Perhatikan 6 Hal Ini Sebelum Beli Saringan Air

Artikel ini dibuat oleh tim konten Dekoruma. Setiap hari, kami mempublikasikan cerita mengenai rumah, ikuti disini.

Semakin hari, manusia semakin bertambah. Polusi makin meningkat, baik polusi udara maupun air, yang membuat ketersediaan air bersih mulai terbatas. Di sisi lain, manusia terus membutuhkan air untuk kelangsungan hidupnya. Maka dari itu, kamu harus melindungi orang-orang tersayangmu dari air yang sudah terkontaminasi polusi dengan menggunakan saringan air.

Saringan air akan membantumu mendapatkan air yang lebih bersih dan layak konsumsi. Kamu bisa menemukan ragam macam saringan air yang menawarkan ragam teknologi dan fungsi. Ada yang harganya murah, ada juga yang mahal. Nah, sebelum kamu membelinya, Kania ingin kamu memperhatikan hal-hal berikut ini agar kamu nggak salah beli saringan.

1. Saringan air apa yang dibutuhkan?

Saringan Air Apa yang Dibutuhkan?culligancheyenne.com

Tidak hanya sebagai air minum, air juga digunakan untuk mandi. Sebelum membeli saringan air, kamu harus memikirkan saringan apa yang kamu butuhkan. Apakah saringan air minum, saringan air keran, atau saringan air kamar mandi? Hal ini dikarenakan tidak semua saringan air memiliki komposisi bahan yang sama. Komposisi saringan air minum akan berbeda dengan komposisi saringan air keran.

Jika kamu memilih saringan air minum, pilihlah produk saringan yang khusus untuk air minum atau penjernih air minum. Jangan gunakan saringan untuk air kamar mandi atau keran karena hasil akhirnya yang pasti akan berbeda.

2. Zat-zat yang terkandung dalam air

Saringan Air: Zat yang Terkandung Dalam Airunsplash.com/@lukispitaler

Setelah memilih saringan apa yang dibutuhkan, kamu harus mengetahui zat-zat apa saja yang terkandung dalam air. Hal ini dikarenakan tidak semua tipe saringan air menyaring zat yang sama. Cobalah untuk bertanya kepada penyuplai air rumahmu atau PDAM setempat mengenai zat-zat apa saja yang terkandung dalam air agar kamu bisa mencari saringan yang sesuai.

3. Merek saringan air

Merek Saringan Airshutterstock.com

Terdapat banyak merek yang menjual saringan air beserta dengan keunggulan teknologi yang disuguhkan. Di sini, kemampuan stalking kamu sangat dibutuhkan. Lakukan riset sebanyak mungkin mengenai merek saringan air yang kamu pilih. Kamu bisa melakukan riset melalui internet atau datang ke toko penjual saringan langsung.

Saran Kania, pilihlah merek saringan yang memang sudah terkenal kredibilitasnya. Cobalah bertanya kepada rekan-rekanmu yang pernah memakainya. Siapa tahu, mereka bisa menyarankan merek saringan air apa yang cocok untukmu.

4. Teknologi yang dimiliki saringan air

Teknologi Saringan Airnappaawards.com

Selain merek, kamu juga harus memperhatikan teknologi yang ada dalam saringan air minum. Biasanya, dalam sebuah saringan harus ada teknologi reverse osmosis. Reverse osmosis mampu menjernihkan dan menghilangkan kandungan-kandungan molekul dalam air mentah. Proses penjernihan dilakukan secara bertahap hingga menghasilkan air minum yang bersih.

5. Harga saringan air minum

Harga Saringan Airshutterstock.com

Selain riset mengenai merek saringan, riset juga harga pasaran saringan air yang dijual pada umumnya. Biasanya, semakin mahal harga, semakin canggih teknologinya. Kamu juga harus menyesuaikan harga saringan dengan kebutuhanmu dan budget hargamu. Jangan sampai kamu membeli saringan air yang sangat canggih tetapi kamu tidak bisa membayarnya.

6. Garansi

Garansi Saringan Airshutterstock.com

Saat membeli saringan air, pastikan bahwa saringan memiliki garansi. Garansi berguna saat saringan sewaktu-waktu rusak. Kamu bisa mengklaim garansi ke tempat kamu membeli saringan tersebut. Perlu diingat juga, garansi memiliki jangka waktu tertentu. Maka dari itu, segera klaim garansi andai kata saringan airmu rusak.

Saringan air merupakan benda yang cukup banyak dicari. Kamu nggak bakal kesulitan untuk mencarinya karena kamu bisa mendapatkannya di toko terdekat rumah atau kamu bisa membelinya secara online. Sebelum membelinya, jangan lupa perhatikan hal-hal di atas, ya! Selamat mencari saringan air minum!