mejalankan gaya hidup sehat secara utuh.

Mood gaya hidup sehatshutterstock.com

Misalnya selama tiga hari kamu mulai mengubah asupan makanan, hari-hari berikutnya ditingkatkan dengan memperbanyak aktivitas fisik. Perubahan yang besar justru datang secara perlahan.

Mejalani gaya hidup sehat berpengaruh terhadap perbaikan kualitas hidup secara keseluruhan. Tapi ingat, gaya hidup sehat juga mesti dijalani secara “sehat” jangan sampai menyiksa diri sehingga malah berfek buruk pada kesehatan fisik dan mentalmu.

article_cicilan_0_percent
Voucher Dekohouse